ide bisnisDatangnya pergantian tahun ternyata tidak hanya menjadi agenda tutup buku bagi para pelaku usaha, namun juga sebagai ajang pencarian ide bisnis baru bagi para pemula yang tertarik menekuni dunia usaha. Berbagai macam peluang bisnis pun kini mulai diincar para pemula untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya. Sehingga tidak heran bila di awal tahun 2012 ini menjadi moment yang tepat bagi sebagian besar masyarakat untuk memulai sebuah usaha.

Video Praktisi

Roti van Java, Mencari Ide Bisnis dari Travelling

Dari sekian banyak peluang usaha yang bisa dijalankan masyarakat Indonesia, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit gambaran kepada para pembaca mengenai beberapa peluang bisnis yang prospeknya diperkirakan akan semakin bersinar di tahun 2012 ini.

Kira-kira, bisnis apa saja yang bakal semakin laris di tahun baru ini? Berikut informasi selengkapnya.

1. Bisnis Property
Prospek bisnis property masih sangat menjanjikan di tahun 2012 dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2014. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi perekonomian yang semakin membaik dan tingginya tingkat kebutuhan hunian yang semakin besar. Bahkan diperkirakan pertumbuhan bisnis perumahan di tengah kota akan tumbuh hingga 12%,  bisnis ruko, rukan, dan apartemen di lokasi strategis berkembang sampai 10-15%, sedangkan bisnis perkantoran dan hotel akan mengalami pertumbuhan sekitar 10-12%, sementara bisnis mall dan trade center meningkat 5-7%.

2. Bisnis Makananbisnis kuliner
Beberapa tahun belakangan ini perkembangan bisnis makanan memang mengalami peningkatan yang cukup pesat, hal ini dibuktikan dengan menjamurnya bisnis restoran, kedai kuliner, hingga berbagai macam penawaran bisnis franchise makanan yang semakin hari semakin meramaikan persaingan pasar di berbagai pelosok daerah. Kondisi seperti ini diperkirakan akan semakin cerah di tahun 2012, sehingga peluang sukses bisnis makanan semakin terbuka lebar di tahun ini.

3. Bisnis Pertambangan dan Energi
Meningkatnya perekonomian masyarakat menjadikan kebutuhan BBM dan Energi semakin hari semakin diburu konsumen. Tidaklah heran bila sekarang ini peluang bisnis pertambangan dan energi semakin menjanjikan untung besar bagi pelakunya. Misalnya saja seperti menjalankan bisnis agen gas elpiji maupun mendirikan SPBU (Stasiun Pengisi Bahan Bakar Umum) untuk memenuhi kebutuhan BBM  masyarakat yang mengalami peningkatan tajam.

4. Bisnis Jasa
Selain memenuhi kebutuhan aneka macam produk pokok yang dibutuhkan masyarakat, bisnis jasa juga menjadi alternatif tepat bagi para pemula yang ingin menekuni sebuah usaha. Di tahun yang serba modern seperti sekarang ini, masyarakat cenderung menginginkan segala hal bisa dikerjakan secara praktis, sehingga mereka memilih menggunakan pelayanan jasa untuk mempermudah rutinitas mereka setiap harinya. Contohnya saja seperti bisnis jasa laundry, asuransi, bisnis salon kecantikan dan spa, jasa reparasi barang elektronik, bisnis bengkel motor maupun mobil, dan lain sebagainya.

5. Bisnis Online
Era digital yang semakin berkembang mengantarkan peluang bisnis online semakin bersinar di tahun 2012. Bahkan sekarang ini hampir setiap orang sudah bisa mengakses internet dengan mudah, sehingga segala macam transaksi via online semakin diminati para konsumen. Seperti misalnya membeli aneka macam produk melalui toko online, memanfaatkan jasa pembayaran online (listrik, telepon, dll), mencari informasi penting melalui media online, dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya yang bisa dipenuhi masyarakat melalui bantuan internet.

Dengan adanya pergantian tahun, diharapkan para pengusaha maupun para pemula yang tertarik menekuni dunia usaha bisa lebih termotivasi untuk mengembangkan usahanya dan lebih jeli dalam memilih prospek usaha. Ciptakan peluang bisnis baru yang lebih besar dan dapatkan keuntungan yang lebih menjanjikan. Salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://rujak.org/staging/wp-content/uploads/2009/06/kuliner-lokal.jpg