Di Indonesia penyebaran buah labu kuning juga telah merata, hampir di semua kepulauan nusantara terdapat tanaman buah labu kuning, karena di samping cara penanaman dan pemeliharannya mudah buah labu kuning memang dapat menjadi sumber pangan yang dapat diandalkan.

Video Praktisi

Mencari Ide Bisnis Dari Limbah Rumah Tangga

Buah labu  kuning juga merupakan jenis tanaman yang produktif sebab setiap 1 hektar lahan dapat menghasilkan 20-40 ton buah buah labu kuning.

Labu kuning atau waluh merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A, B, dan C, mineral, serta karbohidrat. Daging buahnya pun mengandung antiokisidan sebagai penangkal pelbagai jenis kanker.

Sifat labu yang lunak dan mudah dicerna serta mengandung karoten (pro vitamin A) cukup tinggi, serta dapat menambah warna menarik dalam olahan pangan lainnya. Tetapi, sejauh ini pemanfaatannya belum optimal.

Waluh yang dipanen tua biasanya dikonsumsi setelah dikukus, dibuat kolek atau sebagai substitusi pada produk pangan olahan seperti dodol, bolu, roti, lapis dan makanan lainnya.

Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan buah waluh perlu adanya penganekaragaman produk sehingga mendorong pemanfaatan waluh yang lebih luas. Guna pemanfaatan lebih praktis, labu perlu diolah menjadi tepung.

Apabila sudah diproduksi sebagai bentuk tepung, maka dapat dipergunakan sebagai jajan basah dan kering maupun makanan bayi dan manula.

Pembuatan tepung labu kuning sangatlah sederhana, dengan memanfaatkan peralatan yang ada di rumah bisa dibuat tepung labu kuning sehingga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.
Cara pembuatan tepung labu kuning adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan bahan labu kuning
  2. Lakukan penyortiran pada bahan
  3. Cuci labu kuning hingga bersih
  4. Lakukan perkecilan ukuran
  5. Keringkan labu yang sudah di potong-potong kecil
  6. Setelah labu benar-benar kering maka lakukan penggilingan.
  7. Agar ukuran sama lakukan pengayakan pada hasil gilingan tepung labu
  8. Tepung labu siap untuk di kemas atau di olah sebagai produk lainnya seperti makanan bayi, cake dll.

(Sumber gabar: http://dodonjerry.blogspot.com/2008/07/kue-talam-labu-kuning-perenggi.html)