Berbisnis jasa, bisnis sepanjang masa. Mungkin ini kata yang tepat untuk bisnis jasa yang makin banyak digeluti. Dan salah satu bisnis jasa yang semakin marak adalah salon, khususnya salon muslimah. Salon muslimah kini semakin dibutuhkan keberadaannya. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan privasi kepada wanita muslimah ketika sedang berada di salon. Tidak semua salon menyediakan layanan jasa khusus untuk wanita yang berjilbab. Hal tersebut mengakibatkan para muslimah merasa risih dengan tempat salon yang umum dan terbuka untuk laki-laki dan perempuan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, salon muslimah dapat menjadi peluang besar. Bahkan, salon muslimah yang dikelola dengan baik dapat menggaet pelanggan bukan hanya dari kalangan muslimah saja, tetapi juga wanita yang tidak mengenakan jilbab.
Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ini, ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan, diantaranya:

Video Praktisi

Menanggapi Adanya Pasar Jenuh

  • Mempelajari pengetahuan tentang salon, termasuk pengetahuan syar’i tentang muslimah.
  • Mencari SDM pelaksana.
  • Memiliki modal untuk mengawali usaha.
  • Meluangkan waktu utnuk mengelola salon tersebut, jangan sampai waktu keluarga tersita untuk mengurusi salon

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan salon muslimah, adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan promosi melalui media cetak, misalnya melalui brosur, leaflet, pamflet, dan pemasangan iklan.
  2. Melakukan promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini masih cocok untuk masyarakat Indonesia yang sangat suka untuk berkumpul.
  3. Memberikan harga khusus dan spesial untuk pelanggan rutin.
  4. Membarikan diskon pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat pembukaan salon.
  5. Membuat kartu nama untuk memudahkan dalam melakukan promosi.

Pada umumnya, hambatan yang biasa terjadi ketika menjalankan usaha salon muslimah adalah asumsi yang berkembang bahwa salon milik kaum menengah keatas. Solusinya Anda mencoba untuk menetapkan harga standar yang tak terlalu mahal bagi pelanggan. Kemudian sertakan daftar harga standar dalam promosi Anda. Kesulitan mencari tenaga kerja siap pakai kadang juga dapat menjadi kendala. Solusinya, Anda dapat menjadi tenaga teknis sementara waktu. Sementara itu Anda mencari tenaga potensial lewat kursus kecantikan atau bisa juga Anda didik sendiri. Kemudian hal umum yang selalu menjadi hambatan dalam menjalankan sebuah usaha adalah persaingan. Namun Anda jangan khawatir Anda cukup menyediakan harga yang terjangkau dan layanan yang ramah pada pelanggan. Kemudian ajaklah mereka untuk mengobrol selama berada di salon.

sumber gambar: http://id.media1.88db.com/DB88UploadFiles/2008/01/04/374686D4-E701-4EE7-8E8A-F87A222735BF.jpg & http://default.tabloidnova.com/files/article/photo/23475_SALON%20WANITA%203-FADIL_resize.jpg