Kalau mau cari kerajinan perak yang bagus dan beraneka macam ya Kota Gede tempatnya. Kota Gede terletak di bagian kota Jogja sebelah tenggara. Ketika memasuki kawasan ini aka nada gapura selamat datang setelah per tigaan basen. Jalan kecil (jln kemasan) tetapi ramai yang memanjang ke selatan dan dikanan kiri jalan banyak sekali kios ataupun outlet-outlet yang menjual beraneka macam kerajinan perak inilah yang menjadi cirri khas suasana kota gede. Memang kota Gede inilah sentranya perak karena banyaknya pengrajin dan outlet atau toko yang menjualnya, sehingga area ini di jadikan sebagai tempat wisata belanja. Jika musim liburan tiba, tempat ini akan sangat ramai dengan orang-orang dari luar kota yang ingin berburu perak.

Aneka kerajinan perak memang unik dan menarik, ada yang berupa assesoris perhiasan, miniature-miniatur dan masih banyak lagi. Biasanya orang-orang mencarinya sebagai pehiasan pengganti emas dan ada juga yang membutuhkan sebagai koleksi hiasan rumah seperti miniature-miniatur. Kerajinan yang di jual antara lain berupa cincin pasangan, cincin emban, kalung, gelang, anting, bros, miniature sepeda, miniature becak, miniature kereta kencana, miniature kapal pinisi, patung, candi/arca, helm perak, kerajinan tembaga juga ada, dan masih banyak lagi.

Biasanya barang-barang ini di dapat dari pengrajin-pengrajin yang ada di Kota Gede juga, yang memang mereka memasarkannya ke outlet-outlet yang ada di sepanjang jalan kemasan Kota Gede. Bahkan banyak juga yang di jual di luar kota seperti Jakarta , bali, bandung, dan lain-lain. Ada juga sebagian yang sudah ekspor ke luar negri juga.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, tetapi tidak ada salahnya Anda menawar terlebih dahulu sebelum benar-benar membelinya. Jika Anda pintar menawar, Anda bisa mendapatkan diskon sampai 40% an. Hmmm menarik bukan, karena itu jika Anda sedang ke jogja mampirlah ke sentra perak Kota Gede.

Hari rabu tanggal 14 april 2010 team bisnis ukm melakukan liputan ke sentra kerajinan perak di Kota Gede Yogyakarta. Kami sempat meliput salah satu outlet yaitu “Mel’D Silver”. Cukup menarik karena barang-barang yang di jual beraneka macam dan yang peling penting keaslian perak yaitu berkarat 925. Disini juga memberikan garansi bagi pembelinya. Omzet dari jualan perak ini bisa dibilang cukup besar sekitar 10 juta per bulannya. Keuntungan bisa mencapai 100% hingga 15%. Tutur dari pemilik outlet “Mel’D Silver” yaitu ibu Imelda Kusumawati.

Dengan gambaran diatas apakah Anda juga tertarik untuk usaha perak ini??? Ini peluang cukup bagus, Anda bisa kembangkan di daerah Anda. Salam sukses dari team bisnis ukm.

sumber gambar : Tim Bisnis UKM