tips-pemasaranMenjalankan operasional bisnis dari rumah, menjadi salah satu alternatif tepat bagi para pemula yang ingin terjun merintis sebuah usaha dengan meminimalisir biaya sewa gedung. Memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah Anda, tidak menutup kemungkinan bila sebuah peluang usaha bisa Anda rintis guna mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Konveksi Mbojo Souvenir

Meskipun sekarang ini merintis peluang bisnis rumahan bukan perkara yang sulit bagi setiap masyarakat. Namun dibalik kemudahan yang didapatkan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan masyarakat agar bisnis rumahan yang dijalankan bisa berkembang dengan baik. Salah satunya saja seperti menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk mendongkrak penjualan bisnis rumahan yang sedang dijalankan.

Mengingat lokasi bisnis Anda tidak se-strategis lokasi pertokoan yang ada di pusat keramaian kota, tentunya Anda dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif untuk menarik minat calon konsumen. Lalu, kira-kira bagaimana caranya?

Berikut kami informasikan beberapa tips pemasaran yang bisa Anda jalankan untuk memaksimalkan omzet penjualan bisnis rumahan.

1. Mulailah dengan mengoptimalkan peran internetinternet marketing
Melihat perkembangan dunia internet yang belakangan ini menunjukan peningkatan sangat pesat, banyak pelaku bisnis rumahan yang bisa sukses mendapatkan omzet jutaan rupiah per bulan dengan memanfaatkan peran internet. Meskipun mereka belum memiliki toko konvensional di tempat-tempat strategis, namun dengan mengoptimalkan kekuatan internet, para pelaku usaha bisa membuat situs toko online untuk menjaring banyak konsumen. Bahkan, dengan biaya promosi yang terbilang murah, Anda bisa merambah pangsa pasar di luar daerah maupun menembus pasar mancanegara untuk mendongkrak penjualan produk setiap bulannya.

2. Memperluas pasar dengan menggandeng para reseller
Walaupun lokasi usaha Anda hanya dirintis dari rumah, tetapi Anda bisa memperluas pemasaran produk dengan menggandeng para reseller yang siap mempromosikan bisnis Anda hingga berbagai penjuru kota. Melalui tangan-tangan para reseller, brand Anda bisa dikenal masyarakat luas dan tidak menutup kemungkinan bila penjualan produk Anda juga cenderung akan meningkat setiap bulannya. Semakin banyak jumlah reseller yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendongkrak untung besar dari bisnis rumahan.

3. Fokus pada satu produk
Ketika merintis sebuah usaha, banyak pemula yang gagal menjalankan usahanya karena mereka tergoda oleh berbagai macam peluang bisnis yang membuatnya kurang fokus dalam menekuni usahanya. Padahal, untuk merintis sebuah usaha dibutuhkan komitmen, kerja keras dan strategi yang benar-benar matang. Apabila Anda kurang fokus dalam mengerjakannya, tidak heran bila bisnis Anda hanya akan karam di tengah ketatnya persaingan pasar. Karenanya sebagai langkah awal, sebaiknya Anda fokus pada satu produk atau jasa dan mulai mengoptimalkan kekuatan yang Anda miliki untuk meningkatkan pemasarannya.

Nah, semoga ketiga tips pemasaran untuk mendongkrak penjualan bisnis rumahan yang telah kami bahas bersama bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan membantu para pemula yang ingin terjun menekuni bisnis rumahan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.strategystew.com/wp-content/uploads/2010/08/iStock_000003087297XSmall.jpg
2. http://www.forwardforbusiness.com/wp-content/uploads/2012/06/e-marketing1.jpg