Aneka Olahan Cassava, Lezat Rasanya Semanis Omzetnya

ANEKA OLAHAN CASSAVA LEZAT RASANYA SEMANIS OMZETNYA

Tak hanya dikenal sebagai kota budaya dan pariwisata, Yogyakarta ternyata juga menyimpan beragam cita rasa kuliner nusantara. Salah satunya saja seperti aneka olahan cassava yang baru-baru ini mulai diangkat Meril Fiso Plantari (25) sebagai alternatif buah tangan khas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ditemui pada hari Sabtu (16/2) di rumah produksinya yang terletak di Jl. Godean Sleman, Meril yang mengangkat KCT Cassava sebagai nama usahanya menuturkan bahwa awalnya bisnis ini Ia rintis ketika mengikuti ajang kompetisi “Wirausaha Mahasiswa” pada tahun 2009 silam. “Saya sengaja memilih singkong karena saya sendiri kebetulan suka singkong,” ujar Meril ketika ditanya mengenai latar belakang pendirian bisnisnya.

Menurut sang empunya (Meril Fiso Plantari), KCT Cassava merupakan salah satu pemain baru dalam bisnis kuliner unik, khususnya aneka kuliner berbahan dasar singkong yang potensinya masih cukup menjanjikan di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Dengan mengusung tagline Brownies berbahan baku singkong alami tanpa tepung dan bukan tepung tapioca (singkong), Meril berusaha menciptakan sesuatu yang berbeda untuk menarik minat para konsumennya.

rainbow cake cassava
rainbow cake cassava

“Yang membedakan dengan cassava cake yang lain, karena kita fresh dari singkong langsung bukan dari tepung mocaf,” terangnya dengan penuh keyakinan. Hal ini tentu memberikan nilai tambah, karena berbeda dengan kebanyakan produsen kue lainnya, dimana meraka umumnya menggunakan tepung tapioka (berasal dari singkong) atau tepung terigu (berasal dari gandum), sebagai bahan dasar untuk kue hasil produksinya.

Keunggulan Aneka Kue Olahan Cassava

Sampai hari ini, KCT Cassava sedikitnya sudah memproduksi lebih dari lima jenis produk olahan serba singkong. Seperti misalnya cassava brownies, cassava rainbow, cassava lapis, cassava rainbow cake, dan lain sebagainya. Kue-kue tersebut pada umumnya dapat dibuat dalam kurun waktu sekitar 1 jam dari proses pemarutan singkong sampai selesai di oven dan siap saji.

Selain menawarkan beragam jenis produk berbahan dasar singkong asli, keunikan dari KCT Cassava bisa kita lihat dari  cara produksinya yang menyajikan kue fresh from the oven. “Artinya konsumen akan mendapatkan kue dalam keadaan baru dan hangat karena baru saja selesai dibuat,” ungkapnya sembari tertawa. Strategi seperti ini ternyata cukup disukai para konsumen. Sebab, tidak hanya kualitas rasa kuenya saja yang masih bagus, namun cara tersebut juga lebih efisien karena dapat meminimalisir kue bantat atau basi karena tidak laku terjual dan menghemat ongkos produksi sementara keuntungan dapat semakin meningkat berlipat-lipat.

bisnis olahan singkong
bisnis olahan singkong

Untuk menunjang strategi fresh from the oven, KCT Cassava juga  memberikan layanan pesan antar melalui telepon, sms, ataupun via BlackBerry Messenger. Hal ini dilakukan pelaku usaha agar konsumen dapat terlebih dahulu memesan jenis, rasa, dan jumlah kue yang diinginkan, dan ketika sudah selesai kue dapat diambil ke toko langsung ataupun diantarkan ke tempat pemesan dalam keadaan hangat, enak, dan lezat.

Kedepannya Meril sebagai pemilik KCT Cassava berharap suatu saat nanti bisnisnya bisa berkembang pesat dan menjadi produsen kue brownies singkong yang akan menjadi tuan di rumahnya sendiri. Untuk itu, proses mendapatkan hak paten ataupun merk dagang serta sertifikasi halal dari MUI saat ini tengah dijalankan oleh Meril.

Dan diakhir perbincangan kami siang itu, Meril menyempatkan diri untuk berbagi tips dan trik bagi para pemula yang ingin menekuni bisnis serupa. “Untuk memulai usaha saya cuma butuh satu yaitu keyakinan, termasuk keyakinan kepada kebesaran Tuhan, keyakinan terhadap diri sendiri, yakin siap sukses, siap gagal, karena sebenarnya tidak hanya bisnis saja yang membutuhan keyakinan,” terangnya menutup perjumpaan kami di hari itu.

Selamat berjuang para wirausaha, jangan pantang menyerah, ciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya, karena menularkan kesuksesan kita untuk orang lain merupakan titik kesuksesan yang sempurna. Salam sukses!

Tim Liputan bisnisUKM

2 thoughts on “Aneka Olahan Cassava, Lezat Rasanya Semanis Omzetnya”

  1. Mau tanya dong…kalau kita mau membeli produk yang ada dan untuk dijual lagi, bagaimana prosedurnya ?

    Terima kasih

    Reply
    • Silahkan menghubungi Kct Cassava di No Tlp. 6633754 atau check website kami di www.kctcassava.web.id

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba