Begini Caranya Agar Kamu Bisa Menghasilkan Uang Dari Usaha Online

begini-caranya-agar-kamu-bisa-menghasilkan-uang-dari-usaha-online

Usaha online menjadi pilihan bagi para pelaku usaha yang ingin menjadi pengusaha di era modern ini. Perkembangan zaman yang semakin maju bisa dikatakan sekarang ini internet dan media sosial menjadi salah satu hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat dunia. Bahkan bagi sebagian orang, kebiasaan mengakses internet dan sosial media sudah seperti kewajiban meminum obat, minimal 3 kali dalam sehari.

Alasan inilah yang kemudian melahirkan peluang usaha baru, yakni yang sering kita sebut dengan istilah usaha online. Para pengusaha dunia, seperti Mark Zuckerberg, Jack Ma, Larry Page dan Sergey Brin, semuanya memulai kesuksesan dari bisnis online.

Potensi pasarnya yang masih sangat besar didukung dengan perkembangan gadget dan koneksi internet yang semakin pesat, membuat peluang usaha online menjanjikan keuntungan miliaran rupiah bagi para pelakunya.

Tapi sayangnya, tak semua orang tahu caranya bisa menghasilkan uang dari bisnis online. Ada beberapa diantaranya yang memang sukses menjadi milyarder dari usaha online, tapi tak sedikit pula dari mereka yang justru rugi bandar karena tak mampu bertahan menghadapi persaingan di usaha online.

Strategi Yang Bisa Kamu Lakukan Usaha Online

Nah, agar kamu tak salah langkah ketika terjun usaha online. Begini caranya agar usaha online yang kamu jalankan bisa menghasilkan banyak uang.

1. Target Pasar

Pertama, coba cari tahu apa dan siapa yang ingin kamu tuju. Sebelum terjun di usaha online, pastikan jika kamu sudah mengetahui apa dan siapa yang menjadi target utamamu. Karena informasi terkait usaha online sangatlah banyak, agar tak sampai bingung di tengah jalan sebaiknya kamu fokus pada satu hal yang ingin kamu jalankan. Contohnya kamu fokus di usaha jasa pembuatan website, maka terus pikirkan hal-hal baru seputar bidang tersebut, dan jangan sesekali terpikat dengan godaan bidang lain yang tak ada hubungannya dengan usaha online yang tengah kamu jalankan.

2. Memiliki Jaringan Luas

Kedua, tanpa memiliki jaringan maka semuanya percuma, kamu tetap tak bisa mendatangkan uang. Walaupun semua informasi bisa diakses melalui internet, tapi tanpa jaringan bisnis yang luas maka percuma saja karena segala usahanya tak akan bisa mendatangkan banyak uang. Apalagi di usaha online calon konsumen tak bisa melihat langsung produk atau jasa yang kamu tawarkan, modal kepercayaan mereka hanyalah testimoni dari jaringan yang kamu punya.

3. Rencana Monetisasi

Ketiga, mulai jalankan rencana monetisasi. Pada tahapan inilah para pemula sering salah langkah dalam mengambil kebijakan, sehingga usahanya tak bisa berkembang. Bukannya untung justru malah buntung karena harus menanggung biaya operasional yang tak sedikit setiap bulannya.

Untuk menghasilkan uang, kamu bisa membuat konten promosi yang sesuai dengan bidang usaha yang kamu jalankan. Jika kunjungan website sudah cukup bagus, tak ada salahnya kamu mencari tambahan income dengan memasang slot banner untuk iklan. Dengan begitu produk atau jasa yang kamu tawarkan masih tetap laku, dan ada income tambahan dari iklan.

4. Uji Pasar dan Evaluasi

Keempat, lakukan uji pasar dan lakukan evaluasi secara berkala. Setelah kamu memiliki rencana monetisasi, selanjutnya terapkan strategi tersebut sebagai ajang untuk uji pasar. Dan ketika program tersebut sedang berjalan, pastikan kamu melakukan evaluasi secara berkala agar kamu bisa mengetahui cara apa yang berhasil dan yang tidak. Jika memang penawaranmu kurang berhasil memikat konsumen di ranah maya, segera perbaiki dan buat rencana baru agar kerugian yang kamu tanggung tak semakin besar.

5. Buat Skala

Kelima, luncurkan produk baru dan buatlah skala. Pada poin kelima, kamu bisa mulai membangun pelanggan dan mendorong pertumbuhan mereka. Agar bisa tetap loyal, kamu bisa meluncurkan produk baru setelah mengetahui skala prioritas produk atau jasa yang paling laris. Dan untuk meningkatkan loyalitas konsumen, sesekali kamu bisa mengadakan promosi menarik yang bisa menjadi magnet bagi para konsumen.

6. Memanfaatkan Media Sosial dan Website

Salah satu kelebihan usaha online kamu tidak harus memiliki toko secara fisik, yang dimaksud adalah ruko atau bagunanan. Salah satu sarana atau media yang digunakan sebagai ganti toko fisik adalah tempat digital. Sarana tersebut merupakan tempat jualan yang bisa diakses secara online. Seperti halnya website, market place dan sosial media.

7. Iklan di Sosial Media

Pemasaran sangat penting untuk mengenalkan produk yang kamu jual kepada masyarakat luas. Salah satu strategi pemasaran yang bisa kamu gunakan adalah dengan beriklan baik secara offline dengan mengandalkan brosur, pamflet dll.

Salah satu strategi pemasaran online dinilai cukup efektif. Lebih tepat sasaran dan dapat menjangkau lebih luas. Rajinlah melakukan iklan diberbagai media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, blog, website, youtube dan lain sebagainya.

8. Mentor Usaha

Kamu yang serius ingin menekuni usaha online maka usahakan untuk mengandeng mentor. Mentor berguna untuk membimbing, mengarahkan dan membagi strategi bagaimana memulai usaha dengan benar. Tentu ini sangat membantu memudahkan kamu untuk membangun usaha dari nol. Dengan arahan yang tepat maka usaha yang kamu tekuni akan menghasilkan keuntungan dan keberhasilan.

9. Konten Marketing Yang Kreatif dan Menarik

Tidak melulu gencar menjual barang yang kamu jual saja. Namun juga memberikan konten yang menarik seperti video, tulisan ataupun gambar yang menyangkut dengan produk yang kamu tawarkan. Misal yang kamu jual adalah produk kecantikan maka kamu bisa membagikan video tutorial makeup, cara makeup yang benar, konten membahas makeup yang bagus atau review mengenai produk kecantikan. Tentu dengan adanya konten yang menarik akan membuat pelanggan tertarik dengan produk kamu.

10. Pelayanan Yang Responsif

Berwirausaha dengan mengandalkan online maka kamu harus berusaha untuk memberikan pelayanan yang memuaskan. Usahakan untuk terus memberikan pelayanan yang responsif, baik, cepat dan sabar menghadapi berbagai karakter pelanggan. Dengan pelayanan yang baik dan benar maka pelanggan akan merasa terkesan dan akan mempercayakan untuk membeli produk ditempatmu kembali.

Demikian adalah strategi pemasaran usaha online yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu. Baca juga strategi pemasaran produk yang bikin generasi Z pensaran.

Untuk mendapatkan inspirasi dari para pengusaha sukses lainnya dalam mengembangkan bisnisnya. Simak juga beberapa inspirasi bisnis untuk pemua dan inspirasi bisnis dari para pengusaha sukses berikut ini. Ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, strategi pemasaran, tips dan trik membangun bisnis dari nol. Untuk mengetahui lebih lengkapnya cara menghadapi kendala bisnis bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba