Budidaya Anggrek, Sedap Dipandang Untung Menjulang

Bisnis anggrekAnggrek tidak hanya sedap dipandang mata. Tanaman yang memiliki bunga sangat indah itu juga memiliki potensi ekonomi yang besar sehingga banyak orang tertarik menggelutinya sebagai peluang bisnis.

Keindahan anggrek menjadi daya pikat tersendiri. Tak heran, banyak orang khususnya kaum hawa tergila-gila dibuatnya. Bahkan, harganya yang cukup mahal tidak menyurutkan peminatnya untuk membeli.

Budidaya anggrek putihHarsoyo, pekerja di tempat budidaya anggrek, Santi Orchid mengatakan, pembeli anggrek di tempatnya bekerja rata-rata adalah pelanggan baik perorangan maupun pedagang eceran. Namun begitu, ada juga pembeli dadakan yang sengaja datang berkunjung sekaligus untuk melihat keindahan koleksi anggrek yang dibudidayakan.

Baca Juga Artikel Ini :

Budidaya Bunga Potong Panen Untung Berkali-Kali

Membesarkan Bisnis Bunga Dengan Sistem Kemitraan

“Kalau pedagang sekali beli bisa sampai 70 pot. Biasanya mereka untuk dijual lagi ke perkantoran. Pembeli eceran juga banyak, ibu-ibu biasanya,” ujarnya kepada BisnisUKM.com di Taman Anggrek Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (18/5).

Cara perawatan bunga anggrekBeberapa jenis anggrek yang cukup diminati di antaranya, Anggrek Bulan Putih yang biasa dijual seharga Rp 80 ribu dan Anggrek Bulan Koleksi seharga Rp 90 ribu.¬†“Untuk Anggrek Bulan tidak kuat kena panas, makanya atapnya ditutup fiber. Kalau anggrek lain atapnya cukup pakai jaring,” jelasnya.

Lantaran, tak kuat kena panas, Anggrek Bulan biasanya diberi medium rumput laut yang bisa mensuplai air cadangan ke akar anggrek. Harga mediumnya pun cukup mahal. Untuk satu kotak pembudidaya biasa membeli Rp 800 ribu.

“Karena sudah pakai rumput laut, untuk Anggrek Bulan biasanya disiram seminggu sekali,” jelasnya.

Anggrek Langka, Harga Istimewa

Santi Orchid menjual berbagai macam jenis bunga anggrekSelain menjual anggrek biasa, Santi Orchid juga menjual anggrek langka. Lantaran sulit dibudidayakan, anggrek langka tersebut harganya juga cukup istimewa jika dibandingkan dengan jenis anggrek lainnya.

Untuk Anggrek Hsin Ying asal Tiongkok misalnya, harga paling murah dijual Rp 175 ribu per pot ukuran kecil. Sedangkan yang termahal harganya bisa sampai Rp 450 ribu per pot.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha
Klik Disini

Ada juga Anggrek Dendrobium Anosmum yang cukup langka di pasaran. Untuk harganya pun bisa sampai Rp 350 ribu per pot.

Bisnis tanaman hias“Omzetnya lumayan. Untuk penjualan anggrek dan tanaman lainnya kalau diperkirakan bisa sampai Rp 50 juta sebulan,” tuturnya.

Sementara itu, Ahmad, pegawai di Sam Orchid menyebutkan, di area kebun tempatnya bekerja seluas 1500 meter juga dibudidayakan beberapa jenis anggrek seperti Opsidium yang harganya antara Rp 100-125 ribu, Cattleya Rp 100-150 ribu, dan Anggrek Bulan Rp 75-100 ribu.

“Sehari rata-rata terjual 30 pot. Untuk perawatan kita siram 2 kali sehari dan untuk mencegah penyakit kita kasih insektisida,” tandasnya.

Tim Liputan BisnisUKM

(/Dunih)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Depok