Dari Kuli Panggul Jadi Juragan, Dahsyatnya Jualan Buah Buahan

Thoriq Sutarto adalah seorang pedagang buah di pasar induk Gamping Gemah Ripah dan merupakan owner dari Toko Buah Khasanah. Beliau berasal dari Solo kemudian hijrah ke Jogja untuk mengubah nasib. Pada awal kedatangannya di Jogja pada waktu itu beliau mendapatkan kesempatan bekerja di Shopping Centre. Disana beliau bekerja sebagai marbot selama 3 tahun.

Kemudian berangkat dari sana beliau beralih menjadi karyawan buah atau kuli panggul dan bersih – bersih di sebuah warung di Shopping Centre. Setelah beberapa tahun menjadi karyawan di toko buah tersebut beliau terus belajar untuk berjualan sendiri.

Mengapa memilih buah melon? Karena pada saat itu tinggal di daerah Sukoharjo yang mana merupakan daerah penghasil melon. Akhirnya beliau memutuskan untuk di bawa ke Jogja dan berdagang buah melon ini hingga sekarang ini.

Awal Perjalanan Jualan Buah Buahan

Merintis Dagang Buah Melon

Pada awal berjualan buah melon di Pasar Induk Buah Gamping memang sangat sulit. Pada saat itu tahun 2000an buah melon masih dianggap asing oleh masyarakat Jogja dan sekitarnya. Setelah mencoba dipasarkan dan mencoba mengicip rasanya, dari tahun demi tahun peminat melon terus bertambah. Pada awal merintis dan mengenalkan buah melon ini pada masyarakat sekitar memang agak kesulitan. Namun untuk sekarang ini masyarakat sudah mengenal buah melon.

Usaha buah di Pasar Induk Gamping ini sangat menjanjikan sebabnya pasar ini melayani seluruh DIY. Seperti pedagang Toko Buah, Catering, Hotel, Supermarket dan seluruh Jawa Tengah. Bahkan kpini sudah mulai menyebar ke pasar – pasar Cilacap, Kroya, Magelang, dsb.

Pengadaan Stok Buah

Untuk pengadaan stok buah melon ini beliau sudah membina petani dari Klaten, Solo, Purwodadi, Bantul, Kulonprogo. Hal ini untuk mendapatkan pemasok buah melon rutin untuk memenuhi seluruh DIY ini dibutuhkan sekitar 5 ton untuk perharinya.

Dengan kebutuhan sebanyak itu per harinya jika tidak bekerja sama dengan para petani ini maka kemungkinan akan kesulitan dan kuwalahan. Selain ada petani binaan ada pula petani mandiri, bahkan ada supplier sendiri. Sehingga ada beberapa pemasok untuk pengadaan stok buah melon di Pasar Buah Induk Gamping tersebut.

Pemasaran

Pemasaran buah melon ini memang sudah langganan sejak dulu dan kini semakin digencarkan melalui sosial media seperti WA, SMS, dsb. Kemudian beliau juga mengabarkan pada langgannya informasi mengenai stok buah melon.

Selain itu beliau juga terus menjalin komunikasi dengan pelanggan kebutuhan mereka berapa ton dan lain sebagainya. Sehingga dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih sekarang ini memudahkan dalam memberikan informasi mengenai kebutuhan buah, stok, jenis buah yang datang dan lain sebagainya. Sehingga jelas sangat memudahkan untuk cara memasarkanya.

Cara Mengatasi Persaingan

Mengatasi persaingan pasar beliau selalu berkeyakinan jika sesama pedagang itu bukan kompetitor ataupun pesaing. Akan tetapi semua adalah teman, “rezeki itu sudah ada yang mengatur, rezeki itu tidak akan tertukar, manusia punya rezeki masing – masing”, begitu beliau berpendapat. Sehingga beliau berpesan dalam berdagang untuk tidak memiliki hati yang kotor, menganggap itu saingan, bermusuhan dan lain sebagainya.

Anggap pesaing itu adalah teman seperjuangan yang sama – sama bekerja mencari rezeki. Sesama pedagang jika perlu saling berikan motivasi, saling berbagi inforamsi. “Nah kalau memang niatnya sudah baik, hati bersih inshaAllah rezeki akan lancar”, begitu kata beliau. Selalu ingat apabila kita juga membutuhkan mereka, sehingga sesama pedagang akan saling membutuhkan.

Begitulah tips yang dibagikan versi Bapak Thoriq Sutarto untuk menghadapi persaingan pasar. Mulianya beliau menganggap pesaing sebagai teman yang bekerja bersama. Bahkan sesama pedagang buah disana pun ada komunitas atau wadahnya dimana mereka saling berbagi, saling menguatkan, mengingatkan dan saling mensupport.

Keunggulan Toko Buah Khazanah

Kelebihan yang dimiliki toko buah Bapak Thoriq ini beliau memiliki produk unggulan berupa melon golden. Warna kulitnya kuning, dagingnya orange dan rasanya sangat manis. Stok melon golden ini selalu ada di toko, beliau juga terus mengembangkan jenis melon ini di pertanian karena melon ini sangat menjanjikan. Rasanya yang manis tersebut menjadi ciri khas dari melon golden.

Suka Duka Jualan Buah Buahan

Suka duka dalam berdagang pastinya dalam hal stok buah melon, dimana ketika musim hujan datang maka akan menyedihkan. Biasa jikalau sehari membuang buah melon rusak, diatas 500 kg sampai 1 ton karena overload. Jadi pemsokan buah melon dari petani berlimpah sedangkan untuk permintaan sedikit. Pada akhirnya buah melon tersebut beliau obral atau diborongkan agar buah tidak terbuang semakin banyak.

Mimpi Besar Owner

Dari usaha buah melon ini beliau memilik mimpi – mimpi yang besar yakni menjadi seorang pengusaha yang hebat dan bermanfaat. Saat ini beliau sudah mulai mengembangkan dunia pendidikan di rumahnya yakni rumah tahfidz, TK, Paud dan Playgroup. Rencana selanjutnya dalam waktu dekat akan launcing rumah makan. Nama rumah makan tersebut beliau beri nama Balai Khazanah. Dimana akan ada kopi dan makanan jawa, dan disana beliau akan membuat konsep bagaimana pelanggan akan dibuat senyaman mungkin dengan konsep tradisional.

Harapan Dari Jualan Buah Buahan

Harapan kedepan ingin memasarkan buah melon dan buah – buah lain yang lebih luas lagi. Beliau berencana akan membuat supermarket khusus buah segar, dimana didalamnya juga akan menyediakan lutis, salad dan lain sebagainya. Bukankah sekarang ini buah sudah menjadi suatu kebutuhan? sehingga akan ada banyak peminatnya.

Beliau mengaku sangat senang diberikan amanah untuk menekuni usaha dibidang buah tersebut.
Pesan dari beliau yakni, “Mulailah dari seorang wirausaha atau pedagang, sekecil apapun itu harus dimulai, karena sesuatu yang besar itu bermula dari hal yang kecil.

Jadi janganlah pesimis, letih, teruslah untuk tetep semangat. Dengan banyak semangat maka akan terus banyak belajar dari teman seperjuangan pedagang yang sudah sukses. Beliau selalu menyemangati dan mengajak teman seperjuangan, “Yuk mulai bareng – bareng, berani memulai dan tidak takut gagal”, Begitu beliau berpesan.

Demikian hasil liputan team Bisnis UKM yang mendapatkan kesempatan menemui seorang pedagang buah melon. Dimana beliau berbagi cerita dalam memulai sebuah usahanya yang cukup menginspirasi. Pesan apa yang bisa kamu dapatkan setelah membaca kisah perjuangan beliau? Pastinya pesan berharga yang bisa dipetik dalam menjalankan sebuah usaha. “Mulianya hati dan bersihnya hati akan mengantarkan kita pada kesuksesan sebuah usaha“. Hal terpenting adalah yakin dan pantang menyerah.

Simak video liputan bisnis menarik lainnya hanya di channel youtube TVBisnis. Liputan menarik dan menginspirasi dari para pengusaha dalam merintis usahanya. Salah satunya adalah sebagai berikut :

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba