Usaha Sampingan Bisnis Baby Shop Yang Menjanjikan

Bisnis baby shop sekarang ini menjadi salah satu peluang usaha yang belum banyak dilakukan. Sebab kalau berbicara tentang bisnis baby shop produk-produknya masih terjua terpisah. Misalnya ada bisnis yang menjual susu bayi, kemudian ada toko baju bayi, ada juga penjual bubur bayi, toko perlengkapan bayi, spa bayi, dan lainnya masih berjalan secara terpisah. Padahal menjadikannya dalam satu bentuk bisnis baby shop akan sangat menjanjikan.

Bisnis Baby Shop

Usaha Sampingan Bisnis Baby Shop Yang Menjanjikan
kidscreen.com

Jenis bisnis baby shop ini juga bisa menjadi ide usaha sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan yang cukup besar. Kamu bisa memulai bisnis baby shop dengan menjalin kerjasama atau kemitraan dengan rekan bisnis. Jadi untuk pembagian waktunya akan lebih mudah supaya kamu tetap bisa menjalankan pekerjaan utama.  Kalau berbicara tentang peluang bisnisnya sudah tentu masih sangat terbuka dan bisa dikembangkan.

Pada dasarnya perlengkapan bayi adalah kebutuhan yang jangka waktu pemakaiannya singkat tapi jumlah yang dibutuhkan banyak. Coba saja kita lihat angka kelahiran di masing-masing wilayah kabupaten atau kota. Belum lagi kalau kelahiran tersebut merupakan kelahiran anak pertama. Sudah pasti kebutuhan untuk segala perlengkapan dan peralatan bayi akan menjadi prioritas utama untuk dilengkapi. Setiap orang tua pasti menginginkan segalanya yang terbaik untuk anak, mulai dari kelahirannya di dunia sampai proses perkembangan anak sampai dewasa.

Peluang Bisnis Baby Shop

Belum lagi dengan melihat tren yang terjadi saat ini di mana bayi juga bisa eksis di media sosial dengan potret-potret lucunya. Tentu didukung dengan perlengkapan yang lucu dan cantik mulai dari pakaian yang dikenakan, topi, kereta dorong yang stylish, gendongan bayi kekinian, hingga aksesoris lainnya. Banyaknya pasangan muda juga turut mendukung bagaimana bisnis baby shop prospeknya semakin menjanjikan. Kamu semakin tertarik untuk memulainya? Coba bayangkan dulu apa saja yang dibutuhkan oleh pasangan ketika menyambut kelahiran anaknya terutama anak pertama? Selain biaya untuk melahirkan, kebutuhan perlengkapan dan peralatan bayi adalah hal yang sudah diburu dan dipersiapkan jauh sebelum hari perkiraan lahir. Belum lagi nanti ketika bayi lahir, bertambah usia, kebutuhannya semakin beragam, mulai dari pakaian dan perlengkapan lainnya.

Untuk memulai bisinis baby shop selain merefleksikan sekiranya apa saja yang dibutuhkan untuk menyambut kelahiran bayi, kamu juga perlu mempersiapkan hal lainnya yaitu menentukan produk apa saja yang akan kamu jual.

Berikut ini beberapa ide produk yang bisa kamu jadikan dalam satu bentuk bisnis baby shop. Tidak hanya untuk bayi saja, tapi juga untuk sang ibu juga. Simak selengkapnya di bawah ini!

Ide Bisnis Baby Shop

1. Produk Minuman dan Makanan Ibu dan Bayi

Kamu bisa menyediakan berbagai produk minuman dan makanan dari bermacam-macam brand yang berbeda untuk bayi dan ibu menyusui. Supaya konsumen juga punya banyak pilihan untuk menentukan produk apa yang ingin dibeli. Untuk produk minuman seperti susu kamu bisa sediakan untuk bayi usia dari rentang 0 bulan sampai usia balita. Kalau untuk produk susu ibu hamil atau menyusui kamu bisa sediakan dengan aneka macam rasa. Seperti vanila, cokelat, buah, atau sayuran. Kalau untuk makanan bayi kamu bisa sediakan biskuit dan bubur bayi, begitu juga camilan bayi yang lain. Untuk ibu hamil dan menyusui juga, banyak produk makanan dan camilan sehat untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa kamu jual di baby shop kamu.

2. Perlengkapan Ibu dan Bayi

Kalau bicara tentang perlengkapan berarti suatu barang atau benda yang bisa habis ketika dipakai. Seperti popok, bedak, sampo, sabun, kapas, minyak telon, dan lainnya. Kamu bisa sediakan kebutuhan perlengkapan ibu dan bayi secara lengkap. Mulai dari produk perawatan bayi dan produk-produk untuk sang ibu. Perlengkapan bayi bisa dikatakan banyak tapi volumenya kecil. Jadi sediakan juga ukuran setiap produk perlengkapan bayi yang beragam. Karena tidak semua konsumen lebih suka membeli perlengkapan dalam volume yang besar dengan pertimbangan masa berlaku pemakaian dan lainnya.

3. Peralatan Ibu dan Bayi

Berbeda halnya dengan perlengkapan yang bisa habis karena dipakai atau digunakan, perlatan adalah benda atau barang yang tidak akan habis dan hanya akan mengalami penyusutan. Peralatan bayi seperti kereta bayi, ranjang bayi, serta peralatan yang lain bisa kamu sediakan di bisnis baby shop yang kamu jalankan nanti. Sediakan peralatan dengan model yang juga mengikuti tren ya. Seperti motif-motif gendongan, selimut, kereta dorong, dan aksesoris lainnya. Kamu bisa mencari ide-ide tersebut di Pinterest dengan kata kunci baby shop. Bisa juga kamu lakukan riset sederhana di media sosial atau market place terkait produk apa yang paling banyak dicari. Dari situ kamu bisa menerapkan dan mengembangkannya untuk bisnis baby shop yang kamu jalankan.

4. Pakaian Bayi

Kalau yang satu ini wajib banget kamu sediakan. Pakaian bayi adalah salah satu produk yang masa pakainya singkat tapi secara berulang akan dibutuhkan. Misalnya bayi satu bulan pasti akan membutuhkan pakaian lagi ketika usianya sudah masuk ke usia 3 bulan. Pertumbuhan bayi yang cepat menjadikan kebutuhan pakaian bayi juga akan terus meningkat. Maka sediakanlah pakaian bayi untuk beragam usia. Pastikan juga kamu bisa menciptakan inovasi dalam babies fashion ini. Ikuti tren yang sedang berkembang dalam dunia fashion babies.

Strategi Bisnis Baby Shop

Selain ide-ide produk apa saja yang bisa kamu sediakan atau kamu jual, ada juga strategi bisnis yang harus kamu susun sejak awal. Setiap bisnis pasti perlu strategi supaya bisa berhasil dan mendatangkan keuntungan.

Berikut ini Bisnis UKM akan mengulas strategi bisnis baby shop yang bisa kamu persiapkan.

1. Persiapkan Modal

Sudah pasti setiap usaha butuh modal, maka dari itu persiapkan modal bisnis dengan memperhitungkan terkait produk apa saja yang akan kamu jual. Konsep bisnis seperti apa yang akan kamu jalankan. Apakah akan menjalankan bisnis dengan konsep kerja sama, investasi, atau dilakukan secara mandiri. Begitu juga terkait model bisnisnya apakah hanya offline atau memadukannya juga dengan sistem online. Rincian modal bisnis yang kamu perlukan antara lain terkait biaya sewa tempat, stok barang, rekrut karyawan, dan pemasarannya.

2. Bangun Kemitraan Bisnis

Menjalankan bisnis baby shop sudah pasti kamu memerlukan pihak lain. Seperti supplier atau pemasok produk-produk yang akan kamu jual. Jalinlan kerjasama atau kemitraan dengan supplier yang tepat dan terpercaya. Jangan sampai kamu tergiur dengan harga pabrik yang murah tapi ternyata kualitasnya tidak baik. Pertimbangkan dengan matang ketika menjalin kemitraan dengan supplier supaya bisnis kamu makin jadi andalan konsumen karena kualitas dan kepercayaan.

3. Strategi Pemasaran

Manfaatkanlah tools pemasaran secara offline dan online. Kalau secara online kamu bisa menerapkan member card bagi pelanggan kamu dengan menawarkan potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Bisa juga dengan promo atau diskon untuk hari-hari besar seperti lebaran atau natal. Kalau pemasaran secara online sudah pasti kamu harus memanfaatkan media sosial seperti instagram dan facebook. Buatlah konten yang menarik dan informatif untuk audiens selain konten produk. Misalnya tentang tips pengasuhan bayi, parenting, dan kesehatan ibu serta bayi.

Itulah ulasan mengenai bisnis baby shop yang bisa kamu jadikan referensi untuk menjalankan sebuah bisnis. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis yang kamu jalankan semakin #NaikKelas ! Ikuti terus artikel menarik tentang bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba