Gak Ingin Usahamu Terus Merugi? Pahami Dulu Keinginan Pelanggan

Salah satu poin penting yang perlu diperhatikan ketika menentukan strategi pemasaran UKM adalah mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan. Dengan mengetahui apa yang diinginkan setiap pelanggan, tentunya kamu bisa menentukan produk atau jasa seperti apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Karenanya sebelum kamu memutuskan terjun di dunia usaha, penting bagimu untuk melakukan penelitian atau survey pasar untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen yang akan kamu bidik.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan cara sederhana untuk mengetahui minat pelanggan terhadap sebuah produk. Berikut kami informasikan beberapa strategi pemasaran UKM untuk mengetahui keinginan pelangganmu.

1. Bertanya langsung kepada para pelanggan

Strategi sederhana ini sering kita temui langsung di lapangan, namun sebagai konsumen kita tidak sadar bahwa sebenarnya sang pelaku usaha sedang melakukan survey pasar dengan cara paling sederhana untuk mengetahui minat dan kebutuhan para konsumen. Contohnya saja apabila kita membeli produk sabun mandi di toko kelontong, biasanya sang pedagang tak segan-segan menanyakan merek produk sabun yang kita inginkan sebelum mereka memberikan pelayanan. Ketahuilah bahwa dari pertanyaan tersebut, para pedagang warung kelontong bisa menentukan merek sabun apa saja yang paling banyak diminati para konsumen, sehingga di waktu yang akan datang mereka akan berbelanja merek sabun yang paling banyak dipilih konsumen.

2. Jadilah pelanggan bagi bisnis Anda sendiri

Memposisikan diri seolah-olah Anda adalah pelanggan bisnis Anda sendiri bisa cukup membantu para pelaku usaha untuk memahami sudut pandang setiap pelanggan. Dengan strategi tersebut Anda bisa merasakan apa yang mereka rasakan dan mengetahui apa yang mereka butuhkan. Selanjutnya, jangan ragu  untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang Anda miliki, agar sudut pandang konsumen terhadap bisnis Anda bisa lebih baik.

3. Kuisioner dan survey

Tak jarang para pelaku usaha sengaja membuat kuisioner atau tabel survey untuk mengetahui apa saja keinginan pelanggan dan mengukur seberapa besar kepuasan yang diperoleh setiap pelanggan. Dalam menjalankan strategi ini Anda bisa membuat kuisioner ataupun survey dalam bentuk tertulis maupun interview secara langsung dengan para pelanggan. Cara seperti ini mungkin sering kita temui ketika kita membeli sebuah produk di supermarket, dan ada petugas SPG (sales promotion girl) yang menanyakan data kita untuk melakukan survey pasar.

4. Melihat data statistik pelanggan

Untuk mengetahui keinginan pelanggan, Anda bisa menganalisa apakah pelanggan anda puas terhadap produk yang dijual dengan melihat data statistik pelanggan. Jika mereka terus kembali dan berulang-ulang menggunakan produk atau jasa Anda, bisa diartikan bila produk Anda sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Namun jika rata-rata konsumen hanya membeli produk Anda satu kali saja, maka perlu dipertanyakan lagi kualitas produk yang Anda pasarkan.

5. Lakukan survey dari tenaga penjual yang Anda miliki

Keinginan setiap pelanggan bisa Anda ketahui dari para tenaga penjual yang Anda miliki. Sebab, mereka adalah orang-orang yang paling mengerti apa yang menjadi keluhan pelanggan dan mengetahui pula apa yang banyak dicari pelanggan. Karena itu, jadikan tenaga sales sebagai tangan kanan Anda yang bisa membangun hubungan cukup kuat dengan pelanggan.

Mengingat laris tidaknya sebuah produk di pasaran dipengaruhi oleh tinggi rendahnya keinginan konsumen, jadi pahamilah keinginan pelanggan Anda sebelum menciptakan sebuah produk ataupun pelayanan jasa. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

1 Komentar

Comments are closed.