Hijrah Dari Perbankan Kembangkan Angkringan Kekinian “Bale Mewah”

Iman Krisnamusi owner Kopi & Angkringan “Bale Mewah” yang berlokasi di Karang, Trimulyo, Sleman. Nah kenapa namanya Bale Mewah? Nah karena lokasinya berada di pinggiran sawah,”Mefet Sawah” begitu pengakuanya.

“Lalu kenapa memilih bisnis kuliner? Saya sekarang sudah berhijrah, dulu saya bekerja selama 16 tahun di bank dan sekarang ini saya memilih bergelut di bisnis bidang kuliner”, begitu Iman menegaskan.
Setelah memilih berhenti dari bank Ia kini bersama istrinya memutuskan untuk membuka usaha Kopi dan Angkringan yang diberi nama Bale Mewah.

Resign Dari Perbankan Memilih Merintis Angkringan Kekinian “Bale Mewah”

hijrah-dari-perbankan-kembangkan-angkringan-kekinian-bale-mewah

Menu Bale Mewah

Di Balai Mewah ia menyajikan aneka kopi dan makanan sederhana yang nikmat tentunya. Salah satu menu makanan yang ia sediakan yakni bakso, lele organik (tomyam), mangut lele, pecel lele organik, ayam goreng, nasi goreng, kentang goreng. Sedangkan untuk minuman ada kopi susu, kopi tubruk dsb.

Awal Perjalanan

Pada awal bisnisnya Ia tidak menjual kuliner seperti sekarang ini, tetapi Iman memulainya dari bisnis ternak lele dibelakang tempat bisnisnya tersebut. Ia meceritakan dahulunya dibelakang bisnisnya tersebut ada 20 kolam lele. Namun proses ternak lele tidak semulus yang ia bayangkan. Pernah dulu ia menjajal ternak lele di Jakarta 10 kolam dan berhasil. Namun setelah pelan – pelan berhijrah mulailah ujian itu datang.

Pada 3 bulan pertama ia mengalami kegagalan panen, di 2 minggu sebelumnya lelenya tersebut mati 4 ton sehingga tidak bisa dijual. Kemudian 3 bulan berikutnya hanya sebagian yang jadi namun tidak layak dijual pula. Nah 3 bulan yang ke-3 sudah 9 bulan tak ada yang beli padahal sudah siap panen. Hingga pada akhirnya Ia memutuskan untuk memberikan pakan pada lelenya untuk diolah sendiri.

Awal Mula Menekuni Bisnis Kuliner

Pada saat itu kebetulan ada pertemuan belajar membuat bakso di salah satu komunitas, akhirnya pun Ia bersama istri mengikuti pelatihan membuat bakso. Saat itu pelatihan yang diadakan khusus untuk membuat bakso sapi dan ayam. Ia bersama istrinya akhirnya berinisiatif untuk merubahnya menjadi bakso lele. Nah inilah yang menjadi makanan ciri khas di Bale Mewah ini, bakso lele dengan bumbu tomyam.

Ada beberapa jenis makanan lain yang ditawarkan di angkringan kekinian ini yakni pecel lele, mangut lele, bakso tahu lele dan mie lele. Nah yang pastinya semua menu yang ditawarkan disini berbau lele. Namun jika kamu tidak suka lele disini juga menyedikan menu ayam. Ada juga aneka kopi yang tawarkan di Bale Mewah ini.

Kenapa Memilih Bisnis Kuliner?

Nah untuk kenapa akhirnya memilih bisnis kuliner? Yah pada saat mencoba bisnis perikanan maka Ia mencoba mengkombinasikannya dengan kuliner. Makanya sekarang memutuskan untuk mulai di bisnis makanan ini.

Kendala Yang Dihadapi

Kesulitan yang dihadapi tentu pasti banyak, terutama masalah dana pasti ada. Saat ia bangun bisnis kolam lele semua dana habis untuk membuat kolam lele. Kebetulan karna tekad dan niat karena Allah maka Allah bantu termasuk bangun Bale Mewah ini.

Sebenarnya untuk membangun angkringan kekinian Bale Mewah ini saja sudah tidak ada dana lagi tapi ada saja jalan yang diberikan dan bantuan yang datang. Tanpa terasa ada saja orang – orang disekitar yang mau bantu ikhlas akhirnya dengan bantuan tersebut Ia mulai usaha dari nol kembali.

Yuk, Mampir Ke Angkringan Kekinian Balai Mewah

Nah untuk teman – teman yang mau ngopi bisa datang ke angkringan kekinian, silahkan datang ke Bale Mewah ini. Disini ownernya punya slogannnya “Mewah sejak pertama kali di lidah”. Jadi coba rasakan kenikmatan menu yang ada disini, biasanya yang sudah datang hampir semua kembali lagi, repeat order lagi, datang lagi, order lagi. Terutama menu yang menjadi favorit orang – orang yang sering pesan bakso lele, mie rempah dan kopi.

Untuk kopi Ia memilih kopi berkualitas inshaAllah bagus kualitas no 1 ekspor langsung diambil dari Jakarta. Ada juga Ia peroleh dari teman – teman spesialis kopi. Dan yang lebih menarik lagi Ownernya ini rutin melakukan sedekah 15 kopi setiap harinya. Setiap pagi Ia memberikan 5 kopi gratis, siang menjelang sore 5 kopi gratis dan malam 5 kopi gratis, dan niatnya memang benar – benar untuk disedekahkan.

Harga Kopi

hijrah-dari-perbankan-kembangkan-angkringan-kekinian

Untuk harga kopinya sendiri disini tidak mahal, karena niatnya untuk sedekah pula, niat berjualan karena Allah. Tujuan bisnisnya ini juga agar semua orang bisa menikmati kopi seperti di cafe tapi tak perlu ke cafe, cukup bisa dinikmati di angkringan kekinian Bale Mewah. Harga yang ditawarkannya pun cukup ramah dikantong, ramah untuk mahasiswa, harga istimewa. “Jadi buat kalian yang mau ngopi tapi ragu – ragu ke cafe bisa datang ke sini aja ke Balai Mewah”, begitu katanya.

Pemilihan Lokasi

Kenapa angkringan kekinian Bale Mewah ini memilih lokasi dekat sawah? Jadi dengan memilih lokasi dekat sawah ini bisa menjadi ciri khas angkringan ini, suasana pedesaan nan asri. Jadi orang – orang yang ke Jogja, khususnya untuk orang luar Jogja pengen suasana berbeda harapnya bisa datang ke sini. Nah ga perlu khawatir untuk kedepannya akan segera muncul berbagai progaram untuk membuat pelanggan tertarik dan mampir ke Bale Mewah ini.

Untuk kedepannya Ia akan membuat tempatnya lebih berkonsep unik dengan menyediakan makanan yang berkualitas pula. Tentu dengan harga yang sangat terjangkau, ramah diakantong dan pas dikantong.

Kenapa Harus Memilih Balai Mewah Sebagai Tempat Ngopi?

Di angkringan kekinian Bale Mewah ini ramainya pada malam hari, pengunjung rata – rata masih mahasiswa. Makanan yang ditawarkanya pun hanya sekitar 15 ribu, dipastikan dengan harga tersebut sudah kenyang. Untuk harga kopi 18 ribu, kopi luwak jika diluar menjual dengan harga 50 – 60 ribu disini kopi luwah diberikan harga dibawah 18 ribu.

Tak usah khawatir harga cappucino juga masih sangat terjangkau. Range makanan tidak sampai 18 ribu, jadi sangat pas dikantongbukan? Nah untuk mahasiswa juga ada promo nih, jika tunjukkan kartu mahasiswa bisa dapat harga lebih murah lagi nah disitu special ditempat ini.

Pengembangan Bisnis

Pemasaran yang dilakukan lewat media sosial memang masih belum maksimal. Tentunya masih dalam proses step by step untuk terus memperbaiki, insfatruktur, cita rasa makanan terus menerus dari hari ke hari.

Harapan kedepannya angkringan kekinian Bale Mewah ini, pengennya bisnisnya bisa lebih luas lagi membuka cabang di Jakarta, Jogja lebih banyak lagi. Bisa membantu masyrakat sekitar dengan mencipktakan lapangan baru tentunya. Dan tetap istiqomah dijalan Allah agar tetap barokah.

Tips Berbisnis

Tips fokus niatnya membantu karena Allah, karena ketika niat benar hasilnya juga akan benar. Kembali lagi ke fokus, fokus menjalankan satu usaha yakin asalkan di jalan Allah dan yakin dengan usaha yang dijalankan.

Nah apalagi anak – anak muda sekarang lebih kreatif dan inovatif itu yang harus dikembangkan. Ketika itu berkembang. Fokus, niat dan yakin maka hasilnya akan lebih maksimal. Prosesnya dijalanin dan hasilnya dinikmati.

Demikian ulasan dari pengusaha kopi dan angkringan kekinian dari Bale Mewah ini, semoga dapat menginspirasi bagi para pembaca sekalian. Selamat mencoba bisnis, Good luck ya :)

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba