Cek Kekurangan dan Kelebihan Beriklan Di Instagram

Beriklan di instagram tentu menjadi pilihan cerdas yang kini banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Banyak yang memanfaatkan aplikasi instagram ini untuk mempromosikan produknya. Instagram menjadi salah satu media online yang dinilai cukup efektif dan ampuh untuk menigkatkan penjualan. Semejak kehadirannya pada tahun 2013 lalu instagram menjadi salah satu media sosial yang cukup populer dan paling banyak para pengguna aktifnya. Media sosial ini lebih fokus pada layanan berbagi video dan foto pendek secara gratis.

Instagram ini hadir dan mampu menarik banyak para orang -orang yang mulai bosan dengan media sosial lainnya. Kehadiran instagram yang menawarkan hal unik dan menarik ini mampu mengambil hati para kebanyakan orang karena tampilannya yang cukup sederhana. Tidak hanya digunakan untuk kegiatan pribadi saja. Kini instagram digunakan untuk kegiatan bisnis dengan membuat konten gambar, tulisan maupun video yang berkualitas untuk menarik para calon konsumen. Dengan menggunakan konten visual memungkinkan sebuah brand dapat berkembang.

Semakin kesini perkembangan aplikasi instagram ini cukup canggih, karena semakin banyak pengguna aktifnya kini instagram semakin lengkap dengan kehadiran beberapa fitur yang mendukung dalam kegiatan bisnis. Namun meskipun begitu instagram juga memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan digunakan dalam kegiatan bisnis. Nah berikut ini adalah beberapa kelebihan dna kekurangan beriklan di instagram.

Kelebihan Beriklan Di Instagram

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh instagram untuk kegiatan berbisnis yakni dengan adanya beberapa konten gambar, multi gambar, video dan juga teks. Dengan adanya support media tersebut dan dengan adanya berbagai fitur yang ada pada instagram menjadikan lebih fleksibel untuk promosi. Berikut ini adalah kelebihan instagram, diantaranya sebagai berikut :

Mudah Penggunaan

Salah satu yang menjadi alasan instagram banyak para penggunanya adalah karena mudah dalam penggunaanya. Tidak perlu banyak pengetahuan dan ilmu tentang pembuatan website ataupun SEO. Kamu hanya perlu membuat konten menarik dan berkualitas. Dengan adanya kemudahan ini tentu banyak orang yang tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini.

Salah satu cara paling mudah dalam mempromosikan di istagram ini adalah dengan mengambil foto atau vidoe yang menarik. Kemudian lengkapi dengan adanya detail pada caption. Untuk mempermudah par apengguna lain untuk menemukan postinganmu maka gunakan hashtag yang relevan dan sesuai.

Memiliki Banyak Pengguna Aktif

Instagram menjadi salah satu media sosial yang cukup populer dan sangat digemari oleh para masyarakat. Aplikasi ini dinilai jadi media paling efektif dan efisien untuk kegiatan bisnis. Hal tersebut dikarenakan banyaknya para pengguna aktif instagram. Dengan banyaknya para pengguna ini tentu kamu dapat dengan mudah memperoleh konsumen dari berbagai daerah dengan cara yang mudah. Bahkan bisa menjangkau pasar lebih luas hingga ke mancanegara. Tentunya dengan bantuan hashtag dan juga sistem endrose.

Sosial Media Gratis

Kelebihan dari instagram salah satunya adalah bisa menggunakan aplikasi ini untuk promosi bisnis secara gratis. Cukup hanya dengan mendownload aplikasi dengan smartphone dan mendaftar akun maka kamu sudah bisa menggunakannya untuk kegiatan bisnis. Bukankah hal tersebut menguntungkan karena kamu tidak perlu repot untuk membuat website atau yang lainnya.

Tools Untuk Melihat Pengunjung

Menariknya instagram ini mampu memberikan tools wawasan dasar mengenai data postingan dan data followers. Dengan memperoleh dari tools tersebut kamu dapat dengan mudah menganalisa konten dan perkembangan brand.

Kekurangan Beriklan Di Instagram

Selain adanya beberapa kelebihan diatasa instagram juga memiliki kekurangan dalam kegiatan berbisnis. Beberapa kekurangan instagram sebagai berikut :
Banyak Spam

Adanya kemudahan dalam penggunaan aplikasi ini menyebabkan adanya banyak spamming terutama pada kolom komentar. Tentunya dengan begitu akan berdampak buruk pada reputasi akun bisnismu.

Foto Cenderung Kecil

Patsinya kamu sering melihat foto di instagram yang terlihat sangat kecil dan sulit untuk dilihat sehingga akan terlihat pecah, blur dan kurang menarik. Namun sebenarnya bisa saja diakali dengan menggunakan foto atau video dengan kualitas terbaik. Selain itu lengkapi dengan detail caption untuk deskripsinya.

Persaingan Ketat

Dengan semakin lengkapnya fitur yang mendukung untuk kegiatan bisnis maka akan semakin banyak yang tertarik menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan bisnis. Ditambah lagi dengan mudahnya penggunaan aplikasi ini tentu membuat banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Tentu dengan begitu akan membuat persaingan dalam memasarkan di isntagram seamkin ketat.

Konsumen akan memiliki banyak pilihan toko, maka dari itu pastikan jika kamu membuat strategi pemasaran yang sesuai dan tepat. Buat konten yang menarik dan juga unik, buat agar para pengguna tidak mudah bosan dengan akunmu dan berikan manfaat setiap kali kamu posting dan tidak hanya mengupload produk saja.

Harus Rajin Upload

Instagram ini sama dengan aplikasi media lainnya yang memiliki timeline yang terus berjalan dnegan cepat dan terbatas waktu. Jika kamu tidak rajin update maka akun instagram tidak akan terlihat di timeline. Ini tentu akan membuat followers tidak memperhatikan dan melihat promosi yang ada pada akunmu.

Dengan memanfaatkan kepopuleran instagram yang memiliki banyak para pengguna tentu akan memberikan kesempatan besar para calon pelanggan melihat promosiu. Dengan begitu kamu memperoleh kesempatan untuk meningkatkan penjualan pada bisnismu. Asalkan kamu pandai dalam membuat konten dengan menyajikan foto, gambar dan video yang menarik tentu akan memberikan daya tarik tersendiri.

Didukung dengan adanya beberapa fitur, hashtag yang populer dan relevan maka akan membantu mempermudah produkmu akan ditemukan. Dengan begitu instagram masih termasuk jadi salah satu media online yang cukup efektif dan efisien untuk dijadikan media online untuk promosi bisnis.

Sekian dan kita cukupkan pembahsan kita kali ini tentang instagram dan seputar kekurangan dan kelebihannya untuk berbisnis. Dapatkan strategi pemasaran lainnya yang membahas tentang berbagai media online yang bisa kamu manfaatkan untuk promosi bisnis. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, salam sukses :)

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba