Jamsostek (Persero) Gelar Small Business Expo 2011

produk kreasi UKMDalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-34, PT Jamsostek (Persero) menggelar Pameran Nasional Produk Usaha Kecil yang bertajuk Small Business Expo 2011. Bertempat di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama Yogyakarta, Small Business Expo 2011 diikuti 76 peserta yang berasal dari 17 Propinsi di Indonesia. Dibuka secara resmi pada hari Kamis (1/12) oleh Sekda Propinsi DIY Bapak Ichsanuri, Small Business Expo 2011 akan berlangsung hingga Minggu (4/12). Dalam pameran tersebut, ditampilkan aneka kreasi UKM yang merupakan mitra binaan dari PT Jamsostek (persero) wilayah I-VIII, serta didukung oleh BUMN pembina yang lain, seperti PT POS Indonesia, PT Kimia Farma, PT Telkom, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Padang.

Produk-produk yang ditampilkan antara lain handycraft, textile, batik, tenun, border, kerajinan kayu, kerajinan kulit, jewelry, kuliner, produk pertaninan, produk perkebunan, teknologi tepat guna, dan masih banyak lagi. Small Business Expo 2011 selain diisi dengan pameran produk kreasi UKM, juga dimeriahkan dengan berbagai acara pendukung, seperti aksi donor darah, dan aneka lomba untuk umum (senam poco-poco, festival keroncong, tari kreasi modern, dll). Diharapkan dengan rangkaian kegiatan tersebut bisa membangkitkan semangat untuk mencintai produk dalam negeri serta melestarikan budaya bangsa melalui apresiasi seni.

produk rumah rajut REVIABeberapa peserta UKM yang ditemui tim liputan bisnisUKM Jumat (2/12), mengaku jika pagelaran Small Business Expo 2011 memberikan pengalaman baru bagi mereka. “Pameran selama ini menjadi media pemasaran yang efektif bagi kami, jadi setiap diberikan kesempatan untuk mengikuti pameran, kami selalu berusaha untuk maksimal,” ujar Bapak Andreas (54) dari Rumah Rajut Revia. Beralamat di Jln. Masjid No.3 Pakualaman Yogyakarta, Rumah Rajut Revia saat ini memproduksi aneka kreasi rajut yang bernilai jual tinggi, antara lain tas rajut, syal rajut, dompet rajut, dll. Bahkan belum lama ini, beliau mengaku baru saja mengikuti pameran produk kreasi yang diselenggarakan di Malaysia.

Pengalaman berbeda dialami oleh Bapak Novia Mofied (40) yang memiliki usaha clothing kostum bola. Bisnis yang dirintis sejak awal 2010 tersebut saat ini mampu berkembang dengan pelanggan yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. “Selain pameran seperti ini (Small Business Expo 2011), kami juga menggunakan media online sebagai ujung tombak pemasaran kami, baik itu jejaring sosial maupun website kami sendiri,” ujar Bapak Mofied yang memiliki showroom di Jln. Kusuma Selatan Blok D 16 No.10 Perum Wisma Jaya Bekasi. Dengan usahanya tersebut, saat ini beliau mampu mempekerjakan beberapa orang pengangguran yang ada di sekitar wilayahnya.

small business expo 2011Dalam keterangannya kepada media, Humas Panitia Ryan Budi Nuryanto mengungkapkan tujuan digelarnya Small Business Expo 2011 adalah untuk mengembangkan wawasan usaha kecil (UKM) berbagai bidang di Indonesia. Selain itu, dengan pameran tersebut juga diharapkan bisa membangkitkan semangat mencintai produk dalam negeri demi kesejahteraan bersama. Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahui aneka kreasi produk UKM dari berbagai wilayah di Indonesia secara langsung, silakan mengunjungi pameran tersebut dari jam 09.00 s.d. 21.00 WIB.

Tim liputan bisnisUKM

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba