Jual Mas Kawin Untuk Modal Usaha, Kini Sukses Bisnis Kue Donat

Bisnis kue donat mungkin sudah cukup banyak, tapi hanya beberapa saja yang eksis dan punya nama besar, setuju? Kuki Bakery sepertinya siap bersanding dengan brand-brand ternama produk donat. Tidak cuman karena menghadirkan kualitas terbaik dengan harga murah, banyak keunggulan lainnya yang bisa kamu jadikan inspirasi bisnis kamu. Simak kisah sukses dalam jualan donat ala Kuki Bakery dengan nonton video dibawah ini ya!

Bisnis UKM kali ini punya inspirasi bisnis dari pebisnis sukses kue donat yang kini telah besar namanya. Sekarang kita mengenalnya dengan toko kue Kuki Bakery. Heri adalah owner dari toko kue ini, beliau ini membagikan kisah suksesnya dalam membangun bisnisnya. Yuk langsung kita simak kisah selengkapnya, Kuki Bakery ini pusatnya berada di Jalan Kaliurang KM 5 Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta.

Bisnis Kue Donat Kuki Bakery

Memulai Bisnis Kue

Pertama kali sebelum memulai bisnis kue Kuki Bakery ini beliau lulus kuliah dan merasa banyak tempat yang tidak menerimanya sebagai karyawan. Hingga akhirnya beliau memiliki ide untuk berwirausaha. Awalnya banyak bisnis yang beliau jalankan, hingga pernah mencicipi jualan di sunmor UGM, mencoba beberapa kali bisnis.

Salah satu bisnis yang beliau tekuni sebelumnya adalah teknisi atau mekanik handphone. Namun beberapa tahun berjalan banyak sekali tantangan yang dihadapi. Bisnis teknisi handphone memerlukan usaha yang sangat keras karena masuknya beberapa handphone keluaran yang baru. Dimana beliau harus belajar lebih gigih untuk mempelajari setiap handphone. Setiap handphone itu memiliki kerumitan tersendiri dalam perbaikan sistemnya.

Bisnis Yang Bertahan Lama

Dari sana beliau bersama istrinya memilih untuk memikirkan bisnis yang bisa bertahan lama. Sehingga bisa mengembangkannya dan bertahan lama. Pada akhirnya mereka memilih bisnis bakery. Pangsa pasar bakery sangat besar. Dimulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Sehingga hampir semua segmen umur bisa masuk.

Maka dari itu beliau memiliki beberapa macam produk yang memiliki support untuk semua segmen umum tersebut. Termasuk segmen ekonomi dari biasa – menengah, menengah – ke atas. Akan tetapi untuk awal mula beliau bergerak dari segmen menengah kebawah. Sehingga mempunyai varian produk untuk semua umum dan segmen menengah ke bawah.

Motivasi Utama Bisnis

Motivasi utamanya ini yang mana bisnis ini adalah usaha berdua dengan istrinya. Bagaimana berbisnis tidak hanya berbisnis saja, bukan tentang untung rugi saja. Namun beliau selalu menanamkan slogan di bisnisnya tersebut adalah surga dan neraka.

Sehingga apapun kejadian untung rugi adalah hal biasa. Bagaimana ketika merekrut team tidak langsung diubah menjadi semacam perusahaan yang syari. Namun pelan-pelan menuju kesana. Beliau berkeinginan bagaimana bisnisnya ini memiliki manfaat bagi team. Bermanfaat bagi orang yang membutuhkan pekerjaan terutama karena kebanyakan dari team beliau bukan profesional. Sehingga beliau didik semua dari 0 dan sampai menjadi mahir.

Jika dilihat dari pengeluaran memang jauh lebih mahal. Namun akan lebih nyaman dan enjoy disitu. Kendala yang dihadapi selama ini memang dari hal kompetisi. Dimana bisnis ini memang sektor di Bakery dari mesin dan peralatan yang digunakan semakin canggih maka akan menghasilkan yang bagus.

Bisnis Yang Dimulai Dari Nol

Untuk bahan baku hampir rata-rata menggunakan bahan yang sama digunakan. Meskipun itu di perusahaan besar sekalipun, untuk yang kedua adalah dari SDM. Bersyukurnya dari dulu sampai sekarang ini beliau mengelola team, memberikan edukasi dan training untuk meningkatkan produktivitas. Awal memulai bisnis ini dulunya masih ngontrak dengan sang istri. Jadi pada saat awal masih ngontrak modalnya sangat terbatas. Sehingga pada saat itu istrinya menjual mas kawinnya. Saat itu istrinya izin kepada beliau. Pada saat itu di acc oleh beliau, karena apapun barangnya yang sudah menjadi milik istrinya mau dipakai untuk apapun terserah.

Dulunya berprinsip jika harta itu bisa dicari lagi. Pada awal bisnis itu terkumpul 7,5 juta. Kemudian dibelikan sebuah peralatan sederhana. Alat-alat pendukung pembuat roti dan produk lain. Resep Kuki Bakery ini beliau bersama istrinya memang menyukai kuliner terutama bakery. Jadi sedikit tahu tentang rasa, sedangkan untuk resep di Kuki ini memang awalnya istri beliau suka memasak kue yang simpel. Setelah punya alat bakery semua belajar otodidak. Jadi untuk semua resep di Kuki Bakery tersebut murni dari istri beliau.

Resep Kuki Bakery

Jadi kebetulan istri beliau ini belajar di beberapa tempat untuk kursus, hingga terciptalah resep-resep yang sekarang ini. Jadi semua resep kue di Kuki ini dibuat oleh istrinya dan dieksekusi oleh karyawannya. Bisnis bakery bagi beliau adalah sesuatu yang sebenarnya jika dilihat ada 2 opsi. Bisa dimulai dari toko online sangat mungkin, dilihat dari era milenial yang mana sangat mendukung sekali. Selain itu juga offline, dari offline ini juga menentukan bonafitnya suatu tempat bisnis. Jadi ketika ada tempat offlinenya maka konsumen akan lebih percaya.

Mimpi Kuki Bakery

Mimpi dari owner Kuki Bakery ini dimana mereka tetap berbisnis ini dengan tidak melupakan ibadah. Sebesar apapun bisnis yang dikelola tetap tidak melupakan kodratnya sebagai manusia. Mimpinya bagaimana membesarkan bisnis tersebut sampai titik tertentu semakin banyak melibatkan masyarakat, team.

Sehingga punya banyak manfaat dan efeknya menjadi amal jariyah yang panjang. Intinya sangat mudah dengan membangun production terpadu dan beberapa titik outlet yang sudah di planing. Berikutnya adalah menjadi perusahaan yang muslim yang mampu bersaing dengan perusahaan besar lainnya.

Demikian kisah sukses dari pemilik Kuki Bakery yang merintis bisnisnya ini semua dari no. Bermodalkan mas kawin kini bisnisnya ini menjadi besar dan sukses. Baca kisah menarik lainnya dari para pebisnis lainnya hanya di website bisnisukm.com.


Jangan lupa tonton juga video liputannya di channel youtube TVBisnis. Ada banyak video menarik lainnya tentang inspirasi, kisah sukses, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah sebagai berikut. Jangan lupa subscribe, karena dengan dukungan subscribe dari teman-teman akan bantu kita untuk terus upload video menarik dan kisah-kisah sukses lainnya. Share juga keteman-teman lainnya. Terima kasih.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba