Kerajinan Unik Terbuat dari Benang

kerajinan unik lampion benangDengan sentuhan kreatifitas ternyata sesuatu yang tidak berharga bisa diubah menjadi produk baru yang luar biasa. Inilah sedikit gambaran yang bisa mewakili kesuksesan Zahwa Kemilau Handycraft, dalam mendapati kesuksesannya.

Mengawali peruntungannya di tahun 2005, dengan memproduksi tudung saji. Sepasang suami istri, Ariyanto dan Nina Yulianti yang bermukim di Pamulang, Ciputat. Berhasil mengembangkan bisnis kerajinannya, dengan menciptakan inovasi baru lampion benang pada tahun 2008.

Benang-benang yang biasanya hanya digunakan untuk menjahit baju, kini bisa diubah menjadi kerajinan lampion yang cantik, dengan beragam warna dan bentuk yang menarik. Mulai dari lampion standar dengan bentuk bulat, lampion berbentuk boneka salju, lampion bunga, serta lampion serangga (seperti : kupu-kupu, capung, dan lebah).

Kecantikan beragam warna benang yang digunakan Nina dan suaminya dalam membuat lampion, akan semakin terlihat ketika ditambahkan lampu pada lampion tersebut. Karena guratan serat yang dihasilkan dari tumpukan benang, akan semakin terlihat saat terkena cahaya dari lampu. Bisa Anda bayangkan bukan, betapa cantiknya lampion tersebut bila dimanfaatkan sebagai penghias ruangan?

Tak heran bila produk kerajinan unik terbuat dari benang ini, memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Nina beserta suaminya membandrol harga dari mulai Rp 35.000,00 sampai Rp 350.000,00, harga tersebut disesuaikan dengan bentuk lampion. Harga paling mahal biasanya dibandrol untuk lampion duduk, karena produk tersebut membutuhkan tambahan alas duduk yang terbuat dari kayu. Sehingga harganya lebih mahal dari lampion gantung.lampion benang

Berkat kreatifitas yang digunakan Ari dan Nina dalam memproduksi beragam jenis lampion, kini usaha yang dimulainya dengan modal Rp 500.000,00 bisa menghasilkan omset sekitar 4 sampai 5 juta rupiah setiap bulannya. Nah, bagi Anda yang sedang bingung mencari peluang usaha dengan modal kecil. Tidak ada salahnya jika Anda mencobanya sebagai peluang usaha.

Cara membuat lampion benang

  1. Untuk membuat pola, gunakan balon untuk membentuk bulatan. Tiuplah balon sebesar ukuran lampion yang dikehendaki. Kemudian ukur diameter balon, sesuai dengan lampion yang akan dibuat.
  2. Tahap kedua campurkan benang dan lem kayu. Kemudian rekatkan campuran tersebut pada balon yang telah Anda tiup. Lakukan sampai seluruh permukaan balon tertutup oleh benang.
  3. Jika permukaan balon telah tertutupi,  selanjutnya jemur di bawah sinar matahari, agar lem kayu bisa kering dan kaku. Untuk ukuran lampion kecil, cukup dipanaskan seharian. Namun untuk lampion yang cukup besar, membutuhkan waktu pengeringan yang cukup lama (± 4 hari).
  4. Setelah kering, pecahkan balon yang ada di dalamnya. Sehingga yang terbentuk hanyalah bulatan benang yang siap dijadikan lampion.
  5. Tahap terakhir, masukan lampu dan kabel untuk menciptakan cahaya pada lampion. Dan lampion benang pun siap dipasarkan.

Selamat mencoba dan salam sukses.

Sumber gambar : http://www.tnol.co.id/images/stories/2010/Oktober/Travel__Living/pengusaha_lampion/macam_macam_lampion.jpg dan http://www.tnol.co.id/images/stories/2010/Oktober/Travel__Living/pengusaha_lampion/Lampion_beraneka_warna.jpg

61 Komentar

  1. di pamulang brpa ? nama jalan nya apa ?aku butu bgt …. aku mau bli buat tuga dri sklhan

  2. wah banyak bgt peminatnya,tpi ke mna pemasarannya ? jawab yh kirim ke email saya Dedisudrajat1189@gmail.com

  3. nice….saya udah coba gan..tpi balonnya lengket sama benang..jdinya bentuknya penyok….tolong solusinya dong =D

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. AGar tidak menyusut, kamis sarankan Bapak Ade melilitkan benang terlebih dahulu di bagian ikatan balon. Dengan begitu resiko kebocoran balon bisa diminimalisir. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. saya mau neli untuk di jual lagi… bisa email ke saya no hp dan brosurnya? y3ss1_erv1n4@yahoo.co.id

    • Terimakasih telah berkunjung di bisnisukm.com. Untuk memproduksi kerajinan ini bisa menggunakan lem kayu. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • dengan lampu 5-15 watt mbak. Lampunya dipasang di fitting dan tinggal dimasukkan ke balon. Bisa lepas pasang dengan mudah

  5. unik , bisa menjadi peluang inspirasi untuk semua kalangan .. alamat lengkapnya boleh minta ?? pamulang sebelah mana ??

  6. Pak bisa ngk sy pesan bnyak untuk kami jual lagi… Sy tinggal di pekan baru.. Confirm kalo bisa y pak 085376916555

  7. mohon no tlp atau hp bapak Ariyanto dan bu Nina Yulianti beserta alamat rumah nya di E-mail kesaya, Terimakasih.

  8. saya ingin menanyakan,,benang yg bgus bnang p yg d gnakan,,dan bgaimana cra untuk melobangkan bgian bwah pda rangkaian bola lmpu yg akan di bentuk,,
    mhon d blas,,krna saya akan mmbwat pkrjaan sni bdaya dri sklah,,
    mhon djwab k email saya: rahayu_ningsich@yahoo.com

  9. itu benang y dililit kan atau gimana ya mas?
    benang untuk ukuran lampion seperti di photo bisa gk benang jahit pinggir kain kira-kira berapa gulungan bisa menutupi permukaan balon atau sebalik y benang wol brp gulungan?

  10. Pa buat rangkaian listrik.a bagaimana?
    Ap ad dijual dipasaran?,namanya ap?
    Tolong di balas ya pa

    • Rangkaian listriknya simple sekali pak. Cukup beli fitting lampu dihubungkan dengan kabel dan colokan.

Comments are closed.