Kisah Sukses Guru Honorer Bisnis Budidaya Tanaman Anggrek

Bisnis budidaya tanaman anggrek bisa dikatakan salah satu usaha di bidang agribisnis yang kondisinya tetap stabil dari waktu ke waktu. Tanaman hias yang sejak dulu sampai sekarang populer ini termasuk sebagai primadonanya tanaman hias di Indonesia bahkan di dunia. Untuk para kolektor ataupun kalangan pecinta tanaman hias, memelihara tanaman anggrek memang menjadi suatu kesenangan tersendiri. Dari segi tampilan tanaman anggrek memang anggun dan cantik di mana tiap pasang mata yang memandang pasti akan jatuh cinta. Apalagi tanaman anggrek ini jenisnya sangat beragam. Jadi makin banyak pecinta tanaman hias yang terdorong untuk makin menambah koleksinya.

Anggrek tidak hanya sedap dipandang mata. Tanaman yang memiliki bunga sangat indah itu juga memiliki potensi ekonomi yang besar sehingga banyak orang tertarik menggelutinya sebagai peluang bisnis. Tanaman anggrek bisa ditanam di pot atau menempel di media tanam lain. Untuk perawatan tanaman anggrek memang butuh teknik khusus tergantung jenisnya sehingga harga jualnya di pasaran juga menarik. Jadi nggak heran kalau bisnis budidaya tanaman anggrek banyak dilirik. Bisnis budidaya tanaman anggrek ini memang menarik untuk dicoba. Begitu juga keuntungannya yang memang mengiurkan.

Termasuk bagi Ika Putri Dian Asrianti, seorang guru honorer yang sudah menekuni bisbis budidaya tanaman anggrek sejak tahun 2014. Selain berprofesi sebagai guru honorer, kecintaan Ika pada anggrek bermula pada kekagumannya akan keragaman flora di Indonesia. Pilihannya jatuh pada tanaman anggrek. Menurut Ika, tanaman anggrek merupakan puspa bangsa Indonesia. Kecantikan dan pesona Indonesia bisa terwakilkan melalui tanaman anggrek itu sendiri.

Peluang Bisnis Budidaya Tanaman Anggrek

Pada mulanya Ika merupakan kolektor serta pegiat budidaya tanaman anggrek. Sembari melakukan rangkaian aktivitas sehari-hari sebagai guru honorer dan anggota aktif bhayangkari, Ika dengan tekun merawat tiap tanaman anggrek koleksi pribadinya. Hingga di tahun 2017, Ika memantapkan hati untuk memulai bisnis budidaya tanaman anggrek yang diberi nama Rumah Anggrek Vania Orchid. Kebun anggrek milik Ika ini berlokasi di Tempel, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang benar apa yang dikatakan orang kebanyakan, kalau sebuah bisnis yang dijalankan yang dimulai dari kegemaran atau kesukaan, jalan ke depan yang ditempuh akan terasa lebih mudah.

Begitu juga dengan Ika yang memulai bisnis budidaya tanaman anggrek karena merasa bahwa kecintaannya pada anggrek ini bisa membawa manfaat lebih selain dari sisi keindahan yaitu dari manfaat ekonomi. Sebab dalam merawat tanaman anggrek ini butuh teknik dan perlakuan khusus sesuai dengan jenis anggrek itu sendiri. Beda jenis anggrek, berbeda juga dengan perawatannya.

“Saya memang suka sama tanaman anggrek, di rumah itu sudah hobi untuk koleksi. Bisa dikatakan tanaman anggrek ini mudah sekali untuk membuat seseorang jatuh cinta. Dari tampilannya saja sudah memanjakan mata. Indah, cantik, anggun, dan sangat elegan. Mulai dari hobi kemudian ternyata banyak orang juga yang tanya kenapa anggrek rawatan saya ini cantik-cantik dan tertarik untuk membeli. Kemudian dari situ juga setelah tiga tahun merawat tanaman anggrek di rumah, tahun 2017 memutuskan untuk bikin kebun anggrek,” ujar Ika.

Konsumen Bisnis Budidaya Tanaman Anggrek

Kalau bicara soal siapa konsumen dari bisnis budidaya tanaman anggrek, mungkin sekilas yang terbesit di benak kebanyakan orang adalah mereka para kolektor tanaman hias saja. Tapi kenyataannya, konsumen dari tanaman hias yang satu ini sekarang sudah mengalami perluasan. Konsumen dari berbagai jenis tanaman anggrek sudah sangat beragam. Tidak sebatas para pecinta tanaman hias saja. Melainkan masyarakat secara umum mulai dari skala rumahan, industri perhotelan, perkantoran, bahkan juga perorangan untuk kebutuhan bingkisan.

Hal tersebut juga sejalan dengan bisnis budidaya tanaman anggrek milik Ika, Rumah Anggrek Vania Orchid ini. Selain memang menyasar para kolektor tanaman anggrek sebagai target pasar, Rumah Anggrek Vania Orchid juga memperluas pasarnya dengan menyasar konsumen lain yaitu hotel, perkantoran bank, masyarakat umum, ibu rumah tangga, bahkan jaringan kemitraan untuk memperbanyak orang yang ikut serta secara langsung dalam melestarikan tanaman anggrek.

“Target konsumen dari Rumah Anggrek Vania Orchid itu sendiri yang pasti kolektor anggrek. Terus kami juga jadi supplier tetap untuk beberapa hotel dan kantor perbankan dengan sistem rental. Ada juga beberapa pejabat pemerintahan yang pesan dalam jumlah tertentu untuk dijadikan bingkisan. Kemudian konsumen secara umum sekarang juga sudah mulai tertarik untuk menjadikan tanaman anggrek sebagai hampers untuk orang-orang tersayang seperti ucapan ulangtahun, hari ibu, atau perayaan lainnya. Selain itu kami juga menyasar ibu rumah tangga, selain jadi konsumen tapi diajak juga untuk pelatihan budidaya anggrek,” kata Ika.

Kendala yang Dialami

Meskipun bisa dikatakan anggrek merupakan tanaman hias yang harganya stabil di pasaran, dalam menjalakankan bisnis budidaya tanaman anggrek ini Ika juga mengalami beberapa kendala. Di antaranya adalah terbatasnya bibit tanaman ketika permintaan pasar sedang naik. Maka dari itu, Ika sampai saat ini menjalin kerjasama dengan petani lokal serta kebun anggrek lain seperti yang ada di Malang dan Bogor untuk mensuplai kebutuhannya. Selain itu strategi kemitraan yang Ika bangun juga bagian dari cara mengatasi kendala yang dialami. Di awal menjalankan bisnis ini, Ika juga merasa masih terbatas pada wawasan soal jenis-jenis anggrek. Maka dari itu sembari berjalan, Ika terus belajar dengan memperbanyak pengetahuan dan menambah koleksi yang lebih beragam. Supaya bisa memahami bagaimana treatment yang paling tepat untuk tiap jenis anggrek yang dibudidayakan.

“Indonesia itu kaya akan berbaga jenis flora, termasuk salah satunya anggrek. Tapi kalau nggak ada orang yang melestarikan, nantinya juga akan punah. Makanya Rumah Anggrek Vania Orchid juga menjaring reseller supaya jadi mitra untuk kemudian ikut pelatihan budidaya dan perawatan anggrek. Selain manfaat untuk pembudidayaan, pastinya manfaat dari sisi ekonomi juga akan didapatkan,” tambah Ika.

Strategi Bisnis Budidaya Tanaman Anggrek

Kalau menjual anggrek hanya sebatas dijadikan produk tanaman hias saja mungkin itu sudah biasa. Tapi berbeda dengan Rumah Anggrek Vania Orchid yang justru terbuka lebar untuk saling berbagi pengalaman soal budidaya dan perawatan tanaman anggrek. Ika sebagai pemilik dari Rumah Anggrek Vania Orchid memang punya tujuan khusus selain memang menyalurkan hobi dan mendapatkan manfaat ekonomi dari budidaya tanaman anggrek, yaitu memperbanyak orang yang melestarikan anggrek sekalikus memberi manfaat ekonomi ke lebih banyak orang.

Dalam pemasarannya, Ika memanfaatkan media sosial serta ambient media sebagai alat promosi. Kalau secara offline, Rumah Anggrek Vania Orchid punya cara unik yaitu memanfaatkan ambient media berupa stiker yang ditempelkan di mobil atau armada Rumah Anggrek Vania Orchid setiap kali mengantarkan pesanan anggrek ke berbagai kota. Selain itu Ika juga memanfaatkan media sosial Instagram dan Facebook untuk alat pemasarannya. Begitu juga degan marketplace yang digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Selain bibit lokal yang dibudidayakan, ada juga bibit anggrek dari Thailand dan Taiwan yang Ika impor untuk dibudidayakan di Rumah Anggrek Vania Orchid. Rumah Anggrek milik Ika ini selain menawarkan berbagai jenis tanaman anggrek yang indah juga menawarkan produk lain. Seperti pot yang terbuat dari material gerabah, media tanam alami dari sabut kelapa, pupuk organik, dan juga insektisida. Jenis anggrek yang dibudidayakan dari segi harga jual juga beragam. Mulai dari yang reguler Rp10.000 sampai anggrek koleksi premium yang dibandrol dengan harga mencapai jutaan.

Itulah kisah perjalanan bisnis Rumah Anggrek Vania Orchid yang semoga bisa menjadi inspirasi untuk kamu dalam menjalankan bisnis. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis.

Ikuti terus kisah menarik dari perjalanan para pelaku bisnis lainnya hanya di BisnisUKM.com

Apakah kamu tertarik untuk mencoba budidaya anggrek?

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba