Kopi Arabika Papua Diminati Masyarakat Mancanegara

kopi-arabica-papuaSalah seorang anggota tim pameran komoditi unggulan Papua di Perancis, Paulus Sumino, di Jayapura, mengatakan hasil pameran komoditi unggulan di Perancis mengisyaratkan kopi Arabika Papua diminati banyak masyarakat Perancis.

Masih menurut Menurut Paulus masyarakat Perancis kopi Arabika dari Papua berkualitas dan tak terkalahkan oleh produk kopi dari daerah lain di Indonesia maupun negara lainorganik serta memiliki aroma khas sehingga bernilai ekonomi tinggi.

Pameran yang diikuti delapan provinsi di Indonesia itu termasuk Provinsi Papua, mendapat perhatian dan sambutan positif dari masyarakat Perancis. Paulus Sumino mengatakan “Papua hanya menampilkan produk komoditi unggulan seperti kopi arabika dan minyak buah merah yang merupakan potensi di wilayah hutan tropis Papua” . Kawasan sentra produksi kopi arabika di Kabupaten Jayawijaya, Paniai dan sejumlah kabupaten lain di daerah pegunungan Papua mendapat perhatian para pengusaha Prancis. Para pengusaha itu tertarik karena kopi Papua memiliki keunggulan tersendiri dan justru inilah yang harus diperhatikan dan dikembangkan pemerintah Papua.

Menurut Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Papua, kopi arabica asal wamena mulai di ekspor Amerika Serikat sejak agustus 2008 sebanyak 20 ton. Keberhasilan ekspor kopi arabika asal wamena ke Amerika Serikat ini diakui oleh pihak dinas perindustrian dan perdagangan karena bekerjasama dengan Organisasi Usaid. Menurut Kepala Disperindag nantinya ekspor kopi arabika dari Papua ini akan ditangani oleh koperasi setempat sedangkan pihak Disperindag akan mendukung segala persiapan ekspor.

Kegiatan ekspor kopi arabica dari wamena ke Amerika serikat ini diharapkan dapat menambah Devisa negara. Disamping itu juga menggerakkan perekonomian penduduk setempat yang giat melakukan penanaman komoditas kopi sejak beberapa tahun silam.

Pemerintah juga berharap, masyarakat yang membudidayakan tanaman kopi arabika di daerah Jayawijaya dan sekitarnya mampu untuk meningkatkan produksinya sehingga dapat memenuhi permintaan ekspor ke luar negeri.

Selama ini dominasi ekspor dari Papua berupa konsentrat tembaga yang dihasilkan perusahaan tambang Freeport di Tembagapura, kabupaten Mimika yang mencapai 98%. Untuk sektor ekspor lainnya diantaranya sektor perikanan berupa ikan hias dan ikan beku yang dihasilkan sejumlah pengusaha yang berinvestasi.

Sementara dari data yang ada selain kopi, saat ini masyarakat di sejumlah daerah di Papua mulai membudidayakan kakao untuk memenuhi permintaan dalam dan luar negeri. Kedepan komoditas perkebunan Papua seperti kopi dankakao diharapkan terus ditingkatkan sehingga dapat menjadi salah satu sektor andalan untuk diekspor ke luar negeri. Potensi tanaman ini cukup berprospek ekonomis bagi petani lokal.

(Sumber Gambar : www.ditjenbun.deptan.go.id)

12 Komentar

  1. ada yg berminat untuk mencari kopi arabica dan robusta khas lampung produk lombok coffee hu saya di 021 97805705 thanks

  2. Saya sedang mencari kopi Arabica Papua Wamena baik bentuk greenbeans siap roast atau bentuk roastedbeans. Bagi yang ada info kopi ini bisa hubungi saya YUGHI di no 0254-9188661. Salam Kopi….

  3. go papua…kemana saya bisa beli kopi arabica wamena / papua…berapa harganya perkilo…bisa dikirim ga.?rumah tinggal saya di tangerang….klo ada yang bisa bantu saya mohon hub saya di 081314217829 atau email ke harrisuherman@yahoo.com..thx

  4. wamena arabica single origin coffee favoritku!!! rasanya gila… strong… full body coffee.

    0274- 6551191

  5. Cukup menarik perhatian saya. Pak jikalau di Malaysia di mana bisa saya cari kopi ini. Apakah kopi ini sudah siap di proses menjadi Instant kopi. Maksud saya, sudah tersedia menjadi kopi segera seperti 3 in 1, 4 in 1 atau 5 in 1. Kalau mahu di niagakan di Malaysia, apakah ada kemungkinannya. Terima kasih.

  6. Saya tertarik ingin mencoba rasa kopi dari wamena, dimana bisa dibeli di Jakarta & berapa harganya per kg nya? Tku

  7. saya memang bukan orang papua, tapi besar keinginan hati saya untuk bisa bekerja dan membangun papua, karena menurut saya papua adalah permata bagi indonesia, kekayaan budaya dan keindahan alamnya adalah kebanggaan indonesia, apabila ada putra-putri Papua yang membaca pesan ini tolong bantu saya mewujudkan cita-cita saya, terima kasih

    • saya lahir dan besar di papua saya penasaran dengan mimpi pak aris untukmembangun papua,kalo boleh tau apa misi bapak untuk papua?

  8. It’s very interesting….

    Meskipun saya bukan pecinta kopi sejati..Tapi saya tertarik dengan bahasan ini yang mengangkat potensi daerah papua,yang slama ini jarang dilirik..

Comments are closed.