Lensa BisnisUKM di Pesta Wirausaha TDA 2012

TDA expo 2012Dalam rangka menciptakan wirausaha yang memiliki karakter yang sesuai dengan budaya dan kearifan masyarakat Indonesia, Komunitas TDA (Tangan Di Atas) menyelenggarakan “Pesta Wirausaha TDA 2012”. Event yang telah berlangsung untuk keenam kalinya tersebut, diselenggarakan pada tanggal 28-29 Januari 2012 yang lalu, di Gedung Smesco UKM Jakarta. Pada tahun ini, Pesta Wirausaha TDA 2012 diisi dengan beragam acara, antara lain Business Conference, Expo, Workshop, Business Matching, Awarding, dan Bazaar. Mengusung tema ‘Expanding New Generation of Characterpreneur’, Pesta Wirausaha TDA 2012 diikuti ribuan characterprenuer dari seluruh wilayah di Indonesia.

Sebagai media solusi promosi UKM Indonesia, bisnisUKM mendapat kesempatan untuk ambil bagian dalam Pesta Wirausaha TDA 2012 kali ini. Menempati stand media nomor 5, tim bisnisUKM melakukan serangkaian aktivitas liputan dan edukasi kepada para pengunjung maupun peserta mengenai pentingnya berpromosi menggunakan media online (internet).

Pada hari pertama (28/1), tidak sedikit peserta maupum pengunjung yang ‘mampir’ dan kemudian bergabung sebagai member bisnisUKM ketika mengunjungi stand dan berinteraksi menanyakan keunggulan layanan dan produk di bisnisUKM.

Pengunjung stand bisnisUKMSaat ini, lebih dari 200.000 member yang sudah terdaftar sebagai member bisnisUKM. Hal ini bisa menjadi peluang untuk membangun jaringan (networking) dengan member-member lain dari seluruh wilayah di Indonesia.

Salah seorang pengunjung stand bisnisUKM.com yaitu Ibu Vya Cristie dari Jakarta menuturkan manfaat yang diperolehnya selama menjadi member. “Saya termasuk member lama (sejak 2010), dan selama menjadi member di bisnisUKM.com terjadi peningkatan penjualan produk kami dari pihak-pihak yang memperoleh referensi dari sini (bisnisUKM.com),” jelas pemilik Pasar Unik 89 (handicraft, accessories, toys, & others).

Sementara itu, tim liputan bisnisUKM juga berkesempatan meliput Expo dari member komunitas yang kini beranggotakan 20.000 pengusaha kecil menengah tersebut. Tidak kurang 160 stand peserta expo yang berasal dari berbagai kota di Indonesia memajang dan menjual produk andalan mereka. Produk-produk yang dijual meliputi kategori fashion, kuliner, otomotif, franchise, lembaga keuangan, tour & travel, dll.

Menurut salah seorang peserta expo yakni Ibu Kukuh Yuli Muriana, pengunjung expo dalam Pesta Wirausaha TDA 2012 tahun ini lebih sedikit dibanding event sebelumnya. “Pengunjungnya lebih sedikit, namun untuk transaksi cenderung mengalami peningkatan,” ujarnya. Member TDA asal Bantul Yogyakarta tersebut menampilkan aneka produk jaket dan baju batik cap maupun tulis khas Jogja.

Seminar bisnis Pesta wirausaha TDA 2012Selama dua hari penyelenggaraan, antusiasme peserta dan pengunjung untuk mengikuti Pesta Wirausaha TDA 2012 sangat tinggi. Salah satunya dikarenakan TDA menghadirkan pembicara-pembicara yang memiliki ‘nama besar’ dalam percaturan bisnis di Indonesia. Diantara pembicara yang hadir dalam acara tersebut adalah Chairul Tanjung “Trend ekonomi 2045”, Sandiaga Uno “UKM Go Corporate”, Heppy Trenggono “Pengusaha Berkarakter”.Arief Budiman “Creative Branding For UKM”, Merry Riana “Mimpi Satu Juta Dollar”, Agung Hendri “Inspiring TDA Millioner,” Arnold Sebastian “E-Commerce in Indonesia”, Joko Widodo “Characterpreneur And CGC (Inspiring), Nukman Luthfie “Social Media Strategy”, Sumardy “Word of Mouth Strategy For UKM”, Mas Mono, dan Ustad Yusuf Mansur “Spiritual Bunisness Spiritual Company”.

Tim bisnisUKM.com