Marketing Online Dengan Konten Artikel

membuat artikelKetatnya persaingan pasar di dunia maya menuntut sebagian besar pelaku bisnis online untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk atau jasa mereka di internet. Membuat artikel dan mempublikasikannya disebuah website merupakan alat marketing yang cukup efektif untuk menarik minat konsumen, sehingga permintaan produk serta jasa tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan ditengah persaingan pasar yang semakin padat.

Selain menarik minat konsumen untuk berkunjung kesebuah website, konten artikel juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan alat komunikasi pemasaran bagi para blogger untuk menawarkan produk atau jasa mereka ke calon konsumennya. Biasanya konten ini disebut dengan sales letter atau surat penawaran yang berisi tentang ulasan produk maupun jasa yang dikirimkan produsen kepada calon konsumen melalui email atau media online lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa konten artikel menjadi jembatan bagi para blogger untuk menghubungkan bisnis online mereka dengan target pasar yang telah dibidik.

Untuk membantu Anda mempromosikan bisnis online melalui tulisan, berikut ini beberapa tips bisnis yang perlu diperhatikan sebelum membuat artikel marketing.

  • Tentukan ceruk pasar Anda

Sebelum menulis artikel, sebaiknya tentukan ceruk pasar yang ingin Anda bidik. Sesuaikan artikel yang Anda tulis dengan topik atau tema yang Anda angkat di website tersebut. Misalnya saja www.bisnisukm.com yang membidik para pelaku dan pencari bisnis sebagai ceruk pasar mereka, maka konten artikel yang ditulis pun berisi tentang seputar solusi permasalahan bisnis yang dihadapi para pemula maupun pencari usaha, penawaran peluang bisnis yang membantu para pencari usaha, sampai berita info bisnis yang perkembangannya sedang hangat diperbincangkan masyarakat luas. Sehingga konten artikel yang dipublish berhasil mendatangkan traffic kunjungan yang cukup tinggi dan pada akhirnya website tersebut menduduki halaman pertama di mesin pencarian untuk kata kunci “Peluang bisnis”.

  • Buatlah konten artikel yang menarikmarketing online

Untuk membuat konsumen tertarik dengan konten artikel yang Anda buat, maka sebisa mungkin buatlah artikel dengan topik yang cukup diminati para pengguna internet. Anda bisa memulainya dengan menggunakan kata kunci (keyword) tertentu yang banyak dicari user melalui mesin pencarian. Sebab, sampai hari ini sebagian besar konsumen masih mengandalkan mesin pencarian (search engine) seperti google untuk mendapatkan segala informasi yang mereka butuhkan. Karena itu usahakan untuk membuat judul artikel dengan kata kunci menarik, melengkapi isi artikel dengan informasi yang akurat dan bermanfaat, serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar konsumen tidak bosan membaca artikel marketing yang Anda publish dan lebih loyal dengan bisnis online yang Anda jalankan.

  • Tentukan media online yang Anda gunakan

Sekarang ini banyak media online yang dapat Anda manfaatkan sebagai ruang publish artikel. Untuk itu sebagai pelaku bisnis online pilihlah media yang paling banyak digunakan masyarakat luas, sehingga peluang pasar yang dapat Anda jangkau semakin terbuka lebar. Beberapa media online yang sering digunakan para blogger untuk mempublish konten artikel antara lain website, blog, friendster, facebook, twitter, youtube, feeds, serta masih banyak lagi situs jejaring sosial lainnya yang dapat mendukung perluasan pasar bisnis online Anda.

Penggunaan konten artikel sebagai bagian dari strategi marketing online ternyata tidak hanya mudah, namun juga murah karena para blogger tidak membutuhkan biaya apapun untuk mempromosikan bisnis online mereka. Yang terpenting adalah kemampuan Anda untuk membuat artikel menarik, dan memilih media online yang tepat untuk mempublish artikel marketing tersebut. Semoga informasi tips marketing online dengan konten artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca maupun pemula di bisnis online. Selamat berkarya dan salam sukses.

Sumber gambar : http://www.cihuii.com/wp-content/uploads/2011/01/images27.jpg dan http://i1210.photobucket.com/albums/cc401/Vianjb30/langkah_awal_sebelum_menulis_artikel.jpg

Leave a Comment