Inspirasi Bisnis

Milenial, Mau Bikin Usaha Tapi Bingung Cara Management Waktu?

tips-management-waktu

sumber gambar: Unsplash.com/Icons8 team

Waktu adalah emas, seringkali manusia masih hobi menunda pekerjaan. Menunda sama halnya dengan membuang waktu. Kalau kamu ingin sukses, tentu perlu belajar management waktu. Apalagi jika kamu merasa management waktumu masih buruk. Maka, kamu sangat beruntung menemukan pembahasan ini. Kami akan memberikan jurus jitu supaya kamu bisa mengatur waktu dengan baik.

Jurus Jitu Mengatur Waktu Bagi Milenial

mengatur-waktu

sumber gambar: Unsplash.com/Markus Spiske

Milenial banyak kerjaan, tapi seringkali masih keteteran. Sebenarnya nggak ada yang nggak bisa dilakukan milenial selama ada kemauan. Nah, berikut ini jurus jitu biar kamu bisa beraktivitas lebih efektif dan nggak terkesan menyia-nyiakan waktu.

1. Jangan pernah menunda

Masih hobi menunda? Menganggap segala sesuatu bisa dikerjakan nanti? Satu kali mengundur karena alasan belum mood atau bahkan menganggap sepele, itu akan mengacaukan semua rencana yang kamu buat. Kalau bisa dikerjakan sekarang kenapa tidak segera saja? Nanti waktu yang tersisa bisa digunakan sesuai kebutuhan. Daripada jadi deadliner, lebih baik melaksanakan sesuatu sesuai dengan time table alias jadwal. Kalau kita sudah membuat jadwal, sebisa mungkin patuhi jadwal tersebut. Disiplin waktu adalah salah satu ciri orang sukses. Kamu juga mau jadi orang sukses kan?

2. Harus menentukan prioritas

Kalau kamu merasa banyak yang harus dikerjakan, kamu harus punya skala prioritas. Dengan membuat skala prioritas, kamu jadi lebih terarah untuk mengerjakan yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu. Urutan berikutnya menyusul sesuai dengan urgensi. Kalau kamu sudah mematuhi skala prioritas ini, kamu juga bisa menekan kemungkinan menunda pekerjaan karena semua sudah terjadwal. Skala prioritas juga akan membantumu meninggalkan kegiatan tidak berfaedah karena tahu ada kegiatan lain yang lebih penting! Ayo, bikin skala prioritas mulai sekarang juga!

3. Berani bilang tidak, jangan sungkan

Kalau kamu merasa mendapatkan ajakan berkegiatan yang cenderung menyita waktu dan tidak bermanfaat, sebaiknya kamu dengan tegas berani untuk menolak. Bukan bermaksud sombong atau apa, ini juga demi kebaikanmu. Orang sukses tahu caranya membagi waktu. Kalau suatu kegiatan benar-benar tidak wajib dan kamu bisa menolaknya, jangan sungkan bilang tidak.

4. Kamu harus mengestimasi lamanya kamu dalam mengerjakan sesuatu

Kalau kamu sudah tahu berapa lama durasi yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, itu akan sangat membantumu dalam management waktu. Kalau kamu biasa menyelesaikan dalam kurun satu setengah jam, itu artinya kurang lebih alokasikan waktu itu untuk suatu pekerjaan. Kamu jadi bisa lebih fokus juga. Kalau ternyata waktu yang tersisa masih ada, bisa kamu gunakan untuk istirahat sejenak. Kalau waktunya ternyata kurang, kamu bisa evaluasi lagi barangkali saat mengerjakan kamu terlalu banyak distraksi/gangguan.

5. Singkirkan berbagai gangguan yang menjadi penghambatmu

 

Apakah saat belajar atau bekerja kamu sering merasa fokusmu terbagi dengan bermain gadget? Kamu mungkin perlu menjauhkan gadget dari tubuhmu. Kalau kegiatanmu sudah selesai, barulah gunakan kembali gadget-nya. Biasanya pemandangan yang sering terlihat dari milenial adalah melakukan segala sesuatu sambil bermain media sosial. Kadang kala, waktu lebih banya tersita untuk berselancar di dunia maya ketimbang di dunia nyata mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan. Itu sangat buang-buang waktu lho! Kamu jangan sampai terlena dengan kenikmatan dunia terlalu lama ya…

6. Say no to negative thinking

Masalah terbesar yang dialami seseorang adalah ketika isi kepalanya lebih banyak keraguan dan berbagai pikiran negatif dibandingkan dengan optimisme dan pikiran positif. Mulai saat ini, sebaiknya kamu selalu memikirkan hal-hal positif karena apa yang kamu pikirkan akan berdampak pada hasil yang kamu dapatkan.

7. Tubuhmu perlu istirahat, jangan terlalu jadi workaholic

Oh iya, sebagai tips tambahan, kamu tidak perlu terlalu terpaku pada daftar kegiatan/tugas. Jika kamu terbiasa seperti itu, bisa dibilang bagus artinya kamu sudah disiplin terhadap waktu. Tapi yang perlu diingat, kamu jangan sampai lupa buat istirahat ya! Istirahat sangat penting untuk mengembalikan energimu yang telah terkuras. Kalau kamu memaksa tubuh untuk terus bekerja juga tidak baik bagi kesehatamu!

Baiklah, itu tadi adalah sedikit obat supaya kamu bisa management waktu atau mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Kalau disimpulkan, intinya kamu harus bisa memilih dan memilah kegiatan yang bermanfaat dan yang tidak. Kamu juga harus fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan alias tidak mudah terdistraksi apalagi oleh media sosial.

Apa kamu punya tips tambahan buat sesama milenial? Share yuk di kolom komentar!