Bincang Bisnis, Bisnis Plan UKM, Inspirasi Bisnis, Kemasan

Cara Memulai Bisnis Sup Jamur Kekinian Enak Bikin Nagih

mashroom

sumber gambar: Unsplash.com/Christine Siracusa

Sup jamur kedengarannya enak dan seger ya dimakan waktu lagi hujan, menghangatkan suasana. Ada banyak jenis jamur yang bisa diolah jadi makanan, eh tapi kamu jangan sampai salah makan yang beracun ya. Nah, daripada bingung mana yang boleh dan nggak boleh dimakan, kenalan dulu yuk sama jenis jamur yang boleh dimakan dan malah bagus untuk tubuh!

Jenis Jamur Yang Boleh dan Lezat Dimakan

Di antara banyaknya jenis jamur yang ada, lima jamur di bawah ini boleh dimakan kok. Kira-kira kamu sudah coba yang mana aja nih?

1. Jamur Kancing

jamur-kancing

sumber gambar: Alibaba

Namanya kancing karena bentuknya yang memang bulat seperti kancing. Warna jamur kancing ada yang putih, krem, dan cokelat muda. Teksturnya empuk dan halus. Aromanya sangat unik dan hasilnya kenyal jika dimasak. Mengandung vitamin B, mineral, dan potasium yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Jamur ini juga rendah lemak dan kalori, jadi cocok buat kamu yang lagi diet.

2. Jamur Tiram

jamur-tiram

sumber gambar: seruni.id

Sepertinya jenis jamur satu ini paling populer ya di kalangan siapapun? Bentuknya menyerupai cangkang kerang laut atau biasa dikenal dengan tiram. Mengonsumsi jamur tiram dapat meningkatkan sistem imun dan mencegah anemia lho! Dengan demikian, rutin mengonsumsi jamur tiram bisa bikin kebal dari penyakit nih.

3. Jamur Merang

jamur-merang

sumber gambar: jagapati.com

Jamur jenis ini banyak dibudidayakan di daerah dengan iklim tropis maupun subtropis. Dibandingkan jenis lainnya yang bisa dimakan, jamur ini lebih enak dan teksturnya lebih lembut. Kandungan protein, kalium, dan fosfornya juga bisa dibilang cukup tinggi sehingga baik dikonsumsi. Rendah lemak juga lho. Wujudnya yang tidak berubah setelah dimasak membuatnya dipakai untuk berbagai macam olahan seperti mie ayam jamur atau sup jamur misalnya.

4. Jamur Kuping

jamur-kuping

sumber gambar: Warta Pilihan

Merupakan salah satu kelompok jelly fungi yang memiliki tekstur jelly yang unik. Tubuhnya kenyal mirip gelatin jika dalam keadaan segar, namun saat kering berubah jadi keras. Umumnya berwarna hitam atau cokelat kehitaman, tapi ada juga yang warnanya cokelat tua. Umumnya jamur jenis ini dikeringkan terlebih dahulu sebelum diolah. Adapun manfaat dari jamur kuping bisa mengatasi darah tinggi, anemia, penyakit wasir, memperlancar buang air besar. Jika dipanaskan, lendir yang dihasilkan berkhasiat sebagai penangkal zat racun yang terbawa dalam makanan.

5. Jamur Shiitake

jamur-shiitake

sumber gambar: Fimela.com

Dari namanya saja sudah kejepang-jepangan kan? Memang, jamur jenis ini terkenal di Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok. Jamur jenis ini sering kita jumpai pada makanan oriental maupun olahan lainnya. Manfaatnya bagi kesehatan yaitu melancarkan sirkulasi darah, mengatasi gangguan hati, dan sumber energi. Bagi kamu yang mau awet muda, mengonsumsi ini juga bisa mencegah penuaan dini lho.

Oke, jangan sampai salah ya. Kalau di atas kita sudah sama-sama tahu jamur yang aman dikonsumsi, ini sedikit bocoran jamur yang nggak boleh sama sekali dimakan, meliputi: jamur supa kakabu, amanita, galerina, destroying angel, dan laktarius. Pokoknya jangan coba-coba makan yang ini karena berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian!

Berhubung judul kita adalah cara memulai bisnis sup jamur, kita intip resep bikin sup jamur enak yuk.

Resep Sup Jamur Kekinian Enak Bikin Nagih

Mau bikin makanan enak dan menyehatkan? Sup jamur jawabannya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram jamur sesuai selera, boleh satu jenis boleh kombinasi
  • 1 buah wortel
  • 2 batang daun bawang, potong
  • 3 bawang putih, cincang
  • 3 bawang merah, cincang
  • Garam, merica, dan gula secukupnya
  • 1 sdt kaldu ayam
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong-potong semua jamur dan wortel. Kemudian tumis bawang putih, bawang merah, serta daun bawang sampai mengeluarkan bau harum.
  2. Rebus air dan masukkan jamur dan wortel ke dalamnya. Setelah kurang lebih 2 menit, masukkan bumbu tumis. Tambahkan garam, gula, dan merica secukupnya.
  3. Masak sampai matang. Sajikan hangat lebih enak, apalagi ditambah dengan taburan bawang goreng. Kamu juga bisa mengombinasikan isi sup jamur dengan sayur lainnya sesuai selera.

Langkah selanjutnya kalau kamu mau menjalankan bisnis ini yaitu memikirkan packaging alias pengemasan. Kemasan yang oke bisa bikin calon konsumen tertarik untuk mencicipi sup jamurmu lho. Biar bisnis sup jamurmu naik kelas dan kekinian banget, kamu bisa pakai paper bowl.

paper-bowl-sablon

contoh paper bowl sablon

Kalau kemasanmu bisa sekeren ini, pasti konsumen juga senang dong memandanginya? Bahkan bukan nggak mungkin, konsumen akan foto terus masukin ke medsos, pamer kalau lagi makan produkmu. Bisa jadi sarana promosi gratis karena konsumenmu melakukannya dengan sukarela…

bisnis kuliner paper bowl

contoh gambar paper bowl/mangkuk kertas

Pokoknya jangan asal jualan. Kamu harus tahu pentingnya kemasan produk buat kesuksesan bisnismu.