Inspirasi Bisnis, Video UKM

Pameran UKM dan Karya Siswa Grobogan Tahun 2012

Sebanyak 62 UMKM wilayah Kabupaten Grobogan ikut serta dalam Pameran UKM dan Karya Siswa SMA/K/MA Tahun 2012. Pameran yang mengambil lokasi di GOR Simpang Lima Purwodadi tersebut, secara resmi dibuka oleh Bupati Grobogan H. Bambang Pudjiono, SH, Jumat (11/5). Menurut laporan panitia pelaksana (Bina Sarana Perekonomian Sekda Kabupaten Grobogan), pameran kali ini salah satunya bertujuan untuk menjalin sinergitas antara pelaku usaha dengan dunia pendidikan, sehingga akan dihasilkan peralatan yang mampu mempermudah dalam proses produksi dari para pelaku UMKM.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Grobogan H. Bambang Pudjiono, SH, berharap adanya pameran kali ini bisa mendukung perkembangan UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan. “Dengan adanya pameran ini saya berharap para pelaku UMKM di Kabupaten Grobogan bisa semakin berkembang, selain itu dinas-dinas terkait maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga harus berupaya mencarikan solusi permasalahan yang timbul dan dihadapi oleh UMKM,” jelasnya. Dengan mendorong pengembangan UMKM, maka secara otomatis ikut pula mendorong perekonomian di daerah semakin berkembang, sehingga masyarakat semakin sejahtera.

Bupati GroboganBesarnya potensi dan variasi produk yang bisa dikembangkan di Kabupaten Grobogan menjadi salah satu latar belakang diadakannya pameran tersebut. “Sesungguhnya produk yang ada di Grobogan sangatlah variatif, bahkan sudah dikenal masyarakat luas, akan tetapi masyarakat Grobogan sendiri justru banyak yang belum tahu jika di wilayahnya memiliki produk-produk bagus, sehingga adanya pameran ini juga bisa menjadi referensi bagi masyarakat lokal untuk tahu potensi yang ada di wilayahnya,” jelas Bapak Yudono (Kasubag Bina Sarana Perekonomian Sekda Kabupaten Grobogan).

Berbagai macam produk khas Kabupaten Grobogan yang ditampilkan dalam pameran yang berlangsung selama lima hari tersebut meliputi produk UMKM dan kreasi siswa SMA/K/MA. Untuk produk UMKM terdiri dari mebelair, batik grobogan, kerajinan/ craft, kuliner, maupun kebutuhan rumah tangga. Sementara untuk kreasi siswa SMA/K/MA, terdiri dari produk perakitan laptop, rancang busana, pompa air tanpa BBM dan tenaga listrik, desain batik, sepeda roda 4 pariwisata, serta produk daur ulang limbah.

PAMERAN UKM DAN KARYA SISWA GROBOGAN TAHUN 2012

Pada pameran yang rutin digelar tiap tiga tahun sekali itu, panitia pelaksana selalu menampilkan produk unggulan yang sedang dikembangkan di Grobogan. “Sebelumnya kami mengangkat mebel sebagai ikon pameran sekaligus produk yang sedang dikembangkan kala itu, sementara untuk tahun ini, batik tulis menjadi ikon produk yang kami angkat, karena selama kurang lebih dua tahun belakangan, batik tulis memang sedang dikembangkan di sini (Grobogan), dan sangat potensial untuk dikembangkan di semua wilayah,” imbuh Bapak Yudono.

peserta pameranBeberapa stand pameran yang ditemui tim liputan bisnisUKM berharap adanya Pameran UKM dan Karya Siswa SMA/K/MA 2012 bisa menjadi sarana efektif dalam memasarkan produk-produknya. “Paling tidak dengan adanya pameran kali ini kami bisa lebih mengembangkan kreasi produk yang kami miliki, selain itu konsumen juga bisa lebih mengenal produk kami,” ujar Ibu Isnarti selaku pemilik dari HD craft. Sementara bagi Ibu Erna Santoso, SE selaku pemilik SAN Collection (fashion & handycraft), berharap melalui pameran UKM tersebut bisa memperkenalkan desain-desain kreasi mereka, baik untuk kalangan lokal Grobogan maupun nasional.

Berbeda halnya dengan pelaku UMKM, Ibu Setyo Tri Anjari dari SMK N 2 Purwodadi berharap keikutsertaan sekolahnya dalam pameran tersebut bisa menarik para lulusan SMP untuk tidak takut masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). “Kami berharap para lulusan SMP untuk tidak takut masuk ke SMK, karena banyak anggapan dari masyarakat bahwa anak yang masuk ke SMK hanya dididik menjadi tukang saja, padahal dengan masuk ke SMK, mereka bisa memperoleh modal atau bekal ketrampilan yang cukup untuk bersaing dalam dunia kerja,” jelasnya.

Tim liputan bisnisUKM

SHARE YUK!