Aktivitas, Galeri Foto

Pelatihan Kewirausahaan Bersama YAKKUM dan BisnisUKM.com

seminar kewirausahaanMelanjutkan sukses Pelatihan Entrepreneurship/ Kewirausahaan yang sebelumnya telah diadakan oleh Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (Yakkum) di Kecamatan Lendah, kabupaten Kulon Progo. Pada tanggal 3–5 Desember 2013 yang lalu BisnisUKM.com kembali didaulat sebagai pembicara utama (narasumber) dalam pelatihan serupa selama tiga hari di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Pelatihan Kewirausahaan yang sengaja diadakan Yakkum dalam rangka pemberdayaan ekonomi penyandang disabilitas dan keluarga penyandang disabilitas di kabupaten Kulon Progo ini mengundang kembali Bapak Rakmatniwa (Trainer Bisnisukm.com) sebagai pemateri utama.

Dalam seminar wirausaha tersebut, para peserta pelatihan diajarkan tentang bagaimana caranya menyusun rencana bisnis, menentukan siapa konsumen kita, memilih produk apa yang akan dijual, mengetahui bagaimana saluran distribusinya, merencanakan strategi dan rahasia marketing, menetapkan pendapatan serta mencari tahu siapa mitra usaha yang tepat bagi mereka.

Kendati awalnya beberapa peserta masih belum mengetahui tentang bagaimana caranya menyusun rencana bisnis, namun antusiasme para peserta cukup tinggi sehingga rasa penasaran mereka memancingnya untuk bertanya langsung kepada sang narasumber.

Belajar Menyusun Rencana Bisnis

trainer bisnisukm.comSelama tiga hari berturut-turut mengikuti pelatihan kewirausahaan, di hari pertama para peserta pelatihan mendengarkan dan mencatat penjelasan mengenai apa itu bisnis (arti dan definisi bisnis) yang harus diketahui oleh para peserta sebagai calon pebisnis. “Kalau bisnis itu ya untung, kalo tidak untung itu bukan bisnis” terang Bapak Rakmatniwa di siang itu.

Usai memberikan materi bisnisnya, Bapak Rakmatniwa mendorong masing-masing kelompok peserta untuk wajib memiliki dan menyusun sebuah rencana bisnis yang akan dibahas bersama pada hari berikutnya.

Di pertemuan hari kedua, Bapak Rakmatniwa me-review kembali beberapa materi yang sudah disampaikan pada hari sebelumnya sebagai patokan peserta dalam menyusun bisnis plan. Beberapa peserta dari perwakilan kelompok kemudian dipersilahkan untuk mempresentasikan dan menjelaskan bisnis apa yang akan dilakukan.

Pada sesi ini, para peserta yang dibantu oleh sang narasumber juga sekaligus membahas dan mengupas secara detail berbagai permasalahan yang ada dan mulai menemukan solusi serta langkah nyata untuk merintis peluang bisnis yang sudah direncanakan.

pelatihan kewirausahaanDan di hari terakhir pelatihan, peserta diajarkan cara menghitung dengan cermat segala detail aktivitas usaha yang akan dijalankan sehingga nantinya dapat diketahui bisnis tersebut mendatangkan untung atau rugi. Melalui pelatihan wirausaha yang diadakan Yakkum dengan menggandeng bisnisUKM.com, para peserta yang didominasi oleh  penyandang disabilitas dan keluarga penyandang disabilitas tersebut merasa sangat terbantu dengan ilmu yang diberikan selama tiga hari berturut-turut.

“Kami mendapat berbagai ilmu terutama tentang bagaimana memulai usaha serta cara menghitung untung rugi sehingga usaha kami dapat berjalan dengan menghasilkan keuntungan” ungkap Subagyo salah seorangn peserta pelatihan. Tidak hanya itu saja, beberapa peserta mengungkapkan harapannya agar pelatihan enterpreneurship/ Kewirausahaan seperti ini akan lebih sering diadakan untuk membantu pemula dan pelaku bisnis di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo mengembangkan usahanya lebih maju lagi.