Perilaku Konsumen Yang Menentukan Perkembangan Pasar

perilaku konsumen
perilaku konsumen

Sadar atau tidak, peranan konsumen sangatlah penting dalam menentukan perkembangan pasar. Apabila produk kita disukai para konsumen, maka bisa dipastikan bila penjualannya pun bakalan laris manis di pasaran. Tak hanya rutin melakukan pembelian, konsumen pun tidak sungkan-sungkan memberikan rekomendasi yang positif kepada orang terdekat yang mereka kenal. Tidaklah heran bila sukses tidaknya strategi pemasaran sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang Anda miliki.

Nah, untuk mendapatkan respon positif dari setiap konsumen. Penting bagi Anda untuk mempelajari terlebih dahulu beberapa tipe atau perilaku konsumen yang menentukan perkembangan pasar bisnis Anda.

  • Sang Innovators

Yang dimaksudkan dengan sang inovator adalah mereka yang ingin mendapatkan produk-produk terkini dan berani membayar harga mahal untuk mendapatkan produk limited edition yang belum beredar massal di pasaran. Anda bisa memanfaatkan tipe konsumen seperti ini untuk memperkenalkan produk baru ke konsumen kelas atas, sebab biasanya sang inovator lebih mempertimbangkan kepuasan dan kualitas barang dibandingkan dengan harga jual yang Anda pasarkan (sama halnya dengan perilaku konsumen kelas atas). Mereka tidak segan-segan membayar harga yang terbilang mahal untuk mendapatkan produk terbaik Anda. Bahkan, mereka tidak ragu untuk merekomendasikan produk Anda pada orang-orang di sekitarnya bila produk yang Anda pasarkan dirasa cukup berkualitas.

  • Early Adopters

Bila sang inovator selalu ingin menjadi yang pertama, maka lain halnya dengan perilaku konsumen early adopter yang mulai tertarik menggunakan produk tertentu setelah mendapatkan rekomendasi dan melihat manfaat atau keunggulan produk tersebut. Rekomendasi bisa berdasarkan referensi dari orang terdekat atau yang lebih dikenal dengan istilah strategi pemasaran word of mouth, atau bisa juga hasil rekomendasi dari iklan media massa seperti misalnya internet, televisi, radio, media cetak, dan lain sebagainya.

  • Early Majority

Yang dimaksudkan dengan perilaku konsumen seperti ini adalah mereka yang mulai tertarik menggunakan produk-produk tertentu yang sedang booming di pasaran agar tak dianggap ketinggalan zaman. Mereka melihat manfaat produk dari pengalaman para konsumen sebelumnya (early adopters), baru kemudian tertarik untuk ikut membeli produk tersebut.

  • Late Majority

perilaku-konsumenBila kelompok konsumen early majority selalu update produk-produk terbaru, maka lain halnya dengan perilaku konsumen late majority yang mulai tertarik menggunakan sebuah produk setelah mayoritas orang menggunakannya. Biasanya perilaku konsumen seperti ini menghendaki harga produk yang sudah lebih murahm dan mempertimbangkan manfaat serta fasilitas pendukung lainnya. Mereka mengumpulkan banyak informasi dan mempertimbangkan harga produk, sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian.

  • Perilaku Konsumen Laggards

Yang terakhir adalah perilaku konsumen yang paling lamban, yaitu mereka yang membeli sebuah produk karena tidak ada alternatif lain dan kisaran harganya juga sangat murah karena produk tersebut sudah mulai ditinggalkan para konsumen. Di saat konsumen lainnya sedang berburu model terbaru yang mulai keluar di pasaran, maka kelompok konsumen Laggards lebih tertarik membeli produk lama untuk mendapatkan harga beli yang paling rendah.

Setelah mempelajari kelima tips pemasaran di atas, kini giliran Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka sesuai dengan tipe dan karakter masing-masing konsumen. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.marketing.co.id/wp-content/uploads/2012/03/perilaku_konsumen-300x200.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-St_uC_XNiCs/UFq0cML9AuI/AAAAAAAAAB8/1-XrZO_3ELM/s320/Customer+Behavior.png

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba