Pemasaran

Promosi Dengan SEO atau Beriklan Menggunakan PPC?

promosi bisnis onlineMempromosikan bisnis online ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari strategi promosi yang gratisan sampai strategi yang berbayar dapat digunakan para blogger untuk meningkatkan traffic kunjungan blog miliknya. Sehingga blog atau website yang mereka miliki menduduki posisi teratas atau minimal masuk dalam daftar top 10 pada mesin pencarian.

Dari beberapa cara yang dapat digunakan para blogger untuk mempromosikan bisnis onlinenya,  saat ini strategi promosi yang sering digunakan adalah SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click). Dua strategi tersebut banyak digunakan para blogger, karena terbukti cukup efektif  dan sangat membantu pelaku bisnis online dalam mengenalkan situs miliknya kepada masyarakat luas.

Meskipun promosi dengan SEO maupun PPC sama-sama memberikan untung besar bagi pelaku bisnis online. Namun kedua cara promosi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda, sehingga sebagian orang memilih SEO untuk mempromosikan blognya dan sebagian lainnya ada pula yang lebih memilih PPC.

Promosi dengan SEO atau beriklan menggunakan PPC? Untuk membantu Anda memilih cara promosi yang paling tepat, berikut kami informasikan beberapa keuntungan dan kekurangan yang sering ditemui para blogger, ketika mereka memilih SEO atau PPC.

SEO (Search Engine Optimization)

Yang dimaksud dengan SEO atau search engine optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis, agar situs Anda mudah diindex oleh mesin pencarian. Sehingga website atau blog tersebut memiliki tingkat kunjungan yang cukup tinggi, dan menduduki urutan teratas pada search engine (mesin pencarian).

Keuntungan menggunakan SEO

  1. Dengan menggunakan kata kunci tertentu, website atau blog Anda lebih mudah ditemukan pengunjung melalui mesin pencarian. Jadi bisa dipastikan dengan bantuan SEO, situs Anda akan berpeluang besar dikunjungi banyak orang.
  2. Menggunakan SEO sama halnya menekan biaya iklan. Sebab, ketika menggunakan SEO kita tidak membutuhkan biaya pemasangan iklan seperti halnya promosi PPC.
  3. Promosi menggunakan SEO juga memudahkan para blogger untuk memantau sejauh mana perkembangan blog mereka. Sehingga evaluasi dapat dilakukan dengan segera, dan dapat menentukan berbagai cara untuk mengoptimalkan promosi blog tersebut.
  4. Pagerank cepat naik. Semakin sering website Anda berada pada halaman pertama mesin pencarian, maka semakin besar pula peluang Anda mendapatkan banyak kunjungan. Dan tentunya pagerank website Anda juga ikut naik, seiring meningkatnya pengguna internet yang semakin loyal dengan website Anda.

Kekurangan menggunakan SEO

  1. Memeras waktu dan tenaga. Jika Anda memilih SEO, berarti Anda siap meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengerjakan semua hal teknis yang dapat mendukung SEO serta memantau perkembangan website setiap harinya.
  2. Persaingan cukup tinggi, mengingat hampir semua blogger menggunakan SEO untuk mengoptimalkan blog maupun website miliknya.
  3. Perkembangan situs yang menggunakan SEO, sangat tergantung dengan posisi mereka di search engine. Jadi, ketika posisi sebuah situs di mesin pencarian turun, maka secara otomatis kunjungannya juga akan menurun.promosi blog PPC dan SEO

Beriklan Menggunakan Pay per click (PPC)

PPC atau pay per click yaitu salah satu bentuk iklan berbayar yang biaya iklannya dihitung sesuai dengan jumlah klik yang telah dilakukan para pengunjungnya. Biasanya cara ini sering dilakukan para penyelenggara maupun pelaku bisnis affiliate.

Keuntungan memilih PPC

  1. Traffic kunjungan meningkat dengan pesat. Menggunakan sistem promosi PPC, sangat membantu para blogger untuk mendatangkan kunjungan dengan sangat cepat. Sehingga peningkatan traffic blog juga sangat pesat.
  2. Menghasilkan pendapatan lebih cepat dibandingkan dengan promosi SEO. Sudah banyak penyelenggara maupun pelaku affiliate, yang mendapatkan omset sangat cepat dengan menggunakan sistem PPC.
  3. Biaya iklan dapat Anda sesuaikan dengan anggaran. Sebagai pemula dengan modal terbatas, Anda tidak perlu takut. Karena biaya iklan yang dikeluarkan dapat dikontrol, sesuai dengan dana yang Anda miliki.
  4. Lebih efisien. Dibandingkan SEO yang membutuhkan waktu dan tenaga untuk mengurus segala hal teknisnya, promosi dengan PPC hanya mewajibkan Anda untuk mencari space iklan yang strategis. Dan selanjutnya Anda tinggal mengawasi iklan-iklan yang telah Anda pasang.

Kekurangan memilih PPC

  1. Membutuhkan biaya untuk pasang iklan. Meskipun omset yang dihasilkan cukup besar, namun sistem PPC juga membutuhkan biaya iklan yang besarnya sesuai dengan jumlah klik yang dilakukan para pengunjung. Jadi bagi Anda yang bermodal minim, sesuaikan pemasangan iklan yang Anda lakukan dengan besarnya dana yang Anda miliki.
  2. Mencari space iklan yang strategis tidaklah mudah. Agar iklan Anda diketahui banyak orang, sebaiknya pasang pada website atau blog yang memiliki tingkat kunjungan cukup tinggi. Atau bisa juga memanfaatkan space iklan pada blog yang sedang bertumbuh, dengan syarat iklan yang Anda pasang cukup menarik para konsumen. Sehingga dimanapun iklan Anda dipasang, dapat mendatangkan kunjungan yang cukup tinggi.
  3. Saat ini persaingan iklan di internet sudah cukup padat, karenanya sebisa mungkin buatlah desain iklan yang menarik. Agar iklan yang Anda pasang mendapatkan perhatian dari konsumen, dan tidak tenggelam di tengah persaingan iklan lain.

Setelah membahas keuntungan dan kekurangan yang dimiliki dua cara promosi tersebut, diharapkan para pembaca yang tertarik menekuni berbagai peluang bisnis di internet, dapat menentukan strategi manakah yang paling tepat dengan bisnis yang akan mereka jalankan. Karena cara promosi yang Anda pilih, menentukan kesuksesan bisnis yang Anda jalankan. Selamat mencoba dan salam sukses!

Sumber gambar : http://www.getfollow.com/wp-content/uploads/2010/10/Google-SEO-Tips.jpg dan http://4.bp.blogspot.com/_jSw9BmImhAw/S-SdRmK7MTI/AAAAAAAAA5Y/n-0kU7d77Kk/s1600/seo-ppc-political-marketing.jpg

SHARE YUK!