Masih Ragu Jualan Online? Pembeli Online Indonesia Sebanyak Ini Lho

Pembeli Online Indonesia Sebanyak Ini Lho
E-commerce Indonesia kini sudah mencapai 24,7 juta orang dengan rata-rata pengakses internet mencapai 132,7 juta orang. (Foto : www.cnnindonesia.com)

Di era modern yang mana kemajuan teknologi semakin canggih memberikan kemudahan dalam berbagai hal termasuk dalam hal belanja. Dengan kemajuan teknologi kini masyarakat bisa menikmati berbagai fasilitas. Salah satunya bisa belanja tanpa harus susah payah antri dan berdesakan mendatangi toko. Cukup memesan barang yang diinginkan di market place dan lain sebagainya kamu sudah bisa mendapatkan baju ataupun sepatu yang kamu inginkan.

Tanpa ribet dan tanpa menunggu waktu yang lama dengan berbelanja online kamu bisa mendapatkan apapun yang kamu inginkan tanpa ada batasan waktu, tenaga dan dinilai cukup efisien. Dan seiring dengan bertambahnya kalangan masyarakat kelas menengah, ternyata Indonesia siap menjadi hotspot e-commerce untuk kawasan Asia Tenggara.

Potensi Jualan Online

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan data Waresocial pada tahun 2017 lalu jumlah pembeli online yang melakukan transaksi melalui e-commerce Indonesia kini sudah mencapai 24,7 juta orang dengan rata-rata pengakses internet mencapai 132,7 juta orang. Melihat jumlah tersebut, diperkirakan akan terus naik setiap tahunnya. Nah apa kamu masih juga ragu jualan online? Bukankah itu adalah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin?

Potensi itulah yang menobatkan Indonesia sebagai satu negara dengan populasi digital terbesar di Asia. Bahkan total nilai pasar e-commerce Indonesia sekarang ini mencapai 5,6 miliar dolar AS dengan rata-rata transaksi pembelian setiap orang mencapai 228 dolar AS per tahun. Sungguh menakjubkan bukan?

Apalagi sekarang ini pengguna internet di Indonesia mulai beralih dari yang dulunya membuka lewat dekstop, kini kebanyakan pembeli di negara kita mengakses internet dengan perangkat seluler. Tidak jarang mereka melakukan transaksi pembelian juga via mobile atau smartphone.

Head of Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama mengatakan, konsumen terbesar dari pasar digital adalah generasi milenial. Data yang dihimpun Blibli.com menyebutkan 63% kaum muda sudah terbiasa melakukan transaksi secara online. “Secara keseluruhan, 42% orang Indonesia pernah membeli barang secara online. Saat ini sektor bisnis mengarah ke era digital,” ungkapnya dikutip dari gatra.com.

Namun, di tengah perkembangan tersebut, bisnis digital di Indonesia juga menghadapi banyak tantangan. Budaya beli masyarakat kita yang belum teredukasi dengan benar untuk bertransaksi secara online, terkadang membuat sejumlah pengusaha masih enggan beralih ke e-commerce. Mengapa begitu? Nah berikut penjelasanya.

Tidak hanya dari segi konsumen yang masih belum begitu percaya dengan transaksi online, para pelaku usaha pun masih banyak yang belum memahami betul mekanisme bisnis digital. sehingga banyak yang masih ragu untuk beralih dari pasar offline ke digital. Lalu bagaimana nih tips memulai jualan online? simak beberapa tips berikut ini agar kamu semakin yakin terjun dalam bisnis online ini.

Tips Memulai Jualan Online

Miliki Mindset Yang Benar

Ketika kamu memutusakan untuk jualan online maka yang pertama adalah membenahi cara pikir bahwa kamu sedang membangun sebuah bisnis, yang artinya kamu akan membangun sebuah aset yang nantinya aset tersebut yang akan bekerja untuk kamu.

Cobalah untuk selalu berfikir positif, yakin dan pantang menyerah. Beberapa hal sebelum memulai jualan online pun harus diperhatikan salah sataunya yakni memikirkan modal usaha yang dibutuhkan, produk yang akan dijual, pangsa pasar yang menjadi target, strategi pemasaran, trend bisnis yang sedang berkembang.

Mulailah Berjualan Online

Selanjutnya pikirkan dengan betul – betul produk apa yang akan kamu jual belikan pada toko onlinemu. Lalu dari mana kamu bisa tahu apakah produk yang kamu jual tepat sasaran dan sesuai dengan yang diinginkan oleh lingkungan sekitar? nah ini yang akan kita bahas berikut ini.

Cara yang bisa kamu lakukan dengan melakukan survey atau penelitian mengenai produk apa yang sedang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar. Kemudian kamu sebagai pemberi solusi bagi permasalah yang ada disekitar. Jika sudah maka segerakan untuk melakukan riset produk dan usahakan cari produk yang cepat laku dan perputarannya cukup cepat.

Buat Website atau Marketplace

Tahapan selanjutnya yang harus kamu lakukan yakni membuat website atau marketplace. Nah marketplace ini yang nantinya di.jadikan tempat atau lapak untuk menjual berbagai produkmu. Keuntungan dengan memiliki website maupun marketplace kamu tidka perlu susah – susah untuk membuat toko offline atau bangunan fisik.

Untuk membuat sebuah website ada beberapa pilihan website gratis maupun berbayar, namun untuk yang memiliki keterbatasan modal bisnis bisa menggunakan marketplace seperti toko pedia, shopee, buka lapak, OLX dan lain sebagainya. Biasanya untuk marketplace tersedia gratis.

Membuat Akun Sosial Media Untuk Promosi

Langkah berikutnya setelah produk dan wadah yang digunakan untuk berjualan sudah siap. Maka selanjutnya dengan membuat akun sosial media untuk mempromosikan kepada masyarakat. Beberapa akun sosial media seperti facebook, instagram dan lain sebagainya sebagai penunjang untuk mengenalkan produk agar jangkuannya menjadi lebih luas. Terlebih masyarakat kini lebih cepat responnya dibandingkan melalui media lainnya. Hal ini karena masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di akun sosmed tersebut dibandingkan lainnya.

Sediakan Akun Untuk Komunikasi

Untuk memudahkan komunikasi antara penjual dengan pembeli maka sediakan akun line, whatsapp ataupun telegram. Dengan adanya beberapa media komunikasi tersebut akan memudahkan untuk berkomunikasi lebih jelas, intensif dan lebih privat dibandingkan melalui komentar pada akun sosmed. Dan yang pastinya akan memudahkan dalam menindaklanjuti proses pembelian dan transaksi.

5 tips memulai jualan online tersebut bisa kamu gunakan sebagai bekal untuk memulai sebuah bisnis toko online. Sekian ulasan seputar jualan online dan tips dan trik yang bisa kamu contoh. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Semoga dapat memberikan inspirasi dan dapat menemukan berbagai ide – ide menarik lainnya.

Nah gimana nih sekarang setelah melihat potensi pasarnya sangat besar, apa kamu masih juga ragu mulai jualan online? Segeralah melangkah agar bisnismu tak sampai kalah dan keduluan dengan kompetitormu.

Untuk yang ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi, ide – ide bisnis menarik, tips memulai bisnis dari nol, cara memulai bisnis, strategi pemasaran, peluang bisnis, video liputan, bisnis online dan masih banyak lainnya lagi, bisa cek di bisnisukm.com. Kamu bisa menemukan berbagai jenis artikel bisnis yang nantinya akan membantu kamu untuk membangun sebuah bisnis.

Jika ingin mendapatakan inspirasi lainnya bisa cek juga di video liputan bisniskuliner.id, sedikitnya ada 242 video liputan bisnis dari pengusaha sukses yang membagikan kisahnya bagaimana membangun bisnis dari nol, pemasaran yang digunakan, memulai bisnis, produksi, resep, strategi pemasaran yang digunakan, cara memilih lokasi bisnis, pengembangan bisnis, manajemen SDM, dan bagaimana mengatur keuangan bisnis. Lengkap selengkap – lengkapnya, vsetidaknya ada 50 lebih pengusaha sukses yang telah berhasil diliput dan membagikan kisah inspiratifnya kepada kamu.

Cukup sekian dan terima kasih, maju terus UKM Indonesia. Salam sukses !

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba