Strategi Pemasaran Gratis di Dunia Maya

Pemasaran gratisSampai saat ini masih banyak pelaku UKM yang beranggapan bahwa untuk melakukan promosi online harus membutuhkan banyak biaya dan sumber daya manusia yang terlatih. Padahal anggapan tersebut salah karena pada kenyataannya banyak kegiatan promosi online yang murah meriah atau bahkan tidak membutuhkan biaya sama sekali alias gratisan.

Namun, meskipun Anda sudah memiliki lapak online untuk promosi di dunia maya, bukan berarti Anda tinggal duduk manis dan menunggu situs Anda muncul pada halaman pertama mesin pencarian Google. Situs Anda tetap membutuhkan strategi pemasaran untuk bisa muncul di mesin pencarian seperti Google.

Berikut adalah strategi pemasaran online yang dapat Anda jalankan tanpa menghabiskan banyak biaya.

Strategi Pemasaran SEO

  1. Jangan menggunakan menu-menu image link dan Javascript karena mesin pencarian tidak dapat membaca Javascript. Sebaiknya pebisnis menggunakan HTML yang sederhana untuk situs bisnisnya.
  2. Masukkanlah konten yang berkualitas. Blog situs milik Anda harus ditulis secara baik termasuk link dan juga informasi yang berkualitas. Konten yang dituliskan dengan baik pastinya akan memberikan hasil pada traffic.
  3. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan kata kunci. Penggunaan kata kunci secara berlebihan tidak akan membantu menghasilkan traffic. Gunakanlah kata kunci yang unik dan fokus pada tittle tag serta gunakanlah kata kunci dalam teks dengan sewajarnya saja.
  4. Blog tamu. Carilah situs lain yang sejenis dengan situs milik Anda. Tanyakan pada pemilik situs lain tersebut, apakah Anda bisa menulis pada situsnya sebagai guest post dan kemudian memberikan back link ke situs Anda.
  5. Konten harus selalu baru. Situs Anda membutuhkan blog walaupun Anda hanya menjual produk vacuum cleaner. Mesin pencari akan mencari konten-konten yang baru sehingga Anda harus sering-sering memperbaharui konten blog Anda.

Strategi Pemasaran Pelanggan

  1. Adakan kontes. Jika Anda mempunyai hadiah yang dapat diberikan pada konsumen, Anda bisa mengadakan kontes untuk meningkatkan visibility dan traffic situs Anda.
  2. Bagikanlah hadiah. Bagikan produk Anda sebagai hadiah untuk pengunjung situs Anda dengan kategori tertentu. Dengan begitu maka Anda sedang membangun brand recognition dan memancing para pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual.
  3. Personalisasi email. Untuk menjaga para pelanggan agar tertarik dengan produk Anda, blog pemasaran online TopRank menyarankan adanya personalisasi komunikasi. Amati bagaimana sikap para pelanggan dan buatlah profil berdasarkan pada hasil pengamatan tersebut. Setelah itu, Anda bisa mulai mengirimkan email yang khusus didedikasikan untuk para pelanggan.
  4. Sosial Media. Buatlah akun di berbagai sosial media seperti LinkedIn, Twitter, Google+ dan Facebook untuk berkomunikasi dengan pelanggan, menjawab pertanyaan dari pelanggan dengan cepat dan menciptakan sebuah brand recognition.
  5. Buatlah brand advocates. Salah satu cara untuk mempromosikan bisnis skala kecil Anda adalah dengan cara pemasaran word of mouth. Jika para pelanggan mengatakan sesuatu yang baik tentang bisnis Anda, maka cara tersebut bisa menarik teman-teman dan juga keluarga mereka untuk ikut membeli produk Anda. Penting bagi pebisnis untuk mengidentifikasi pelanggan yang terbaik dan meminta mereka untuk memberikan testimoni secara tertulis maupun video.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sumber gambar : https://fitnesssample.cloudlgs.com/members/fitnesssample/index/thumbnail_1386197806.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba