Pentingnya Fokus Pada Satu Bidang Bisnis

Fokus bisnisMungkin Anda yang sedang membaca artikel ini beranggapan bahwa memiliki banyak bisnis dengan bidang yang berbeda-beda bisa dikatakan sebagai pengusaha sukses. Namun ternyata kondisi tersebut tidak sepenuhnya benar. Tentu ada banyak alasan mengapa kita harus fokus terlebih dahulu terhadap satu bidang bisnis saja.

Di era seperti sekarang ini, menentukan bisnis yang cocok memang gampang-gampang susah. Apalagi jika bisnis tersebut adalah bisnis yang murni dimulai dari awal. Yuk, simak artikel saya berikut ini. Kali ini saya akan berbagi informasi kepada Anda tentang Pentingnya fokus pada satu bidang bisnis.

Pertama, waktu efektif. Dalam membangun sebuah bisnis memang diperlukan suatu perencanaan yang matang, perencanaan yang sudah dipikirkan terkait waktu, sistem, teknik dan segmentasi pasarnya. Dengan fokus pada satu bidang bisnis, kita akan sepenuhnya berfikir terhadap pengembangan bisnis tersebut. Lain halnya jika kita memiliki banyak bidang bisnis lainnya, mungkin saja dengan banyak bisnis tersebut, banyak waktu yang terbuang sia-sia dan bisa saja kita kehilangan banyak uang. Untuk mengembangkan sebuah bisnis kita harus fokus terlebih dahulu terhadap waktu, lakukan secara total bisnis yang sudah dipilih tersebut. Semakin banyak bidang bisnis yang dijalani, akan semakin banyak juga biaya yang diperlukan.

Kedua, untuk pengembangan. Dalam menjalankan bisnis, tentu ada fase dimana bisnis tersebut mengalami pengembangan, setelah melalui fase introduction (perkenalan). Dengan fokus pada satu bidang bisnis, kita akan sangat total dalam meningkatkan nilai dari bisnis yang kita jalani. Banyak hal yang bisa kita lakukan ketika kita fokus pada satu bidang bisnis. Dengan beragam hal yang kita lakukan tersebut, sangat berpengaruh sekali terhadap value dari bisnis yang kita jalankan. Beda halnya ketika kita memiliki bidang bisnis yang variatif dengan kerumitan yang berbeda-beda, bisa-bisa bisnis yang awalnya kita fokus justru terbengkalai.

Ketiga, agar pasar tidak bingung. Banyak bisnis yang bermunculan setiap harinya, dengan gaya pemasaran yang berbeda-beda pula. Namun, dari banyak bisnis tersebut justru mencampuradukan bidang bisnis dalam satu brand. Alhasil, pasarpun kebingungan tentang image dari brand tersebut. Untuk itulah, Anda harus jeli memilih bisnis pilihan lainnya yang masih berkaitan terhadap bisnis utama yang sedang dijalani. Jangan sampai pasar bingung dengan brand yang kita miliki

Keempat, boleh memiliki bidang lain namun masih berkaitan. Jika Anda sudah memiliki bisnis yang sudah memiliki pondasi dan sistem yang memadai. Tidak ada aturan baku yang melarang Anda untuk membuka bisnis lainnya yang juga menunjang bisnis yang sedang Anda jalani saat ini. Pastikan bahwa bisnis utama yang Anda jalani sudah stabil. Pastikan cash flow dan system dari bisnis yang jadi pilihan lainnya bisa berjalan tanpa mengganggu bisnis utama yang sedang dijalani.

Terimakasih sudah membaca artikel tips bisnis dari saya, ini akan menjadi referensi untuk semua pengunjung bisnisUKM.com yang sedang merundingkan tentang bidang bisnis yang akan atau sedang dijalani saat ini. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses

Sumber gambar : http://thevasilis.com/wp-content/uploads/2015/04/focus-in-business.jpg

5 thoughts on “Pentingnya Fokus Pada Satu Bidang Bisnis”

  1. Betul sekali yang ditulis bapak muhhamad fuady. Saya sendiripun merasakan hasilnya jika fokus disatu bidang akan mempengaruhi usaha kita. Pengalaman saya pribadi dulunya mencoba berbagai bidang usaha. Dari bisnis jualan , bisnis jasa, bisnis waralaba semuanya tidak optimal. Setelah memutuskan untuk fokus di bidang internet marketing alhamdulillah hasilnya luar biasa. Dan alhamdulillah sekarang saya lebih fokus lagi untuk mengelola website online store saya.

    Reply
    • Halo mas Ari, terima kasih sudah memberikan pengalamannya juga. Untuk saat ini memang banyak start up yang ingin langsung menjalankan banyak bisnis. Pada akhirnya mereka kewalahan. Semoga artikel dari saya bisa menjadi referensi. Salam kenal pak dari saya :)

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba