Bisnis Toko Online pun Perlu Strategi Pemasaran Ampuh

Sekarang ini bisnis toko online terus bermunculan seiring dengan meningkatnya pengguna internet. Bisnis online menjadi trend dan semakin meluas dewasa ini. Tentu hal ini menjadi peluang bisnis yang tidak disia-siakan oleh masyarakat luas.

Banyak dari mereka yang memanfaatkan momen ini untuk membuat toko online maupun semakin mengembangkan bisnis toko online yang sudah dibangun sebelumnya. Bisnis toko online dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan karyawan, mahasiswa, atau ibu rumah tangga karena keuntungannya sangat menjanjikan.

Bisnis-Toko-Online-pun-Perlu-Strategi-Pemasaran-Ampuh

Strategi Pemasaran Bisnis Toko Online

Kemajuan teknologi yang semakin modern pun turut memberikan banyak manfaat bagi para pemula maupun pelaku bisnis online. Salah satunya dalam mendukung strategi pemasaran untuk menjalankan bisnis online. Strategi pemasaran melalui internet dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar.

Masyarakat di seluruh penjuru dunia dapat mengenal produk yang dijual di toko online Anda, tanpa harus terjun secara langsung ke daerah. Strategi pemasaran melalui internet perlu dioptimasi dengan tepat agar bisnis toko online Anda bisa dikenal dan ditemukan oleh banyak orang.

Strategi Pemasaran Bisnis Toko Online

Berikut beberapa strategi pemasaran yang diperlukan oleh pelaku bisnis sebagai senjata ampuh dalam menjalankan bisnis toko online mereka.

Strategi Pemasaran Dengan Website atau Blog

Melalui website toko online atau blog, Anda dapat membuat bisnis toko online seakan-akan dibuka selama 24 jam. Hal penting yang perlu Anda perhatikan dari sebuah website toko online adalah kemampuan dalam menjelaskan secara jelas tentang produk yang dijual.

Selain itu, para pelaku bisnis toko online juga harus mengunggah foto dengan kualitas bagus untuk menarik para konsumen sehingga mereka tidak ragu melakukan transaksi pembelian. Jangan lupa juga untuk mencantumkan sebuah konten atau deskripsi produk sebagai informasi yang bermanfaat bagi pengunjung, sehingga mereka tidak enggan berlama-lama di website Anda dan kembali lagi untuk mengunjunginya.

Strategi Pemasaran Dengan Mengoptimasi Website Toko Online

Sebagian besar pengguna internet mencari suatu informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo dan lain sebagainya sesuai dengan kata kunci yang mereka cari atau inginkan. Buat keywoard atau kata kunci yang paling sering dicari oleh para pengguna google.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan hal tersebut dengan berusaha menjadikan website toko online Anda berada di halaman depan atau di posisi terbaik search engine sehingga potensi pembelian di toko online Anda akan lebih besar. Anda bisa mempelajarinya dengan membaca artikel maupun buku yang khusus membahas mengenai SEO untuk bisnis toko online.

Memanfaatkan Sosial Media

Jejaring sosial atau sosial media merupakan salah satu media yang sangat bagus dan efektif untuk mempromosikan produk toko online Anda. Mengapa demikian? Karena, sekarang ini sebagian besar dari para pengguna internet sudah memiliki akun sosial media seperti twitter, facebook dan lain sebagainya. Sehingga banyak dari para pelaku bisnis yang memanfaatkan situs sosial media tersebut untuk melakukan promosi produk.

E-mail Marketing

Selain menggunakan sosial media dan website toko online sebagai strategi pemasaran bisnis, para pelaku bisnis juga bisa memanfaatkan email marketing untuk melakukan promosi produk. Cara menginformasikan produk terbaru toko online Anda kepada calon pembeli melalui e-mail dirasa akan lebih tertarget, lebih mudah dan tentunya mengeluarkan biaya yang lebih murah.

Komunitas Atau Forum

Pelaku bisnis toko online dapat menggunakan grup BBM (Blackberry Messenger) sebagai media untuk memasang foto produk. Anda pun harus memberi deskripsi produk secara singkat sehingga informasi mengenai produk yang Anda jual akan lebih cepat dikenal orang dan bisa meningkatkan penjualan toko online Anda.

Promosi Produk Melalui Iklan Gratis

Iklan gratis sudah banyak tersedia di internet sehingga para pelaku bisnis toko online tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mempromosikan produk. Caranya mudah, pelaku bisnis cukup melakukan registrasi ke situs iklan lalu membuat iklan produk.

Tambahkan Konten Yang Menarik

Untuk membuat bisnis onlinemu semakin ramai pelanggan dan konsumen tertarik dengan produkmu maka perlu adanya konten. Buatlah konten menarik untuk menarik pra pelanggan agar mengikuti toko online dan tertarik dengan produk yang Anda jual. Anda perlu menyiapkan konten yang menarik dan kreatif. Bisa membuat konten tulisan menarik, baik tulisan maupun video maupun gambar.

Maksimalkan Jaringan dan Relasi

Dalam menjalankan sebuah bisnis melebarkan jaringan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dengan adanya relasi dan jaringan yang baik maka Anda bisa memasarkan barang dalam jangkauan yang lebih luas. Maka perlu sekali menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan para relasi. Hingga pada akhirnya banyak kesempatan untuk mendapatkan klien yang tertarik dengan produkmu akan semakin banyak.

Platfrom Understanding

Menjadi seorang pebisnis.memang harus up to date yang artinya harus melek dengan perkembangan zaman, perkembangan trend yang sedang terjadi. Maka Anda juga harus fleksibel dan mengikuti media apa yang sedang digunakan oleh para masyarakat. Anda tidak bisa menggunakan pola pikir yang kaku. Harus selalu mengikuti perkembangan trend, apalagi sekarang ini media sosial peranannya sangat penting untuk pemasaran dalam dunia bisnis.

Manfaatkan Facebook Untuk Memasang Iklan

Meskipun banyak sekali sosial media yang digunakan untuk memasarkan produk namun nyatanya facebook masih menjadi salah satu sosial media yang paling banyak digunakan. Pengguna facebook yang cukup banyak dari berbagai kalangan usia menjadikan peluang yang sangat potensial. Maka jangan sekali – kali meremehkan pemasaran iklan dengan menggunakan facebook ini.

Semoga informasi mengenai strategi pemasaran bisnis toko online di atas dapat membantu mengoptimalkan toko online Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses, Salam sukses untuk kita semua.

Sumber Gambar: http://www.roundpulse.com/wp-content/uploads/2013/07/promote_your_business.jpg

4 thoughts on “Bisnis Toko Online pun Perlu Strategi Pemasaran Ampuh”

  1. bisnis online memang menjanjikan. biasanya untuk bisnis online sangat berkaitan dengan yang namanya ekspedisi. disitulah partner kita untuk bisnis online. tapi untuk ekspedisi dengan harga terjangkau murah biasanya didapat dikota-kota besar saja. adapun untuk wilayah luar kota atau sebut saja tingkat kecamatan pastinya harganya ekspedisi lebih mahal. contoh saja toko OL di kota propinsi A mengirim ke sebuah daerah kecamatan B harga /kg Rp8000 sampai ke lokasi B, sedangkan biaya kirim paketan dari lokasi B menuju ke A justru lebih mahal menjadi 12000/kg. Sedangkan kita memiliki barang sama dan harga yang sama, secara otomatis harga jual lebih mahal di wilayah B dibandingkan diwilayah A. jadi solusinya jika anda menjalankan bisnis OL untuk wilayah yang luar kota dipertimbangkan dahulu. untuk bisnis ol untuk wilayah luar kota buatlah produk yang sebagai maskot wilayah anda sendiri dan tentunya pengirimnya harus dalam jumlah yang besar, maka anda tidak rugi dalam berbisnis.

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Sebelum mempersiapkan barang dan fasilitas yang dibutuhkan, ada baiknya bila Bapak Asnanudin menentukan terlebih dahulu ide bisnis yang akan dijalankan. Hal ini penting agar fasilitas dan barang yang dipersiapkan bisa disesuaikan dengan konsep bisnis yang akan diusung. Kalau boleh tahu kira-kira ide bisnis apa yang ingin Bapak jalankan? Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba