Strategi Promosi Melalui Program CSR

corporate social responsibilityCorporate Sosial Responsibility (CSR) merupakan sebuah konsep atau strategi yang digunakan suatu perusahaan, agar bisnisnya bisa tetap tumbuh dan berkembang di tengah lingkungan masyarakat. Biasanya program CSR diselenggarakan oleh para pengusaha sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap lingkungan sekitar, sehingga tidak jarang kegiatan tersebut menjadi salah satu ajang untuk memberikan kontribusi tersendiri bagi lingkungan sosial atau masyarakat sekitar dimana perusahaan tersebut berada.

Misalnya saja dengan melakukan kegiatan sosial yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, memberikan beasiswa bagi anak bangsa yang kurang mampu, membangun fasilitas umum untuk perbaikan lingkungan, mengadakan pengobatan gratis bagi masyarakat umum, memberikan bantuan bagi korban bencana alam, memberikan fasilitas mudik gratis di event lebaran, menciptakan produk yang ramah lingkungan, serta sederet kegiatan sosial lainnya yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat  maupun lingkungan sekitar perusahaan.

Saat ini kegiatan CSR marak dijalankan perusahaan-perusahaan yang telah berkembang besar untuk meningkatkan penghargaannya terhadap masyarakat, dan secara tidak langsung juga membangun investasi keuntungan tersendiri bagi perusahaan kedepannya. Mengapa dikatakan investasi keuntungan? Karena melalui kegiatan CSR, seorang pengusaha bisa mempromosikan perusahaannya kepada masyarakat luas dan membangun brand image yang cukup kuat sehingga para calon konsumen bisa semakin dekat dengan perusahaan tersebut dan loyalitas pelanggan pun dipastikan juga akan mulai terjaga.

Meskipun banyak manfaat serta keuntungan yang bisa didapatkan para pelaku usaha dengan menjalankan Corporate Sosial Responsibility, namun tak dapat dipungkiri bahwa sampai hari ini masih banyak kendala serta hambatan yang sering menggagalkan program CSR tersebut. Sehingga kasus-kasus bentrok antara pihak perusahaan dengan warga sekitar lokasi usaha pun masih sering kita temukan di Indonesia. Lalu, apa yang salah dengan strategi CSR yang dijalankan?

Ada tiga penyebab kegagalan program CSR, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Program yang dilaksanakan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakatpemasaran

Selama ini kasus yang memicu bentrokan antara warga dengan pihak perusahaan adalah ketidakpuasan warga karena mereka tidak dilibatkan langsung dalam kegiatan perusahaan. Mereka membutuhkan lapangan pekerjaan, sedangkan pihak perusahaan tidak memberikan kesempatan bagi warga sekitar untuk bekerja di perusahaan tersebut. Contoh kasus seperti inilah yang wajib kita pelajari, sehingga sebelum menjalankan program CSR, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kebutuhan warga sekitar dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi.

2. Program dilaksanakan dengan rencana yang kurang matang

Penyebab kegagalan CSR yang kedua adalah kurangnya persiapan program, sehingga masyarakat sekitar atau pihak calon konsumen kurang puas dengan kegiatan yang diselenggarakan. Hal ini tentunya menjadi catatan hitam bagi sebuah perusahaan, mengingat kegagalan CSR akan menjadikan citra perusahaan dipandang buruk dimata masyarakat sekitar dan kemungkinan besar mereka tidak respect lagi dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Karenanya, sebelum menyelenggarakan program CSR, persiapkan semuanya dengan matang dan bila perlu libatkan para karyawan serta masyarakat sekitar sebagai panitia dalam kegiatan tersebut.

3. Perusahaan lebih mementingkan profit

Nah, penyebab kegagalan yang paling sering terjadi adalah perusahaan hanya mementingkan profit yang didapatkan sehingga kegiatan yang diselenggarakan kurang optimal dan tidak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Faktor inilah yang perlu Anda hindari, agar program yang diselenggarakan benar-benar berjalan sesuai dengan tujuan dan memberikan dampak positif, baik untuk perusahaan kedepannya maupun untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Dengan memanfaatkan strategi promosi melalui program CSR, diharapkan para pelaku usaha bisa mengambil hati para konsumen sehingga kedepannya bisa tercipta reputasi perusahaan yang baik dan menjadi alternatif tepat bagi mereka untuk membangun loyalitas konsumennya. Semoga informasi pemasaran bisnis untuk pekan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, berikan manfaat bagi masyarakat di sekitar Anda dan dapatkan nilai tambah bagi perusahaan Anda kedepannya. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.

Sumber gambar : http://www.108csr.com/uploads/0928-csrnews-csr%20lagi.jpg dan http://1.bp.blogspot.com/_8ZWDYpnicGQ/TOObg_rQZEI/AAAAAAAAAC8/zFYasK7OgWU/s1600/Marketing_Ch1_Pt1_Marketing_Philosophy.jpg