Sukses Berbisnis Tepung Bumbu Qreezpy Tanpa MSG

SUKSES BERBISNIS TEPUNG BUMBU QREEZPY TANPA MSG

Renyahnya peluang bisnis gorengan memang seakan tak pernah redam dimakan zaman. Dari waktu ke waktu, aneka macam gorengan semakin diminati para konsumen. Sehingga tidak heran bila beragam jenis tepung bumbu instan kini mulai bermunculan untuk memenuhi kebutuhan pelaku bisnis gorengan di penjuru nusantara.

Seperti kita ketahui bersama, kehadiran tepung bumbu instant cukup membantu para pelaku bisnis gorengan untuk memproduksi beragam jenis makanan ringan dengan tekstur yang lebih renyah dan cita rasa yang cenderung lebih gurih. Namun, apakah kita menyadari bahwa berbagai macam jenis dan merek bumbu instant yang beredar di pasaran kebanyakan menggunakan MSG sebagai penguat rasa?

Kandungan MSG di dalamnya tentu memberikan efek negatif bagi kesehatan para konsumen bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kondisi inilah yang kemudian mendorong Ronni Arianto W, STP untuk mulai memproduksi aneka tepung bumbu instant yang 100% tidak menggunakan MSG sebagai penguat rasa.

Dibawah bendera perusahaannya yang bernama Rizqiyya Food, Ronni sengaja mengangkat tepung bumbu Qreezpy sebagai brand produk tepung bumbu instant tanpa MSG. Ketika ditemui tim bisnisUKM di lokasi produksinya pada Kamis (7/3) yang lalu, Roni mengaku bahwa bisnisnya dimulai secara mandiri. “Saya mengawalinya pada tahun 2009 silam secara mandiri dengan peralatan yang sederhana,” kenang Ronni.

tepung bumbu
tepung bumbu

Sesuai dengan namanya, tepung bumbu Qreezpy produksi Rizqiyya Food memiliki tekstur yang krispy dan juga menggunakan bahan-bahan rempah sebagai penguat rasa alami pengganti MSG. “Saya mempunyai resep sendiri, awalnya cukup sulit menyesuaikan cita rasa yang sesuai dengan selera konsumen, namun sebagai pembeda kita mencoba memperkenalkan tepung bumbu Qreezpy sebagai produk non MSG,” terang bapak lima anak ini.

Ketika tim bisnisUKM berkesempatan mengunjungi pabrik Rizqiyya Food yang beralamat di jalan Pleret, Bintaran, Jambidan, Bangutapan, Bantul, Roni menceritakan bahwa respon konsumen tentang tepung bumbu instant buatannya sangat bagus. “Kebanyakan testimoni dari pelanggan saya mengatakan tepung bumbu tanpa MSG pun enak, renyah, dan krispy, sehingga saya berkomitmen untuk terus mengembangkan tepung bumbu tanpa MSG,” ungkapnya siang itu.

Proses Produksi dan Pemasaran 

Selama ini tepung bumbu Qreezpy diproduksi dan dikemas langsung dari pabriknya yang digawangi kurang lebih 7 orang pegawai inti. Ronni mengaku dalam menjalankan bisnisnya belum ada kendala yang berarti. “Saya bisa mendapatkan bahan baku dengan mudah di pasar lokal, syukur-syukur dari lokal bisa menasional,” guraunya kepada tim bisnisUKM.

Untuk masalah pemasaran produk, tepung bumbu Qreezpy sendiri masih menggunakan cara lama yaitu secara konvensional dari mulut ke mulut. Akan tetapi Rizqiyya Food sebagai produsennya mengaku telah memiliki lebih dari 50 orang reseller yang memasarkan produk tepung bumbu Qreezpy ini melalui pemasaran online. “Sampai hari ini untuk potensi pasar di luar Pulau Jawa masih sangat besar dan terbuka lebar bagi mereka yang tertarik bergabung menjadi reseller,” jelasnya.

tepung bumbu instant
tepung bumbu instant

Diakhir pertemuan dengan tim bisnisUKM, Ronni menyempatkan diri untuk berbagi tips kepada para pemula yang hendak terjun di bisnis serupa. Ia berpesan kepada para pemula bahwa yang terpenting jangan terlalu mengaharapkan keuntungan ditahun pertama usaha tetapi bertahan dulu hingga semuanya normal dan mulai berusaha mendapat keuntungan. “Fokuslah, jangan terburu-buru memperbanyak usaha tapi tidak memperkuat usaha,” pesannya dengan singkat.

Kedepannya, dalam jangka pendek Ronni ingin memperluas pemasaran produk dengan memperbanyak jumlah reseller dan untuk harapan jangka panjang beliau ingin menjadikan bisnisnya sebagai perusahaan maju yang memiliki pabrik cukup besar.

Tim Liputan BisnisUKM

6 thoughts on “Sukses Berbisnis Tepung Bumbu Qreezpy Tanpa MSG”

  1. mas.. ingin jd reseller gmn caranya saya lokasi di jakarta selatan tks,, mohon pencerahannya di email.. kha.yudi@gmail.com tks

    Reply
  2. Saya minat menjadi reseller tepung bumbu non msg ini. Apakah bisa ditindaklanjuti ? Mohon info secepatnya. Tks

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba