Tips Sukses Membangun Hubungan Kerjasama Bisnis

kerjasama bisnis
kerjasama bisnis

Banyak jalan yang bisa ditempuh pelaku usaha untuk mengembangkan usaha mereka. Salah satunya saja dengan menjalin hubungan kerjasama dengan sesama pelaku bisnis. Manfaat yang bisa kita dapatkan cukup banyak, mulai dari berbagi ilmu, pengalaman, strategi bisnis, atau bisa juga berupa suntikan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis mereka. Tak heran bila sekarang ini hampir setiap pengusaha berlomba-lomba membangun hubungan kerjasama bisnis untuk memperlancar jalannya usaha.

Nah, untuk membantu para pemula yang hendak membangun kerajaan bisnisnya. Berikut kami informasikan beberapa tips sukses membangun hubungan kerjasama bisnis yang bisa Anda jalankan dari sekarang.

Bergaul dengan komunitas bisnis
Salah satu cara agar Anda bisa mempunyai banyak relasi yaitu dengan masuk dalam suatu komunitas bisnis yang sesuai dengan bidang Anda. Tujuan Anda bergabung dalam komunitas bisnis selain memperluas relasi sebenarnya juga bisa menjadi media promosi bagi usaha Anda. Semakin banyak bergaul dengan para pengusaha, maka semakin banyak pula ilmu dan pengalaman yang akan kita dapatkan.

Jangan pelit berbagi informasi
Alangkah baiknya jika kita bisa saling berbagi informasi. Berbagi informasi dengan sesama rekan bisnis bisa memberikan peluang bagi Anda untuk memperluas jaringan bisnis dan menumbuhkan kepercayaan dari rekan sesama pebisnis. Dengan saling bertukar informasi, maka akan sama-sama diuntungkan, pengetahuan Anda pun juga semakin bertambah. Yakinlah bahwa dengan semakin banyak memberi, kita akan semakin banyak menerima.

Jangan aktif hanya saat butuh

komunitas bisnis
komunitas bisnis

Bergaul dengan komunitas bisnis tentunya harus Anda jaga dalam kondisi apa pun. Jangan hanya dekat saat Anda butuh kemudian meninggalkan setelah mendapatkan apa yang Anda inginkan. Jika kita mendapatkan kendala dalam bisnis kita, di forum komunitas inilah kita bisa sharing dan meminta solusi, begitu juga sebaliknya kita juga bisa membantu atau memberikan solusi kepada rekan kita yang sedang menghadapi kendala usaha.  Jika kita loyal dengan komunitas tersebut, maka hubungan kerjasama yang terjalin akan lebih baik, dan tentunya bisnis kita juga akan semakin berkembang.

Jujur dan tulus dalam menjalin hubungan
Modal kejujuran dan ketulusan tidak hanya penting dalam menjalin hubungan dengan pelanggan, tetapi dengan komunitas bisnis juga penting. Kejujuran dan ketulusan patut dikedepankan agar hubungan yang terjalin di dalamnya bisa selalu sama-sama menguntungkan. Jadikan setiap hubungan dalam sebuah komunitas layaknya hubungan keluarga. Walaupun bisa jadi satu sama lain saling bersaing dalam usaha yang dijalankan, namun saat berada di komunitas harus bisa saling membantu.

Selamat berkarya dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.familyofficereview.com/_images/articles/stockfresh_44873_business-peoples-hands-showing-unity_sizeXS.jpg
2. http://venturebeat.files.wordpress.com/2012/04/small-business-community.jpg?w=558&h=9999&crop=0

12 thoughts on “Tips Sukses Membangun Hubungan Kerjasama Bisnis”

  1. wahh artikelnya bagus banget, makasih ya. . . .
    Karna dengan adanya artikel ini saya mendapat pengetahuan baru tentang bisnis

    Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga informasi yang kami angkat di BisnisUKM.com bisa memberikan tambahan informasi seputar bisnis yang Bapak jalankan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

      Reply
  2. Mantap Artikelnya, selain menambah wawasan artikel ini juga memberikan inspirasi bagi saya untuk bekerjasama dengan komunitas yang sejiwa dibidang saya. Terima kasih,

    Reply
  3. Hebat sekali Artikel di atas tersebut, saya pun sebagai pemula ada baiknya menerapkan pesan bisnis yang baik ini, tapi ada kalanya saya bimbang harus kemana saya join komunitas karna ada forum online dan ofline tentunya. apakah sama bila saya memilih untuk join dan bertukar pikiran bisnis di dunia maya dan nyata ??? (bonard)

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba