Bisnis kecantikan tak pernah lekang oleh waktu. Merawat kecantikan pasti dibutuhkan setiap wanita. Hampir setiap wanita ingin selalu tampil cantik sehingga tidak jarang mereka melakukan perawatan di pusat kecantikan. Bahkan, tidak jarang wanita yang rela menyisihkan sebagian besar gajinya tiap bulan hanya untuk mempercantik diri di salon. Selain itu, salon juga dapat dijadikan “tempat pelarian” dari segala kepenatan rutinitas sehari-hari agar kembali rileks dan terlihat segar.

Video Praktisi

Membangun Bisnis dari Hobi, Poyeng Jogja

Dengan demikian, banyak salon yang membutuhkan sumber daya manusia untuk “melayani” kebutuhan pelanggan. Dengan melihat peluang usaha tersebut, anda dapat membuka kursus kecantikan atau salon sebagai alternatif untuk memenuhi tenaga kerja siap pakai di salon yang membutuhkan. Dengan menjalankan usaha ini, anda dapat menerapkan ilmu yang anda miliki dalam bidang kecantikan agar tidak sia-sia dan bermanfaat untuk orang banyak. Di samping itu, anda dapat menjadikan usaha ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan dalam menghasilkan rupiah.

Untuk memulai bisnis kursus kecantikan ini, anda memerlukan persiapan seperti tempat yang luas, modal untuk biaya operasional, peralatan untuk keperluan kursus, persiapan kurikulum yang dipakai baik kecantikan luar dan dalam diri wanita, misalnya tentang kepribadian dan meningkatkan rasa percaya diri, dan waktu untuk mengelola bisnis ini. Dalam tahap pelaksanaannya pertama-tama adalah melakukan promosi, lakukan kerja sama dengan salon untuk mendidik peserta kursus, menyediakan papan nama dan kartu nama sebagai pemberitahuan kepada masyarakat sekitar, pamflet atau brosur untuk dibagikan, menawarkan kepada teman, sahabat dan tetangga, lakukan promosi via internet juga perlu. Selanjutnya, anda juga sangat perlu memperdalam pengetahuan tentang kecantikan dan salon secara intensif, selalu up to date tentang mode-mode kecantikan yang banyak diminati konsumen, memperlakukan setiap peserta kursus sesuai kecepatan dan daya tangkapnya  masing-masing. Mendorong peserta kursus untuk membuka usaha salon bersama-sama jika memungkinkan.

Hambatan dalam bisnis jasa kursus kecantikan ini adalah peminatnya dari kalangan tertentu saja. Untuk itu, lakukan sistem rekruitmen secara personal untuk mendekati orang-orang tertentu yang memang berbakat dan berminat berprofesi di bidang seni kecantikan. Ilmu yang kurang aplikatif dapat anda atasi dengan mendorong setiap peserta mengembangkan ilmunya dengan cara membuka salon sendiri. Terkadang membosankan, inilah tantangan bagi anda. Buatlah proses pendidikan kursus menjadi menyenangkan dan juga mengembangkan potensi mereka secara bertahap, dukung mereka untuk mengikuti ajang perlombaan untuk melatih mental dan menjadi wacana penting dalam pengembangan keilmuan mereka dalam bisnis kecantikan nantinya. Jalinlah komunikasi yang baik antar peserta kursus.

sumber gambar : http://aghna.net/wp-content/uploads/2008/12/aghnatatarias11.jpg dan http://images01.olx.com.my/u/Bengkel-Kecantikan-kursus-kecantikan-usahawan-kecantikan-penampilan-diri-slimming-Malaysia-1270093630.jpg