Menjelang lebaran bukan hanya masyarakat muslim saja yang berebut baju lebaran, namun para pelaku usaha pakaian juga saling berebut untung dari moment tersebut. Budaya membeli baju baru yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat merayakan hari raya Idul Fitri, ternyata dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Banyak pelaku usaha yang sengaja menambah stock barang dagangannya untuk menyambut hari lebaran, karena menjelang hari lebaran permintaan akan baju membludak. Biasanya para konsumen lebih menyukai baju muslim sebagai baju lebaran mereka.

Video Praktisi

Kiat Memulai Bisnis Cokelat Ndalem Jogja

Konsumen

Hampir semua masyarakat yang merayakan hari raya Idul Fitri biasa mencari baju lebaran, sebelum perayaan hari besar tersebut tiba. Dari mulai anak – anak, remaja hingga orang tua, baik wanita maupun pria, menjadi sasaran pasar yang berpotensi besar. Apalagi untuk pelaku bisnis baju muslim, karena biasanya para konsumen lebih banyak yang mencari baju muslim untuk moment lebaran.

Tips Sukses

Untuk memulai bisnis busana lebaran, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut kami berikan tips sukses menjalankan bisnis baju lebaran :

  1. Tentukan jenis pelayanan sesuai dengan modal Anda. Misalnya jika memiliki modal cukup besar, Anda bisa mencoba menjadi produsen pakaian atau bisa juga menjadi penjual pakaian grosir. Tetapi jika modal Anda terbatas, cobalah menjadi penjual eceran. Dengan membeli barang dagangan dari grosir, Anda bisa menjual baju lebaran dengan untung 15 % sampai 50% untuk satu baju.
  2. Tentukan target pasar Anda. Dengan menentukan target pasar, Anda memiliki spesifikasi konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya dengan menentukan jenis baju yang Anda tawarkan, apakah khusus untuk baju anak saja, baju wanita saja, atau baju pria saja. Selain jenis produk yang Anda tawarkan, bisa juga menentukan target pasar dengan harga yang Anda tawarkan. Harga yang lebih murah, untuk menjangkau seluruh masyarakat atau dengan memberikan harga yang lebih mahal untuk brand ternama khusus untuk konsumen kelas menengah keatas.
  3. Sesuaikan dengan trend mode saat ini. Berbicara masalah pakaian merupakan hal yang memiliki perkembangan mode cukup pesat. Jangan sampai mode baju yang Anda tawarkan sudah kadaluarsa pada saat ini. Untuk itu perhatikan tren mode yang sedang diminati pasar.
  4. Pilihlah tempat kulakan langsung ke sentranya. Jika Anda memilih sebagai penjual eceran, pilihlah tempat kulakan langsung dari sentranya atau pusat grosir bajunya langsung. Hal itu dilakukan agar memperoleh harga yang lebih murah. Selain pertimbangan harga, dengan kulakan langsung ke sentranya Anda dapat memilih langsung model baju yang sesuai dengan pasar Anda. Beberapa sentra baju muslim yang telah terkenal, dapat Anda kunjungi antara lain di pusat grosir Tanah abang, daerah Tasikmalaya, serta beberapa tempat grosir di  daerah Bandung.

Berebut untung dari baju lebaran, menjadi salah satu pilihan bisnis musiman yang dapat Anda coba saat ini. Cobalah untuk memanfaatkan musim yang ada sebagai peluang usaha yang menguntungkan bagi Anda. Salam sukses

sumber gambar : Tim Bisnis UKM dan http://www.harianberita.com