Inspirasi Bisnis, Peluang Bisnis, Peluang usaha

Biro Wisata Kota Jogja

Wisata JOGJAKota Jogja merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan masyarakat untuk pulang kampung. Walaupun di kota tersebut banyak pendatang dari luar daerah Jogja, namun masyarakat asli Jogja yang merantau ke luar kota dan pulang ke Jogja saat lebaran pun juga banyak. Selain untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga di Jogja, kebanyakan masyarakat yang mudik ke Jogja memanfaatkan moment lebaran sebagai kesempatan untuk berlibur dari rutinitas mereka selama bekerja ataupun tinggal di luar kota.

Ramainya wisata kota Jogja di hari lebaran menjadi bukti bahwa bisnis wisata kota Jogja selalu meningkat. Biasanya beberapa obyek wisata yang ada di Jogja, mulai dipenuhi pengunjung pada hari kedua lebaran. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah menjadi sasaran pasar biro wisata yang ada di Jogja.

Liburan ke kota Jogja menjadi pilihan kedua masyarakat, selain mereka berlibur ke Bali. Karena kota Jogja yang telah dikenal sebagai kota budaya memiliki obyek wisata alam seperti pantai Parangtritis, pantai Samas, pantai Baron, pantai Kukup, pantai Krakal, pegunungan Kaliurang, serta wisata alam lain yang tidak kalah mempesona layaknya di pulau Bali. Selain itu Jogja jua memiliki wisata budaya seperti candi Prambanan, candi Ratu Boko, Keraton Yogyakarta, Monumen Jogja Kembali serta berbagai macam menu wisata kuliner yang  menarik para wisatawan. Hal ini menjadi modal yang berpotensi besar bagi para pelaku biro wisata untuk menarik para wisatawan ke kota Jogja.

Para pelaku bisnis wisata mengambil moment lebaran sebagai peluang usaha untuk memperoleh pelanggan sebanyak – banyaknya. Beberapa bulan sebelum lebaran, pelaku bisnis wisata di kota Jogja telah menyiapkan berbagai paket wisata bisnis yang menarik wisatawan ke kota Jogja dan menawarkan paket yang memuaskan wisatawan.

ilustrasi wisata jogjaPerkembangan bisnis wisata di Jogja memang meningkat, sehingga banyak perusahaan biro perjalanan yang belakangan ini bermunculan. Meningkatnya orang yang ingin berwisata saat ini,  menyebabkan biro perjalanan menjadi bisnis yang sangat berpotensi. Namun untuk membangun kredibilitas yang berkualitas, bisnis biro wisata membutuhkan kerja keras dan penanganan manajemen yang tertata rapi.

Besarnya persaingan bisnis di bidang wisata menjadi tantangan besar bagi pelaku bisnis tersebut. Sehingga untuk memperoleh tambahan keuntungan, biasanya biro wisata bekerjasama dengan beberapa hotel, jasa penyedia agen transportasi, maupun tempat kuunjungan wisata. Biro wisata akan memperoleh potongan harga 5 % sampai 15%, dari besar biaya yang digunakan para wisatawan.

Berikut kami berikan tips sukses menjalankan biro wisata :

  1. Jalin kerjasama dengan beberapa tempat penginapan, pusat oleh – oleh, restoran, pusat kerajinan, serta tempat wisata. Untuk menambahkan pemasukan bagi bisnis Anda, karena biasanya pihak tersebut akan memberikan potongan harga bagi biro jasa yang membawa tamu rombongan.
  2. Usahakan untuk memiliki transportasi sendiri, misalnya untuk usaha biro jasa yang belum besar bisa memilih mini bus sebagai operasional biro jasa. Hal ini untuk mengurangi pengeluaran biaya operasional perusahaan.
  3. Ciptakan paket bisnis yang menarik, misalnya paket wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, serta wisata bisnis. Untuk mememenuhi permintaan wisatawan yang beragam.
  4. Perluas pemasaran hingga menjangkau wisatawan internasional, Anda bisa menggunakan jaringan internet untuk memasarkan paket wisata yang dimiliki biro jasa Anda. Agar pasar Anda tidak terbatas pada wisatawan local saja.
  5. Pilih sumber daya manusia yang memang benar – benar mengerti tentang daerah Jogja, belajar tentang pariwisata yang ada di Jogja dan memiliki keahlian komunikas yang baik untuk memandu para wisatawan. Anda dapat menggandeng sekolah pariwisata yang ada di Jogja, untuk mencari SDM yang handal.

Informasi biro wisata kota Jogja dapat menjadi salah satu inspirasi usaha bagi Anda. Segala potensi yang ada di daerah Anda, dapat dijadikan sebagai modal yang cukup berpotensi bagi usaha Anda. Salam sukses.
Sumber gambar : http://www.joglowisata.com/wp-content/themes/midway/framework/extensions/timthumb/timthumb.php?src=http%3A%2F%2Fwww.joglowisata.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2013%2F03%2FPaket-Wisata-Jogja.jpg&w=738 dan http://www.indonesiaseoul.org/pictures/Visit%20Indonesia%202010.jpg