Mengendalikan diri kita untuk selalu berpikir positif memang bukan perkara yang mudah. Terkadang manusia lebih cenderung menggunakan emosi dibandingkan logikanya, sehingga kita lebih sering berpikiran negatif dengan kehidupan kita dan mudah menyerah dengan hambatan-hambatan yang sering menghadang.

Video Praktisi

Strategi Promosi Ubiyabi Melalui Media Sosial

Sebenarnya bila kita mau berpikir positif, dipastikan hasil yang diperoleh juga akan positif juga. Ingat, pada prinsipnya apabila kita mengarahkan pikiran kita ke jalan yang positif, maka sikap dan mental kita akan terbiasa melakukan segala hal yang baik dengan cara yang baik pula, sehingga hasil yang diperoleh tentunya juga akan ikut baik.

Namun, meskipun berpikir positif memberikan manfaat yang cukup besar bagi diri kita, tidak semua orang termotivasi untuk mencoba berpikir positif. Sebagian orang beranggapan bahwa berpikir positif tidak akan mengubah kehidupan mereka. Sehingga setiap harinya orang-orang ini hanya akan mengeluh dan merasa tidak puas dengan apa yang didapatkannya saat ini. Bahkan tidak hanya itu saja, seseorang yang berpikiran negatif cenderung menyalahkan orang lain atas kegagalan yang diterimanya. Apa Anda termasuk orang-orang yang demikian?

Untuk menghindarkan diri kita dari pikiran negatif yang akhirnya menghambat kesuksesan yang telah diimpikan. Sebaiknya mari kita perhatikan beberapa tips dan motivasi berikut yang dapat membantu kita mulai belajar berpikir positif.

Motivasi diri Anda untuk selalu optimis

Pikiran positif akan terbentuk ketika kita yakin pada diri kita dan selalu optimis dengan impian-impian yang ingin diraihnya. Biasanya orang yang optimis selalu fokus pada proses pencapaian sukses yang harus diselesaikan, sedangkan orang yang pesimis lebih fokus pada resiko kegagalan yang mungkin didapatkan serta hambatan-hambatan yang menghadang di tengah  perjalanannya. Jadi motivasilah diri Anda agar selalu optimis, sebab keyakinan itulah yang menjadi modal terbesar bagi Anda untuk mencapai sebuah kesuksesan,

Tetapkan tujuan yang ingin dicapai

berpikir positif

Dengan menetapkan tujuan yang ingin dicapai, maka secara tidak langsung akan memudahkan Anda untuk belajar fokus mencapai goal (tujuan) dan mulai menyingkirkan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan. Mengisi hari-hari kita dengan rencana-rencana positif dan kegiatan nyata yang dapat mendekatkan kita pada tujuan yang ingin dicapai, serta membentengi diri kita dari pikiran negatif yang dapat menurunkan motivasi kita untuk mencapai kesuksesan.

Bersyukur dengan hasil yang kita dapatkan

Biasanya sebagian besar orang langsung berpikiran negatif ketika impiannya belum bisa tercapai. Kebiasaan ini tentunya harus segera Anda hilangkan. Yang perlu Anda ingat adalah “ Tidak akan ada akibat jika tidak ada penyebabnya”. Jadi sebaiknya lihatlah kegagalan yang Anda hadapi sebagai akibat dari sikap Anda yang belum optimal, karena itu jangan langsung menyerah dengan kegagalan yang didapatkan. Bersyukurlah dengan hasil yang didapatkan saat ini dan belajarlah dari kesalahan yang lalu untuk mencapai kesuksesan yang sempat tertunda.

Biasakan memberikan sugesti positif setiap harinya

Sugesti merupakan kekuatan atau kemampuan mempengaruhi pikiran seseorang. Dengan menanamkan sugesti yang baik setiap harinya, maka kebiasaan berpikir positif akan terbangun dalam diri kita. Dan lambat laun menjadi budaya positif yang akan bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

Berpikir positif untuk meraih sukses merupakan modal utama yang sebaiknya kita praktekan dalam kehidupan nyata. Latihlah diri Anda untuk berpikir positif setiap harinya, dan biarkan pikiran positif tersebut membawa Anda menuju impian yang dicita-citakan. Teruslah berkarya dan teruslah bermimpi, salam sukses.

sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/_2pF8K22l1OE/RuJTgZeXcoI/AAAAAAAAAnE/GdEN3iAhQ5U/s320/positive-thinker.png dan http://www.myretailer.ca/wp-content/uploads/think-positive.JPG