modal kecilHampir setiap orang selalu mengeluhkan masalah modal dana ketika mereka hendak memulai sebuah usaha. Padahal, dalam berbisnis tidak hanya modal uang saja yang dibutuhkan para pelaku usaha. Masih ada modal non-materi seperti misalnya skill (keahlian), kreativitas, networking, motivasi, serta tekad dan keberanian yang kuat untuk bisa mengantarkan diri mereka masuk ke dalam dunia usaha.

Video Praktisi

Kunci Pemasaran Bisnis Kuliner Roti van Java

Berbekal ilmu pengetahuan, pengalaman, serta kreativitas yang dimiliki para pemula, setidaknya mereka bisa menemukan alternatif paling tepat untuk bisa memulai usaha dengan modal seminim mungkin. Bahkan sekarang ini berbagai macam peluang usaha dengan modal kecil pun bisa dicoba para pemula untuk terjun di dunia bisnis.

Lalu, kira-kira strategi apa saja yang bisa dilakukan para pemula untuk bisa mengatasi minimnya modal usaha?

Berikut ini kami informasikan beberapa cara mudah mengatasi modal usaha yang minim bagi para pemula yang tertarik merintis sebuah usaha.

Terapkan sistem pembayaran di muka
Dengan memanfaatkan modal kreativitas yang Anda miliki, coba terapkan “sistem pembayaran di muka” pada saat menjalankan sebuah usaha. Melalui strategi tersebut, Anda bisa mendapatkan modal dari uang muka yang telah dibayarkan para konsumen, dan selanjutnya dimanfaatkan untuk memenuhi biaya operasional selama memproduksi barang maupun jasa yang dibutuhkan para pelanggan. Contohnya saja seperti pada bisnis bimbingan belajar yang mewajibkan siswanya membayar biaya kursus di awal tahun ajaran, atau bisnis jual beli toko online yang mewajibkan konsumennya mentransfer uang terlebih dahulu baru selanjutnya barang pesanan dikirimkan ke alamat konsumen.

Join dengan rekanan bisnis Anda
Ketika modal usaha yang Anda miliki sangatlah minim, tidak ada salahnya bila Anda mengajak beberapa rekan bisnis Anda untuk bekerjasama dalam membangun sebuah usaha. Anda bisa mengajak mereka untuk patungan mengumpulkan modal usaha dan menggarap usaha tersebut secara bersama-sama.

Menggunakan sistem bagi hasilstrategi bisnis
Selain menjalin kerjasama dengan rekan bisnis yang dimiliki, Anda juga bisa menggaet investor maupun para produsen untuk mendapatkan subsidi modal dengan sistem bagi hasil yang telah disepakati. Untuk para investor, biasanya mereka lebih tertarik untuk menanamkan modalnya di bisnis Anda dan menunggu pembagian hasil dari laba perusahaan setiap bulannya. Sedangkan untuk para produsen, biasanya mereka memberikan peluang bagi Anda untuk menjadi reseller mereka dan memberikan diskon khusus bagi transaksi penjualan yang berhasil Anda dapatkan.

Mencoba bisnis jasa
Salah satu peluang bisnis jasa yang tidak membutuhkan modal besar yaitu menjadi seorang konsultan maupun makelar. Kedua profesi ini sama-sama memberikan pelayanan jasa bagi para konsumennya tanpa membutuhkan modal usaha yang cukup besar. Sebab, ketika menjadi seorang konsultan maupun makelar, modal utama Anda hanyalah pengalaman, keahlian bernegosiasi dan kemampuan untuk meyakinkan orang lain.

Menggunakan sistem barter
Untuk mengatasi minimnya modal usaha, Anda juga bisa memilih sistem barter yang tidak membutuhkan modal uang. Dalam hal ini Anda bisa mencari produsen maupun pemasok yang memiliki produk komoditas cukup potensial, kemudian menawarkan diri untuk bekerjasama dan melakukan barter (pertukaran produk atau jasa) dengan bisnis Anda. Strategi ini sudah banyak dilakukan para pelaku bisnis online dalam mempromosikan usahanya, yakni dengan bertukar link satu sama lain.

Disamping beberapa cara yang telah kami informasikan, pada dasarnya masih banyak strategi bisnis lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah permodalan usaha. Karenanya, jangan pernah berhenti melangkah untuk mencoba menekuni dunia usaha dan mulailah sekarang juga. Salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://chicmagz.com/system/images/Cashpoint-Character2.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/-7QuKGgRaClc/TWTgF91BfQI/AAAAAAAAATo/aS7TelJPx2Y/s1600/bisnis+plan.jpg