Geliat Industri Kreatif di Tahun 2012 Semakin Mantap

industri kreatifMemasuki catur wulan pertama di tahun 2012, geliat industri kreatif di Indonesia semakin menunjukan perkembangan yang signifikan. Bahkan sekarang ini sebagian orang mulai memprediksikan pertumbuhan industri kreatif bisa melonjak cukup tinggi yakni hingga mencapai tiga kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kondisi ini bisa kita lihat dari pertumbuhan industri kreatif yang semakin hari semakin aktif, sehingga angka penyerapan tenaga kerja serta kapasitas daya cipta di negara kita mulai merangkak naik dan memberikan dampak yang cukup positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia.

Menurut data yang diperoleh dari Kementerian Perdagangan, 14 sektor yang berada di bawah lingkup industri kreatif sekarang ini mulai berkembang semakin mantap dan memberikan sumbangan cukup besar terhadap peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB), terhitung sejak 5 tahun terakhir ini. Kemunculan para pekerja kreatif dan maraknya beragam jenis peluang usaha kreatif di kalangan masyarakat, diyakini bakal menjadi kekuatan ekonomi alternatif bagi negara kita yang ketersediaan sumber daya alamnya saat ini kian menipis.

Sejak tahun 2007 yang lalu, kegiatan ekspor di 14 sektor industri kreatif selalu menunjukan lonjakan yang cukup hebat. Pada tahun 2010 silam bahkan sektor tersebut bisa memberikan kontribusi sebesar 7,29% terhadap PDB.

usaha-kreatif1

surat izin usaha, serta membukakan jalan bagi para pengusaha untuk mendapatkan calon investor guna meningkatkan modal usaha.

Sesuai dengan target pemerintah Indonesia yang berusaha menjadi salah satu negara yang masuk dalam 10 kekuatan ekonomi dunia di tahun 2025. Kedepannya diharapkan pemerintah bisa menjembatani para pelaku industri kreatif, sehingga bisa bergerak lebih bebas dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Semoga informasi berita bisnis yang membahas tentang geliat industri kreatif di tahun 2012 semakin mantap ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk terus berkarya menciptakan peluang usaha sebanyak-banyaknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar : Tim Liputan Bisnisukm.com