Manajemen UKM

Jangan Ngaku Siap Jadi Pengusaha Muda, Kalau Kamu Belum Lakukan Ini!

Jangan Ngaku Siap Jadi Pengusaha Muda, Kalau Kamu Belum Lakukan Ini!Persaingan kerja yang semakin sempit, membuat kalangan anak muda di Indonesia mulai mencoba hal baru seperti salah satunya dengan menjadi seorang pengusaha. Tapi sayangnya, sampai saat ini banyak diantara mereka yang menjadikan profesi pengusaha sebagai pilihan kedua ketika mereka kepepet tak kunjung mendapatkan pekerjaan mapan di kantoran.

Alhasil usaha yang mereka jalankan hanya berkobar di awal, dan bakalan meredup ketika mereka sudah mendapatkan pekerjaan mapan. Padahal, Bob Sadino pernah mengatakan, “Sekecil apapun usahanya, jika kamu memilikinya sendiri, kamu setara dengan bos-bos PT besar di luar sana!”

Apa kamu tak ingin jadi pengusaha muda dengan omzet miliaran setiap bulannya? Meski memulai usaha di usia muda tidaklah mudah, tapi bukan berarti tidak bisa kamu lakukan. Nah, agar tahun depan kamu bisa jadi pengusaha muda yang kaya raya, setidaknya ada enam hal penting yang perlu kamu perhatikan dari sekarang!

1. Modal utama pengusaha muda adalah semangat

Meski banyak anak muda yang seringkali mengeluh tak memiliki dana untuk modal usaha, tapi bukan berarti kamu hanya bisa berdiam diri tanpa pernah mencoba. Berbekal kreativitas dan semangat juang khas anak muda, kamu bisa menciptakan peluang untuk mewujudkan impianmu. Contohnya kamu bisa menuangkan kreativitasmu dalam proposal bisnis untuk mencari dana hibah dari kampus maupun investor lain yang ada di sekitarmu.

2. Jangan ragu untuk melepas masa mudamu

Banyak yang bilang masa muda tak mungkin terulang kembali, namun bukan berarti kamu hanya bisa menghabiskan masa mudamu untuk bersenang-senang saja. Jangan sia-siakan masa mudamu terbuang begitu saja, dan mulailah untuk membangun relasi dan menciptakan ide-ide brilian yang belum pernah ada sebelumnya. Bahkan bila perlu jadikan malam minggumu sebagai ajang untuk survey pasar dan mencari investor.

3. Siap menghadapi berbagai risiko

Merintis usaha memang tak semudah apa yang kita ucapkan. Ada kalanya sebagai pengusaha kita harus dihadapkan dengan pasang surut penjualan, persaingan pasar yang tidak wajar, sampai masalah internal lainnya yang terkadang membuatmu hampir menyerah di tengah jalan. Pastikan kamu siap menghadapi kegagalan dan selalu berani untuk mengambil risiko dari setiap keputusan yang dibuat. Karena setiap keputusan yang kamu ambil, ada pembelajaran besar yang bakal kamu dapatkan sebagai pengusaha muda.

4. Mulailah dari menguangkan hobi yang kamu miliki

Tak perlu susah-susah mencari ide usaha sampai ke negeri Cina, kamu bisa memulainya dari hal-hal kecil yang kamu sukai. Contohnya bisa menciptakan peluang bisnis dari hobi atau kegemaran yang paling senang kamu kerjakan. Dengan melakukan apa yang kamu sukai, kedepannya kamu tak akan pernah bosan dalam mengembangkan usaha. Bahkan dari hobi tersebut kamu bisa mendatangkan keuntungan besar setiap bulan.

5. Terus berinovasi mengikuti perubahan zaman

Gaya hidup anak muda yang cenderung dinamis, perlu kamu imbangi agar usahamu tak tenggelam di tengah ketatnya persaingan pasar. Terutama di bidang teknologi, sekarang ini kamu bisa memanfaatkan kecanggihan sosial media untuk mempromosikan barang atau jasa yang kamu tawarkan ke konsumen. Apalagi jika target pasarmu adalah anak muda, kamu harus bisa terus berinovasi sesuai dengan perkembangan trend saat ini.

6. Jangan lupa berinvestasi

Sukses menjadi pengusaha muda dengan omzet besar saja ternyata tidaklah cukup. Kamu harus bisa mulai cerdas dalam mengelola keuangan, salah satunya dengan berinvestasi agar usahamu bisa semakin berkembang besar ke depannya.  Dalam hal ini kamu bisa menginvestasikan sebagian uangmu untuk pengembangan usaha, dan sebagian lainnya untuk mencukupi kebutuhan hidupmu sehari-hari.

Jika keenam hal diatas sudah kamu perhatikan dengan baik, bukan tidak mungkin bila tahun depan kamu sudah bisa jadi pengusaha muda dengan omzet miliaran setiap bulannya. Selamat berkarya dan salam sukses!