lampu tidurMemiliki latar belakang pendidikan di bidang elektro, ternyata tidak menghambat Indah Carmila Hartono untuk melirik bisnis kerajinan tangan yang menjanjikan keuntungan cukup besar. Meskipun pada awalnya mendapatkan penolakan dari keluarganya, namun mantan programmer robot di perusahaan swasta ini mampu bertahan menghadapi berbagai tantangan dan semakin termotivasi untuk membuktikan kepada orang-orang terdekatnya bahwa Ia bisa sukses dengan menekuni bisnis kerajinan tangan yang dijalaninya saat ini.

Video Praktisi

Membangun Kerjasama Tim Bisnis Roti van Java

Mengawali usaha di tahun 2008 silam, pada mulanya Indah mencoba berbisnis souvenir pernikahan seperti towel cake, towel creation, serta membuat aksesoris pengantin lainnya yang banyak dicari para konsumen. Bermodal kegemarannya dibidang desain, indah akhirnya tertarik untuk berkreasi dan berinovasi menciptakan produk-produk souvenir untuk pesta pernikahan.

Melebarkan Sayap dan Meraih Kesuksesan

Setelah dua tahun menekuni bisnis towel cake dan souvenir pernikahan, wanita yang memiliki hobi menggambar ini menemukan sebuah ide kreatif yaitu membuat character lamp atau lampu tidur dengan karakter kartun yang terbuat dari bahan baku benang. Siapa sangka bila keisengannya dalam menciptakan produk baru tersebut, cukup diminati para konsumen. Sehingga Indah yang dulunya fokus mengerjakan souvenir pengantin dari towel (handuk), mulai melebarkan sayapnya dengan menciptakan lampu tidur lucu yang disesuaikan dengan karakter kartun kesukaan anak-anak.

Beberapa karakter lucu seperti Angry Bird, Winnie the Pooh, Mickey dan Minnie Mouse, serta Hello Kitty, menjadi karakter-karakter lucu lampu tidur yang mulai diproduksi wanita kelahiran Semarang, 3 Juni 1985 ini. Melihat bentuknya yang lucu dan imut sesuai dengan karakter anak-anak, produk character lamp buatan Indah tidak membutuhkan waktu cukup lama untuk menarik minat konsumennya.lampu-tidur-karakter

Kesuksesan pun berpihak kepada Indah, produk unik lampu tidur yang Ia ciptakan berhasil diterima pasar dengan baik. Bahkan tidak hanya konsumen di Surabaya saja yang mencari produk souvenir dan lampu tidur buatan InDeodesign ini, berkat media online yang Ia gunakan, Indah sukses memasarkan produk unggulannya hingga ke seluruh nusantara (Aceh hingga Papua), serta berhasil tembus ke pasar mancanegara seperti Singapore, Malaysia, dan Australia.

Tidak hanya itu saja, baru berjalan sekitar 6 bulan, bisnis lampu tidur buatan Indah bisa mengantongi omset hingga 8 juta rupiah setiap bulannya. Keunikan desain yang diciptakan dan murahnya harga jual yang ditawarkan, membuat pesanan lampu tidur karakter kartun ini selalu mengalami peningkatan setiap bulannya.

Tidak heran bila saat ini omset usaha sekitar Rp 21 juta rupiah per bulan bisa dikantongi istri Donny Wicaksono tersebut. Dari total omset yang didapatkan, sedikitnya Indah bisa mengantongi laba bersih sekitar 30% setelah dikurangi biaya operasional atau kurang lebih berkisar Rp 6,3 juta rupiah setiap bulannya.

Semoga keberhasilan Indah Carmila Hartono yang kami tuangkan dalam profil pengusaha sukses yang mendapatkan laba usaha mengucur dari bisnis lampu tidur ini, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk segera terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://1.bp.blogspot.com/_oU54TsFDgyo/TSBbCFa2nSI/AAAAAAAAAsI/q3ihDV9FuSM/s1600/Character%2BLamp%2B-%2BBaby%2BGirl.jpg
2. http://2.bp.blogspot.com/_oU54TsFDgyo/TSA-SQ6WftI/AAAAAAAAAq4/z7mr8jB1LBU/s1600/banner%2BS.jpg