Bisnis Jasa Desain Kartu Undangan Dan Souvenir Pernikahan

undangan pernikahanMempersiapkan moment pernikahan tentunya menjadi saat-saat yang paling indah dalam kehidupan seseorang. Bahkan terkadang banyak orang yang tidak sungkan mengeluarkan biaya cukup besar untuk menyongsong moment spesial pernikahan. Mulai dari mempersiapkan desain kartu undangan yang menawan, memilih souvenir pernikahan yang lucu dan unik, sampai memesan berbagai macam hantaran pengantin sebagai salah satu simbol keseriusan sang pengantin pria untuk meminang pujaan hatinya.

Melihat moment bahagia tersebut, ternyata hari spesial pernikahan tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi sang calon pengantin, namun juga mampu menciptakan peluang usaha baru bagi sebagian besar masyarakat yang tertarik menekuni bidang industri kreatif seperti ini. Dengan menekuni bisnis desain kartu undangan dan souvenir pernikahan, para pelaku usaha bisa mendatangkan untung jutaan rupiah setiap bulannya.

Apakah Anda tertarik menekuni peluang bisnis ini?

Untuk membantu para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha, mari kita simak bersama mengenai beberapa poin penting yang perlu kita persiapkan untuk menjalankan bisnis desain kartu undangan, souvenir pernikahan, maupun jasa pembuatan hantaran pengantin.

Konsumen
Dalam menjalankan peluang bisnis ini, target pasar yang bisa Anda bidik adalah masyarakat umum yang hendak menyelenggarakan pernikahan, atau bekerja sama dengan sebuah wedding organizer untuk bisa memanfaatkan jasa Anda dalam melayani konsumen mereka.

Info Bisnis
Menjalankan bisnis pernak-pernik pernikahan memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin modern dan meningkatnya daya beli konsumen diberbagai penjuru nusantara, membuat permintaan kartu undangan pernikahan, souvenir pernikahan sampai aneka macam hantaran pengantin mulai meningkat setiap harinya. Hal ini dikarenakan pernak-pernik tersebut kini menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan.

Untuk membantu Anda dalam mempersiapkan peluang bisnis tersebut, berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan.

  1. Modal awal yang Anda butuhkan adalah pengetahuan dan skill dalam membuat desain undangan, membuat aneka macam produk souvenir pernikahan, serta menghias beragam jenis hantaran pengantin. Untuk mendapatkan ilmu dan tambahan skill, Anda bisa belajar secara otodidak melalui buku-buku, mencari berbagai inspirasi di internet, atau mengikuti kursus atau pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang Anda miliki.
  2. Memilih lokasi usaha yang strategis dan membuka jaringan bisnis melalui offline maupun online untuk memperluas jangkauan promosi produk Anda.
  3. Selalu memperbaharui desain sesuai dengan perkembangan pasar. Ciptakan ide-ide segar yang kreatif dan inovatif agar produk-produk Anda tidak kalah bersaing dengan produk kompetitor Anda. Gunakan bahan baku tambahan yang unik, untuk mempercantik undangan, souvenir, maupun hantaran pengantin yang Anda hasilkan.
  4. Untuk menginspirasi para pembaca, berikut ini kami tambahkan contoh sederhana pembuatan souvenir pernikahan dengan memanfaatkan kreasi unik towel cake.

Cara Membuat Souvenir Towel Cake

  • Siapkan satu handuk kecil dengan pilihan warna sesuai selera
  • Lipat bagian atas dan bawah handuk ke bagian tengah, kemudian lipat lagi menjadi satu.
  • Gulunglah lipatan handuk dari sebelah kanan dan kiri ke bagian tengah, selanjutnya ikat dengan pita kecil.
  • Masukan gulungan handuk ke sebuah cup muffin, kemudian tambahkan hiasan seperti bentuk stroberi, bentuk roll cokelat, cherry, dan lain sebagainya.
  • Terakhir lengkapi towel cake Anda dengan plastik atau mika dan hiasi dengan pita.
  • Kreasi towel cake pun siap untuk dipasarkan.

Kelebihan Bisnistowel cake
Memulai bisnis pernak-pernik pernikahan seperti memproduksi kartu undangan, souvenir pernikahan, serta melayani jasa kreasi pembuatan hantaran pengantin, pada dasarnya tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Modal utama yang dibutuhkan adalah kreativitas dan inovasi para pelaku usaha untuk bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan para konsumennya.

Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin modern dan membaiknya kondisi perekonomian negara kita, ternyata ikut mempengaruhi daya beli konsumen yang semakin hari semakin tinggi. Sehingga produk pernak-pernik pernikahan yang dulunya terbilang kebutuhan tersier (mewah) dan hanya bisa dijangkau oleh masyarakat kelas atas, kini mulai menjadi kebutuhan sekunder (menengah) yang bisa dipenuhi oleh berbagai macam kalangan masyarakat, mulai dari kalangan masyarakat menengah ke bawah sampai masyarakat menengah ke atas.

Kekurangan Bisnis
Beberapa kendala usaha yang sering dihadapi para pengusaha kartu undangan, souvenir maupun hantaran pengantin adalah kondisi persaingan pasar yang semakin hari semakin ketat. Bahkan sekarang ini para pesaing sudah mulai aktif melakukan peniruan atau plagiat atas produk-produk unggulan yang diciptakan para pengusaha. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha tentunya Anda harus berusaha mengembangkan kreativitas maupun inovasi produk, agar desain-desain yang Anda ciptakan memiliki ciri khas tertentu dan terhindar dari pembajakan.

Strategi Pemasaran

Ketika menekuni sebuah usaha, keberadaan relasi kerja menjadi salah satu kekuatan utama yang bisa mendukung keberhasilan bisnis Anda. Untuk itu, Anda bisa memulainya dengan memasarkan produk tersebut kepada keluarga Anda, sanak saudara, teman dekat, rekan kerja, dan lain sebagainya. Sebagai tahap awal, Anda bisa memberikan harga khusus untuk memperkenalkan produk unggulan Anda kepada calon konsumen. Misalnya saja memberikan potongan harga tertentu untuk pemesanan partai besar atau bisa juga memberikan pelayanan gratis selama masa promosi berlangsung.

Selanjutnya, Anda bisa membagikan kartu nama, brosur, maupun pamflet di beberapa acara pernikahan kerabat dekat Anda. Melalui strategi promosi tersebut, Anda bisa menginformasikan keberadaan bisnis Anda kepada khalayak ramai, dan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan calon konsumen. Ketiga, Anda bisa Anda mencoba strategi pemasaran online dengan memanfaatkan jaringan internet untuk membuka toko online. Semakin aktif Anda menjalankan strategi pemasaran, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mendatangkan omset penjualan besar setiap bulannya.

Kunci Sukses
Agar bisnis Anda bisa berjalan lancar, kunci kesuksesan yang sebenarnya Anda butuhkan yaitu berani berinovasi untuk menciptakan desain-desain baru yang tentunya digemari para pelanggan. Tingkatkan pengetahuan dan skill Anda agar bisa terus berkarya sesuai dengan minat dan kebutuhan pasar. Ketika pelanggan senang, maka tidak menutup kemungkinan bila bisnis Anda bisa semakin dikenal pasar dan mendatangkan keuntungan usaha yang cukup besar.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Menerima pembuatan undangan, souvenir, dan hantaran pernikahan.

Modal awal
Sewa kios usaha per tahun                     Rp 15.000.000,00
1 unit komputer dan printer                   Rp  4.000.000,00
Peralatan dan perlengkapan                    Rp  1.000.000,00+
Total                                         Rp 20.000.000,00

Peralatan mengalami penyusutan sebagai berikut :
Komputer dan printer  setelah 5 tahun:
1/60 bln x Rp 4.000.000            =          Rp  66.700,00

Peralatan dan perlengkapan setelah 2 tahun :
1/24 bln x Rp 1.000.000,00         =          Rp  41.700,00+
Total penyusutan                   =          Rp 108.400,00

Biaya operasional per bulan
Bahan baku kartu undangan                     Rp  1.500.000,00
Bahan penghias hantaran pengantin             Rp  1.800.000,00
Bahan baku pembuatan souvenir                 Rp  3.000.000,00
Perlengkapan (plastik, kertas stiker, dll)    Rp    500.000,00
Biaya cetak undangan                          Rp  2.000.000,00
Biaya listrik dan telepon                     Rp    900.000,00
Biaya transportasi                            Rp    600.000,00
Biaya promosi (iklan, kartu nama, brosur)     Rp  1.000.000,00
Biaya penyusutan                              Rp    108.400,00+
Total pengeluaran per bulan                   Rp 11.408.400,00

Omset per bulan
Penghasilan rata-rata per bulan antara lain sebagai berikut,
Kartu undangan :
500 lembar x @ Rp 7.500,00 x 2 kali order     Rp  7.500.000,00

Souvenir pernikahan :
25 kodi x @ Rp 100.000,00 x 2 kali order      Rp  5.000.000,00

Jasa pembuatan hantaran pengantin :
10 item x @ Rp 100.000,00 x 2 kali order      Rp  2.000.000,00+
Total omset per bulan                         Rp 14.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 14.500.000,00 - Rp 11.408.400,00           Rp 3.091.600,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)   =      6,5 bulan

Berbekal kreativitas yang Anda miliki, tidak ada salahnya bila sekarang ini Anda mencoba peluang bisnis tersebut untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Maju terus industri kreatif Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.undanganpernikahanku.com/wp-content/uploads/2011/06/undangan-pernikahan-gulung.jpg
2. http://eastjavatraveler.com/wp-content/uploads/2009/09/ejtcom_caketowel3.jpg

6 thoughts on “Bisnis Jasa Desain Kartu Undangan Dan Souvenir Pernikahan”

  1. bagus…gimana kalo sy belajar apa bisa? ato kerja sama? sy punay usaha salon kecantikan dan sewa pakaian penganten dan warung kecil dipasar sofenir di tondano itu infonya.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba