suksesBerprofesi sebagai pelaku usaha tentu menjadi impian besar setiap masyarakat di Indonesia. Namun terlepas dari segala keuntungan yang mungkin didapatkan para pelaku usaha, banyak juga kendala serta resiko bisnis yang mungkin harus ditanggung oleh para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis mereka. Kondisi inilah yang menuntut setiap pelaku usaha untuk memiliki mental juara dan tahan banting terhadap setiap hambatan yang datang di tengah jalan.

Video Praktisi

Menanggapi Adanya Pasar Jenuh

Untuk membantu para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam meraih kesuksesannya, berikut ini kami informasikan mengenai beberapa langkah sukses menjadi pelaku UKM.

Fokus Mengembangkan Kelebihan
Modal utama Anda dalam menjalankan usaha adalah skill atau kelebihan yang Anda kuasai. Karena itu, pelajari apa yang menjadi kelebihan Anda dan tingkatkan kemampuan tersebut sebagai kekuatan utama untuk menjalankan usaha sebaik-baiknya. Fokuslah pada bidang yang Anda sukai, dan delegasikan bidang lain yang sekiranya kurang Anda pahami pada rekan kerja yang lebih ahli. Cara ini akan lebih efektif sehingga Anda bisa fokus dengan tugas utama Anda, sedangkan tugas lainnya juga tetap bisa berjalan dengan lancar.

Prioritaskan Bisnis Anda
Bisnis yang sedang berkembang membutuhkan banyak waktu, tenaga dan perhatian Anda sebagai pelaku usaha. Karenanya prioritaskan urusan bisnis Anda diurutan pertama, agar bisnis tersebut bisa Anda tangani dengan optimal dan bisa berjalan dengan lancar. Apabila Anda menjalankannya dengan setengah hati, maka bisa dipastikan bila bisnis tersebut tidak akan bertahan lama tanpa keseriusan Anda dalam menjalankannya.

Rencanakan sukses Andasukses

Tanpa adanya sebuah perencanaan, mustahil sebuah usaha bisa bertahan hingga mencapai puncak kesuksesan. Untuk itu sebagai pelaku UKM Anda dituntut untuk memiliki visi yang besar dan didukung dengan perencanaan yang matang sebagai langkah awal bagi Anda untuk meraih tujuan yang telah ditentukan. Tulislah tujuan yang rasional dan rencanakan langkah-langkah pasti untuk bisa mencapainya.

Selalu Optimis
Seorang pelaku UKM memiliki pandangan jauh ke depan dan selalu optimis dengan target-target yang telah mereka tentukan. Hal ini penting agar Anda selalu yakin dengan keberhasilan yang akan Anda raih, dan selalu termotivasi untuk bisa mencapai keberhasilan-keberhasilan tersebut. Sehingga Anda tidak takut dengan hambatan yang ada, dan berusaha mencari solusi bagi setiap kendala yang muncul di tengah perjalanan usaha.

Buatlah Pembukuan Sederhana
Selain menuliskan rencana sukses yang ingin Anda raih, seorang pelaku UKM juga wajib membuat pembukuan sederhana untuk mencatat semua transaksi yang telah terjadi. Langkah ini penting agar setiap pemasukan serta pengeluaran usaha bisa terekap dengan baik dan untung rugi perusahaan juga bisa dilihat dari hasil laporan yang didapatkan setiap bulannya. Jika Anda belum bisa membuat pembukuan seperti perusahaan multinasional, maka buatlah laporan sederhana asalkan rapi, runut dan benar datanya.

Dengan menjalankan 5 tips bisnis di atas, diharapkan para pelaku UKM bisa lebih berkembang dan menjalankan usahanya dengan hasil yang maksimal. Lakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

sumber gambar :

  1. http://www.africareport.com/wp-content/uploads/2010/08/blackboardStartup.jpg
  2. http://www.freeadsindiabiz.com/_mm/_d/_ext3/89891/s_management%20issues%20succession%20planning%20amp%20governance01.jpg