Cara Promosi Menggunakan Media Sosial

media sosialPemanfaatan media sosial seperti facebook, twitter, Linkedin, friendster, kaskus, multiply, sampai google plus memang sangat membantu para pelaku usaha untuk memasarkan produk atau jasanya melalui dunia maya. Melalui media sosial, para pelaku usaha dapat berkomunikasi langsung dengan calon konsumennya, dan mempublish berbagai macam produk maupun jasa yang ditawarkannya kepada khalayak ramai.

Disamping memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha, memanfaatkan media sosial secara berlebihan ternyata juga memberikan dampak negatif bagi citra sebuah perusahaan. Sebagian konsumen merasa terganggu dengan berbagai macam kiriman iklan ataupun promosi produk yang dikirimkan ke akun pribadi mereka. Sehingga tidak heran bila sebagian dari mereka memilih keluar dari member tersebut dan menghapus akun Anda untuk menghentikan penawaran iklan yang dikirimkan ke akunnya.

Nah, untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut. Berikut ini kami informasikan tata cara promosi bisnis menggunakan media sosial, agar iklan yang anda kirimkan tidak mengganggu privacy para konsumen.

  1. Hal yang paling penting dalam memasarkan produk melalui media sosial yaitu perhatikan privacy para konsumen. Kebanyakan pelaku bisnis toko online mengetag foto atau mengirimkan penawaran produk ke semua pelanggan tanpa seijin pemiliknya. Sehingga tidak jarang para pelanggan merasa terganggu dengan foto yang dikirimkan. Sebaiknya, bukalah lapak pada halaman akun yang Anda miliki. Untuk menarik perhatian konsumen, maka lakukan posting secara rutin agar postingan Anda selalu berada di halaman pertama dalam beranda.
  2. Hindari postingan yang isinya menjatuhkan atau menghina pihak-pihak tertentu (seperti pihak kompetitor Anda, konsumen, maupun golongan lainnya yang berhubungan dengan bisnis Anda). Berhubung akun tersebut di daftarkan atas nama perusahaan yang Anda miliki, maka sebaiknya hindari postingan-postingan yang kurang bermanfaat. Hal ini penting karena akan mempengaruhi pandangan konsumen terhadap perusahaan yang Anda jalankan.
  3. Yakinkan konsumen dengan komentar (testimony) yang disampaikan para pelanggan melalui akun perusahaan Anda. Strategi ini terbilang cukup efektif, karena calon konsumen lebih mudah percaya dengan kesaksian para pelanggan. Bahkan strategi pemasaran seperti diatas juga bisa meningkatkan brand image sebuah produk, sehingga masyarakat luas semakin percaya dengan penawaran yang Anda sampaikan di media sosial.promosi online
  4. Libatkan pelanggan ketika menjalankan bisnis online melalui media sosial. Selain memasarkan produk atau jasa melalui media sosial, Anda juga bisa melakukan riset pasar dengan melibatkan langsung para member yang Anda miliki. Selain mempermudah Anda untuk mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, strategi ini juga bisa mempererat hubungan konsumen dan pelaku usaha. Sehingga loyalitas para konsumen mulai terbangun dan pemasaran pun mulai berjalan lancar.
  5. Cantumkan alamat dan kontak person yang dapat dihubungi, serta informasikan cara pembayaran dan proses pengiriman produk. Saat ini banyak kasus penipuan yang sering terjadi melalui media sosial, karena itu untuk meyakinkan para calon pelanggan cantumkanlah kontak person yang dapat dihubungi agar konsumen tidak meragukan usaha yang Anda jalankan.

Sebelum akhirnya Anda terjun menjalankan bisnis melalui media sosial, sebaiknya perhatikan tata cara yang ada dan pergunakanlah secara hati-hati agar tidak mengganggu privacy para konsumen Anda. Selamat berkarya, teruslah berusaha dan salam sukses.

Sumber gambar :

  1. http://www.spurpress.com/wp-content/uploads/2011/06/Social-Media-Wagon.png
  2. http://www.mediaindonesia.com/move/wp-content/uploads/2011/03/social_media.jpg

 

4 thoughts on “Cara Promosi Menggunakan Media Sosial”

  1. usaha ukm itu sangat bagus,jd kita bisa mandiri punya usaha sendiri,tanpa harus bekerja di perusahan orang lain.jd kt bisa jdi enterprenuer mandiri.Dan juga ukm bisa mengeluarkan masyarakat indonesia yang hidup di bawa garis kemiskinan

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba