Inspirasi Bisnis

Manisnya Cake Pisang

cakepisang

Cake pisang dibuat dengan bahan baku tepung pisang. Tepung pisang merupakan suatu produk awetan dari pisang mentah. Tepung pisang yang berkualitas baik (diproses secara benar) berwarna kuning muda, sedangkan yang berkualitas kurang baik berwana kecoklat-coklatan. Perbedaan kualitas tersebut tidak mempengaruhi daya gunanya. Namun demikian perbedaan warna tersebut cukup mempengaruhi penampilan produk akhir yang dihasilkan.

Apabila tepung pisang belum tersedia, perlu dibuat terlebih dahulu. Penyiapan tepung pisang dengan kualitas prima memerlukan waktu paling tidak 1-2 hari. Cara pembuatan tepung pisang adalah sebagai berikut.

  1. Pisang mentah dikupas, dipotong menjadi 4-8 tergantung besarnya, kemudian dipotong melintang tipis-tipis 2-3 mm sehingga menjadi potongan kecil-kecil seperti dicacah agar dapat kering dalam sehari.
  2. Hasil irisan langsung direndam dalam larutan natrium metabisulfit 3% atau 30 g/liter air rendaman selama 15 menit, kemudian ditiriskan.
  3. Irisan pisang dijemur dengan alas lengser alumunium dan harus kering dalam waktu 6-9 jam. Jika lebih dari itu, irisan pisang akan berubah warna menjadi kecoklatan.
  4. Setelah kering langsung digiling dan diayak.
  5. Setelah siap tepung pisang disangrai agar kering benar.

Cake Pisang

Manisnya cake pisang ini terdiri dari dua kualitas, yaitu cake dengan tekstur kasar (berlubang-lubang besar) dan cake dengan tekstur lembut. Perbedaan tersebut terjadi karena perbedaan jumlah telur yang digunakan. Cake kasar menggunakan enam butir telur untuk satu resep, sedangkan cake lembut sembilan butir.

Komposisi Bahan untuk membuat cake adalah sebagai berikut

1.Tepung pisang        :   150 g
2.Tepung terigu        :   150 g
3.Mentega/ margarin
   -Untuk adonan       :   300 g
   -Untuk olesan       :    25 g
6.Gula pasir           :   300 g
7.Telur                :   6 atau 9 butir
8.Garam                :    ¾ sdt
9.Soda kue             :  2/3 sdt
10.Baking powder       :    1 sdt
11.Vanili              :  1,5 sdt
12.Rhum jamica         :    2 sdm
13.Pewarna kuning      :    1 sdt
14.Cokelat bubuk       :    1 sdm

Cara Pembuatan:

1)      Tepung pisang dicampur dengan tepung terigu dan diaduk hingga benar-benar rata.

2)      Mentega, gula, soda kue, baking powder, pewarna kuning telur, vanili, dan garam. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga menjadi adonan yang homogeny dan lumer.

3)      Telur ditambahkan satu persatu sambil terus diaduk sampai adonan mengembang.

4)      Kecepatan mixer dikurangi, tepung dimasukkan sedikit demi sedidik hingga menjadi adonan yang homogeny dan lembut (adonan kuning).

5)      Ditambah essence (rhum Jamaica) dan diaduk rata.

6)      Diambil 6-8 sendok makan adonan kuning, ditambah coklat bubuk, dan diaduk-aduk hingga tercampur rata (adonan cokelat).

7)      Sementara itu, loyang dibersihkan dan dioles mentega atau margarine tipis-tipis secara merata, kemudian ditaburi tepung sambil digoyang dan ditepuk-tepuk agar menempel secara merata.

8)      Adonan kuning dituangkan kedalam dua cetakan (dibagi rata). Adonan cokelat dituangkan dibagian tengah sepanjang cetakan, ditekan-tekan dengan sendok atau pengaduk sampai kedasar cetakan sambil digoyang kekanan dan kekiri secara tidak beraturan.

9)      Oven dipanaskan dan adonan dipanggang hingga matang.

10)  Setelah matang, cake dibiarkan beberapa saat agar dingin dan mengeras sehingga tidak hancur ketika dikeluarkan dari cetakan.

Tahap Finishing

Tahap finishing meliputi pengemasan dan pemasangan label. Kemasan berfungsi untuk melindungi produk dari pengaruh lingkungan, cemaran debu, kotoran, cairan, dan mikroba yang bersifat merusak. Disamping itu kemasan yang baik dapat menimbulkan kesan tertentu bagi konsumen, misalnya tampak lebih anggun, higienis, eksklusif, dan berkualitas.

Label memuat berbagai informasi yang perlu disampaikan kepada konsumen maupun calon konsumen, baik dalam bentuk tulisan ataupun gambar-gambar. Berbagai informasi tersebut dapat berfungsi sebagai sarana promosi bagi perusahaan yang bersangkutan. Label antara lain memuat nama produk, berat, manfaat, keunggulan yang dimiliki, komposisi bahan, tanggal diproduksi dan kadaluarsa, cara penggunaan, nama dan alamat produsen, merek dagang yang digunakan, nomor surat ijin/registrasi, nama dan alamat distributor, dll.

Sumber gambar : http://citarasa.files.wordpress.com/2009/08/cakepisang.jpg

SHARE YUK!