bisnis onlineMemutuskan untuk terjun di bisnis online ternyata membutuhkan perencanaan dan persiapan yang cukup matang. Meskipun saat ini banyak orang mengatakan bahwa memulai bisnis di internet tidaklah sesulit di bisnis offline. Namun pada kenyataannya masih banyak pelaku bisnis online yang mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Video Praktisi

Membangun Kerjasama Tim Bisnis Roti van Java

Pada dasarnya dalam membangun bisnis apapun dibutuhkan sebuah perencanaan sebelum akhirnya bisnis tersebut siap untuk dijalankan. Begitu juga dalam membangun bisnis online. Sampai saat ini sebagian besar pemula tidak merencanakan peluang bisnis online yang akan mereka jalankan. Akibatnya, banyak pemula yang belum fokus menjalankan bisnisnya dan akhirnya gagal di tengah jalan sebelum sempat menikmati kesuksesannya.

Untuk menghindari kegagalan yang tidak diinginkan, berikut ini kami informasikan 3 langkah utama yang perlu dipersiapkan dalam membangun bisnis online.

1. Membuat konten

Langkah pertama yang perlu Anda jalankan dalam membangun bisnis online adalah membuat konten menarik untuk menjaring banyak konsumen. Konten yang dimaksud bisa berupa produk digital seperti artikel, ebook, video tutorial, forum komunitas (membership), ataupun produk dan jasa lainnya. Untuk itu tingkatkan kreatifitas Anda dalam menulis artikel ataupun ebook, buatlah forum komunitas yang diminati banyak konsumen, dan tingkatkan kemampuan Anda dalam memproduksi video tutorial. Hal ini penting untuk menghasilkan konten yang benar-benar berkualitas dan memiliki daya saing yang cukup tinggi. Sehingga konten yang Anda tawarkan tidak tenggelam di tengah persaingan bisnis online yang semakin hari kian pesat.

2. Mempublikasikan di websitemembuat website

Langkah kedua yaitu mempublikasikan semua konten yang telah dibuat melalui website. Saat ini keberadaan website bisa diartikan sebagai lapak atau ruang pamer bagi bisnis Anda, sehingga semua konten yang telah dibuat dapat diinformasikan kepada khalayak ramai melalui media tersebut. Karena itu buatlah desain website Anda semenarik mungkin, agar para pengguna internet tertarik untuk mengklik dan membuka alamat website yang Anda miliki, serta bersedia menggunakan konten dan membeli produk-produk unggulan yang Anda tawarkan.

3. Meningkatkan traffic kunjungan website

Selanjutnya yang ketiga adalah mulai fokus untuk mendatangkan kunjungan ke website Anda. Langkah inilah yang sering menjadi kendala bagi para pelaku bisnis online, sebab persaingan antar pemain sudah sangat padat. Sehingga dibutuhkan strategi jitu di bidang internet marketing untuk dapat mendongkrak traffic kunjungan di website Anda. Disini Anda dapat menggunakan dukungan SEO, program affiliate marketing, atau memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog, ataupun youtube dalam mempromosikan bisnis online.

Nah, bagi para pembaca yang tertarik menekuni peluang bisnis di internet. Semoga dapat terbantu setelah membaca tips bisnis online dari kami yang membahas tentang cara membangun bisnis online dengan 3 langkah. Selamat berkarya, jangan pernah takut untuk mencoba dan salam sukses.

sumber gambar : http://lulukemaludin.com/wp-content/uploads/2010/12/bisnis-online.jpg dan http://2.bp.blogspot.com/_NLPBrPHAQm0/TFlZszSr_jI/AAAAAAAAAHg/y3abiIj7Tnc/s320/website-maintenance.jpg