Jenuh dengan rutinitasnya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, Damai Andarsih (30 th) mencoba peluang bisnis sampingan yang bisa dijalankan disela-sela kesibukannya mengurusi urusan rumah tangga. Setelah menikah dan dianugerahi satu orang anak, wanita yang akrab dipanggil Damai ini memilih untuk resign dari pekerjaannya di salah satu perusahaan farmasi yang telah ia tekuni bertahun-tahun. Dari sanalah ide memulai bisnis sampingan menjadi agen baju muslim itu muncul.

Keinginannya untuk menyalurkan hobi berdagang yang Ia miliki, menjadi motivasi besar bagi Damai untuk memulai bisnisnya. Pada tahun 2006, Damai memulai bisnis sampingannya dengan diberi nama “Damai Griya Rabbani”. Bermula dari menawarkan produk jilbab Rabbani dengan mobil keliling, sekarang Damai telah sukses dengan menyewa kios di daerah Jl. Kaliurang, Yogyakarta.

Saat ini Damai Griya Rabbani bukan hanya menjadi agen jilbab Rabbani saja, sekarang bisnis ini telah berkembang dan dipercayai untuk menjadi agen baju muslimah dari berbagai brand. Beberapa brand baju muslimah yang ditawarkan Damai adalah SIK clothing dan baju muslim merek MOTIF. Yang lebih penting lagi, sebagian besar produknya berbahan kaos. “Saya sengaja memilih bahan kaos, agar para muslimah bisa menggunakan pakaian yang syar’ie tapi juga nyaman dipakai”, ujar Damai saat bertemu tim BisnisUKM.

Empat tahun menjalankan bisnisnya, kini Damai Griya Rabbani berhasil menjadi agen utama produk Rabbani, SIK clothing, dan Motif untuk daerah Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah. Sub agen yang menjadi pelanggannya rata-rata dari sekitar kota Jogja, Boyolali, Rembang, Solo, Magelang, dan beberapa kota lainnya di Jawa Tengah. Dengan melayani penjualan secara grosir maupun retail, Damai berhasil mendapat omset hingga jutaan rupiah per bulan, dengan keuntungan berkisar 2,5 juta untuk setiap bulannya. “Alhamdulillah, bisnis sampingan saya bisa membantu kebutuhan keluarga dan pendidikan Naya putri saya,” tutur wanita yang lahir 4 Juli 1970 di Yogyakarta ini dengan penuh rasa syukur.

Untuk harga produk yang ditawarkan Damai Griya Rabbani terbilang cukup terjangkau. Untuk produk jilbab Rabbani sendiri, harga yang ditawarkan berkisar Rp 15.000 hingga Rp 55.000,00. Produk kaos SIK clothing dipatok harga rata-rata Rp 80.000 sampai Rp 98.000, sedangkan untuk kaos MOTIF dihargai dengan Rp 75.000,00 keatas. Variasi model yang lengkap dan brand yang telah dikenal masyarakat, menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Satu-satunya kendala yang menghambat bisnis Damai adalah pengadaan barang yang masih belum bisa memenuhi permintaan pasar, apalagi permintaan barang menjelang hari raya Idul Fitri yang biasanya meningkat hingga 3x lipat.

Kedepannya Damai ingin mengembangkan usahanya, dengan tempat usaha yang lebih besar. Sehingga para konsumen merasa nyaman ketika berbelanja di tokonya. “ Saya hanya ingin melihat lebih banyak lagi kaum hawa yang menggunakan busana muslim, makanya saya ingin mengembangkan bisnis ini,” papar Damai diakhir perjumpaan kami.

Sekian info liputan tim BisnisUKM, semoga informasi mencoba peluang bisnis agen baju muslim dapat menginspirasi para pembaca, khususnya para ibu di rumah. Salam sukses.

sumber : Tim BisnisUKM