Untuk mempersiapkan sebuah perhelatan terpenting dalam hidup, yaitu pernikahan memang harus maksimal. Acara sakral yang akan terjadi sekali dalam seumur hidup ini, pasti ingin di buat sebaik mungkin. Dan bagi sebagian orang, untuk mempersiapkan itu semua sendiri kadang tidak memungkinkan, dan disinilah peran seorang wedding planner sangat dibutuhkan.

Video Praktisi

Kiat Memulai Bisnis Cokelat Ndalem Jogja

Anda tidak harus memiliki kemampuan khusus untuk menjadi seorang wedding planner. Yang terpenting adalah kreatifitas, kepekaan dan kemampuan untuk mengurus segala aspek pernikahan, mudah berkomunikasi, dan memilki banyak relasi yang menyediakan kebutuhan pernikahan.

Seorang wedding planner bekerja di bawah petunjuk calon pengantin. Pada umumnya  wedding akan memberikan beberapa pilihan mengenai vendor pernikahan yang terbaik serta menemani pasangan calon pengantin untuk bertanya jawab kepada vendor tersebut. Selanjutnya wedding planner akan menindak-lanjutinya, mulai dari bernegosiasi sampai dengan mengingatkan mereka hari dimana diadakannya tehnical meeting. Kemudian memastikan segalanya berjalan sesuai dengan rencana awal.

Sering-seringlah berkomunikasi dengan pasangan calon pengantin mengenai kebutuhan serta keinginan calon pengantin. Sebab seluruh kepercayaan akan diberikan kepada Anda. Dan yakinkan bahwa Anda dapat mewujudkan kesempurnaan hari bahagia mereka.

Jika Anda merasa memiliki kemampuan sebagai seorang Wedding Planner dan ingin mengembangkannya sebagai dunia bisnis, mungkin beberapa hal berikut ini dapat menambah pengetahuan Anda, agar lebih yakin dan siap untuk terjun ke profesi ini:

1. Jadilah seseorang yang bersahabat dan mudah diajak berkomunikasi  Ini sangat penting, mengerti kebutuhan calon mempelai, serta memberitahukan ketika ada kesalahan yang terjadi. Sebuah wedding party bukanlah waktu ada kejutan-kejutan baik, kadangkala kita harus menghadapi kejutan yang tidak baik juga.

2. Anda harus dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kondisi budget maupun selera pasangan calon pengantin miliki. Duduklah bersama-sama dengan prospektif wedding planner serta membahas kebutuhan pernikahan mereka, melalui gambar-gambar dari majalah tersebut. Dengan cara itu, Anda dapat memahami style serta keinginan calon mempelai pada hari bahagia nantinya.

3. Untuk biaya, tergantung pada aspek-aspek apa saja yang harus dikerjakan wedding planner. Apakah mulai dari pemilihan vendor pernikahan atau hanya pada saat hari pernikahan saja. Tentu biaya serta pengaturannya berbeda. Bicarakanlah di awal, area-area mana saja yang akan Anda handle.

Merencanakan pernikahan bisa menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan, tetapi tidak jarang pasangan akan menghadapi waktu-waktu stres juga.

Seorang Wedding Planner harus bisa menciptakan sebuah momen yang paling berharga terutama untuk calon mempelai dan diinginkan oleh calon mempelai dan keluarga. Momen memang harus diciptakan. Namun, meski sudah dibuat, akan sia-sia jika calon mempelai tidak bisa menikmatinya di Hari H. Supaya calon mempelai bisa menikmati, mood keduanya harus baik. Dan agar mood pengantin baik, tugas wedding planner untuk membuat mood calon mempelai menjadi baik. Caranya, dengan membantu mempersiapkan pernikahan calon mempelai.

Bagi anda yang ingin mencoba peluang ini, mungkin akan sangat menguntungkan, karena Wedding Planner bisa menjadi peluang sukses bisnis rumahan. Jadi sudah siapkah Anda mengembangkan bakat sekaligus meraih keuntungan dari profesi Wedding Planner??

sumber gambar: Tim Bisnis UKM