Video Praktisi

Strategi Pemasaran Konveksi Mbojo Souvenir

Begitu banyaknya butik muslimah yang muncul 10 tahun terakhir membuat tim bisnisukm berkeinginan untuk meliput bisnis ini. Salah satu pengusaha butik muslimah yang berhasil kami temui adalah pasangan kakak beradik Yanuaria Nisshokuwati dengan Muh. Fibran. Karena ingin memanfaatkan ruangan yang kosong, Yanuaria Nisshokuwati dan adiknya Muh. Fibran membuat bagian depan rumahnya tepatnya di jl. Jogokariyan no. 64 menjadi sebuah butik perlengkapan busana muslim dan aksesoris muslim untuk akhwat.

Ide tersebut muncul tahun 2004 dan baru terlaksana pada bulan Februari 2005 bersama dengan dua rekan bisnisnya. Karena terdapat perbedaan visi dan misi, tepatnya pada akhir 2006 Dete Muslim Fashionakhirnya mereka kelola sendiri. Sebenarnya awal ide membuka usaha ini muncul dikarenakan pada  tahun 2003 Yanuaria Nisshokuwati, panggil saja mbak Yayan, ikut pesantren kilat ke pondok Darul Tauhid milik Aa Gym dan membeli jilbab dete di daerah tersebut untuk dipakainya sendiri.

Saat itu jilbab yang dipakainya cukup trendi dan banyak diliput di berbagai media. Setelah dibawa pulang ke Jogja dan dipakai di komunitas pengajiannya, ternyata banyak sekali yang menyukainya. Disitulah muncul ide dari mbak Yayan, untuk memulai peluang usaha butik muslimah.

Memang pada saat itu di Jogja jilbab dete belum banyak dikenal. Dengan berbekal kemauan dan relasi penjahit, akhirnya mbak Yayan membuat jilbab tersebut, kemudian dijual kepada teman-teman pengajian ataupun organisasi yang diikutinya terlebih dahulu, selanjutnya mbak Yayan membuka butik muslimah.

Konsumen
Produk – produk Dete ditujukan untuk para wanita muslim, dua kakak beradik tersebut sengaja memilih pasar yang lebih spesifik untuk memasarkan produknya. Karena dalam dunia fashion, daya beli kaum wanita lebih tinggi dibandingkan para pria. Selain itu Dete juga sengaja memilih pasar, dengan memproduksi baju serta jilbab dengan ukuran yang besar. Pertimbangan tersebut diambil, mengingat produk jilbab serta busana dengan ukuran yang besar masih sulit untuk dicari di pasaran.