Prospek Bisnis Online Tahun 2011

prospek bisnis online 2011Melihat perkembangan bisnis online yang semakin menunjukan peningkatan positif, membuat sebagian besar orang bertanya-tanya. Apa prospek bisnis online tahun 2011 masih cukup menjanjikan? Tidak perlu diragukan lagi, bahwa tahun inipun prospek bisnis online masih sangat menjanjikan. Mengingat jumlah pengguna internet setiap harinya semakin bertambah.

Perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia pada pertengahan tahun 2007 kurang lebih 18-20 juta user. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hingga pada tahun 2010 diperoleh data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bahwa pengguna internet sudah mencapai angka 45 juta. Pertumbuhan jumlah pengguna internet di tahun 2011 juga diprediksikan akan mengalami peningkatan yang sangat baik, bahkan para pengamat memprediksikan tahun ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 50 juta orang.

Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online. Sebab dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka peluang pasar merekapun semakin terbuka lebar. Tak heran jika belakangan ini, banyak orang mencoba peruntungan mereka dengan membuka berbagai peluang bisnis melalui dunia maya.

Sekarang ini, bukan hanya penguasa internet seperti google dan facebook saja yang bersaing melakukan inovasi-inovasi baru untuk meramaikan pasar internet. Para pemula juga mulai bermunculan dengan membawa konsep bisnis yang beragam, untuk membidik sasaran pasar tertentu. Tentu hal tersebut akan mewarnai persaingan bisnis online di tahun 2011 ini.

Beberapa hal yang mendukung perkembangan bisnis online tahun 2011, antara lain sebagai berikut :

Pertama, jumlah pengguna internet yang terus meningkat selama beberapa tahun ini. Hal tersebut menjadi ladang empuk bagi para pelaku bisnis online, sebab semakin banyak orang menggunakan internet artinya pasar dunia maya juga makin terbuka. Hal ini bisa dilihat dari terciptanya pasar potensial di facebook, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna situs jejaring tersebut.

Kedua, daya beli konsumen melalui internet juga mengalami peningkatan. Ini merupakan awal yang sangat baik, karena kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online menjadi modal utama seseorang agar sukses menjalankan bisnis online.

peluang bisnis online 2011Ketiga, perkembangan teknologi saat ini membuat internet bisa diakses dengan mudah, dan murah. Bahkan kini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat, bukan hanya bisa diakses melalui computer saja. Tapi internet sudah bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui ponsel.

Ketiga hal di atas akan sangat mendukung perkembangan bisnis online di tahun 2011. Lalu, bagaimana cara Anda memanfaatkan prospek bisnis yang semakin bagus? berikut kami informasikan tips dan trik yang dapat Anda coba :

  • Buat produk atau jasa yang banyak dibutuhkan masyarakat, di tahun 2011. Misalnya saja membuat ebook bisnis, video tutorial, atau memberikan informasi-informasi yang up to date dan banyak dicari masyarakat. Ini menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen mengunjungi bisnis online Anda.
  • Anda bisa menggunakan fasilitas media online seperti blog, website dan situs jejaring social yang banyak dikunjungi masyaraka sebagai pasar potensial. Banyak orang betah berlama-lama membuka situs jejaring social seperti facebook dan twitter, kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk guna meningkatkan penjualan melalui online. Jika perlu buatlah tampilan blog dan website Anda semenarik mungkin, agar konsumen tertarik untuk berkunjung.
  • Bukan hanya bisnis offline saja yang membutuhkan promosi, bagi bisnis online adanya promosi juga sangat penting. Anda bisa mencoba beberapa strategi promosi yang sudah pernah dibahas, pada artikel cara jitu mempromosikan blog.
  • Ciptakan peluang bisnis online yang belum ada di tahun sebelumnya. Masih banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan dari bisnis online. Yang terpenting, Anda harus jeli dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Karena kebutuhan mereka, bisa menjadi peluang bisnis baru bagi Anda.

Sekian dulu informasi bisnis online untuk kesempatan kali ini. Semoga besarnya prospek bisnis online di tahun 2011, dapat Anda manfaatkan seoptimal mungkin.  Selamat berkarya dan salam sukses.
sumber gambar : pakarbisnisonline.blogspot.com dan http://portal.pi-umkm.net/images/stories/berita-umkm/business-opportunity.jpg

13 Komentar

  1. Saya baru memulai bisnis fashion,sy seorang PNS, ingin memulai bisnis utk persiapan masa depan.Sy sangat buta tentang bisnis,dengan modal nekat ,sy mohon bimbingannya ya..

  2. izin ni…

    bingung ni mw buka usaha apa yg prospekny jangka panjang di daerah BEngkulu…

    dengan modal minim….

    saya pengenny buka rental komputer dan jual aksesoris komputer ,.,. bagimana awal pengembannngy ??? terima kasih

  3. Keindahan dalam hidup sebagai berita baik buat semua. Terimakasih semoga awal yang baik menghasilkan yang terbaik
    Muhasim

  4. Duh, tertarik dan mulai merintis peluang usaha online. Tapi koq banyak hambatan dan berjalan seperti siput. Semangat…semangat…semangat, setiap usaha pasti ada hasilnya.

Komentar ditutup.